Tiket Pesawat Murah
Piknik

Tips Mudah Dapat Tiket Pesawat Murah

Ngomongin liburan, pertama kali yang tercetus di pikiran adalah tiket pesawat dan penginapan. Tak jarang demi mendapatkan harga tiket penerbangan murah banyak orang menantikan promo sampai rela begadang dini hari. Jadi ingat pernah standby jam 12 malam mantengi aplikasi biar kebagian flash sale. Kata Kinan, Its my dream, dapat harga tiket akomodasi lebih murah itu sesuatu. Kalau bujet liburan hemat, kan, uangnya bisa dipakai buat beli oleh-oleh atau berburu kuliner.

Tips Mudah Dapat Tiket Pesawat Murah

Sebenarnya, untuk mendapatkan tiket penerbangan murah bukan jadi hal yang susah, kok. Bahkan, tak harus menunggu momen atau promo tertentu untuk bisa mendapatkan tiket akomodasi pesawat dengan harga miring. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tipsnya berikut ini!

Pilih Maskapai Tipe Low Cost Carrier (LCC)

Maskapai Low Cost Carrier atau LCC memang menawarkan tiket penerbangan dengan harga yang lebih murah. Tak hanya ke rute tertentu, tetapi ke semua rute. Namanya juga maskapai murah, pastinya ada hal-hal terkait kenyamanan yang harus direlakan. Misalnya, kursi dan area kaki yang terasa lebih sempit atau harus membayar biaya tambahan untuk bagasi.

Jika teman-teman memiliki bujet liburan terbatas, maskapai LCC sudah pasti jadi pilihan terbaik untuk menghemat anggaran. Namun, sebaiknya sebelum transaksi bandingkan dulu harga tiket maskapai LCC dengan maskapai full service. Meski harga tiketnya lebih murah, tak jarang ongkos bagasi yang kita tanggung justru lebih mahal dibandingkan langsung pesan tiket maskapai full service.

Beli Jauh-Jauh Hari atau On the Go

Sudah ada rencana liburan? Segera pesan tiket pesawatnya. Umumnya, harga tiket yang dipesan jauh sebelum hari keberangkatan cenderung lebih murah daripada harus membeli dua atau tiga hari sebelum berangkat. Meski begitu, bukan tidak mungkin tiket akan batal atau dijadwalkan ulang karena berbagai kondisi, dan pastinya ada biaya tambahan yang harus disiapkan.

Sementara itu, memesan tiket penerbangan secara mendadak atau on the go juga memungkinkan dapat harga yang lebih murah, lho! Ini karena terjadi pembatalan tiket dari penumpang lain, sehingga pihak maskapai menjual kembali tiket tersebut dengan harga yang lebih miring.

Pergi Banyak Orang, Pesan Satu-Satu

Katanya, salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya harga tiket pesawat adalah posisi kursi duduk di pesawat. Mudahnya, kursi yang lokasinya tak jauh dari mesin pesawat biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih rendah karena suara bising mesin yang terkadang membuat tidak nyaman.

Lantas, apa hubungannya dengan membeli tiket untuk banyak orang? Sederhananya, harga yang kamu bayarkan untuk kursi rombongan pada area yang nyaman di pesawat tentu akan lebih mahal dengan harga pembelian untuk kursi yang terpisah. Jadi, kalau kamu tidak mau duduk dengan orang asing di masing-masing bangku pesawat, kamu bisa membeli tiket dengan membagi tim supaya tetap bisa dapat tiket murah.

Pilih Penerbangan Transit

Beberapa maskapai untuk rute tertentu dengan jarak yang cukup jauh menawarkan dua tipe penerbangan, yaitu penerbangan langsung atau transit. Penerbangan transit yang ditawarkan juga terdiri dari satu maskapai penerbangan yang sama atau dua pilihan maskapai penerbangan yang berbeda.

Biasanya, harga tiket penerbangan perjalanan langsung untuk rute yang jauh cenderung ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi. Tak hanya itu, harga akan sama tingginya jika memilih penerbangan transit tetapi tetap dengan satu maskapai. Jadi kalau kalian memiliki rencana liburan dengan rute perjalanan yang cukup panjang, pilih penerbangan transit dengan dua maskapai berbeda bisa jadi cara terbaik untuk dapat tiket murah.

Selain itu, memakai penerbangan transit dengan maskapai atau pesawat yang sama cenderung lebih berisiko tinggi merugi, bisa saja ditinggal pesawat akibat penerbangan sebelumnya, bisa karena cuaca, teknis, maupun operasional.

Jadi Pelanggan Loyal

Bergabung menjadi anggota untuk maskapai tertentu membuat kalian semakin mudah mendapatkan informasi promo atau penawaran menarik lainnya. Jika teman-teman aktif menggunakan layanan maskapai, maka berkesempatan menjadi anggota loyal yang berhak mendapatkan banyak keuntungan.

Salah satunya adalah mengumpulkan poin atau miles sebanyak mungkin untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat atau bahkan tiket gratis untuk perjalanan kamu berikutnya. Selain itu, poinnya juga bisa ditukarkan untuk menaikkan kelas penerbangan pilihan. Misalnya, kamu memilih penerbangan kelas ekonomi dan ingin merasakan pengalaman serunya perjalanan dengan kelas bisnis. Nah, kalian bisa pakai poin untuk menukarnya.

Mengumpulkan poin tambahan juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, setiap maskapai punya aturan masing-masing terkait hal ini. Misalnya, peluang mendapatkan poin dengan tidak hanya membeli tiket pesawat, tetapi juga memborong merchandise atau berbagai layanan lain yang ditawarkan oleh maskapai.

Berlangganan Newsletter

Beberapa dari kalian mungkin tidak selalu mengikuti momen tiket murah alias promo. Nah, supaya tidak lagi ketinggalan, caranya dengan berlangganan newsletter atau email dari maskapai pilihan. Jadi, kalian tetap bisa mendapatkan informasi terkait harga terkait harga tiket penerbangan meski tidak melakukan pengecekan setiap saat.

Kalau sudah dapat tiket pesawat murah, selanjutnya kita tinggal mencari moda transportasi yang tepat untuk mengantar ke bandara. Tau nggak, sekarang teman-teman nggak perlu lagi khawatir terlambat ke bandara karena ada Railink, transportasi kereta api khusus rute bandara. Namun, jangan lupa tetap berikan jeda waktu supaya tidak terburu-buru ngejar pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published.