Menu makanan anak
Keluarga

Menu Makanan Untuk Anak Yang Tidak Suka Sayur

Orang tua mana yang tidak mengernyitkan dahi memikirkan menu makanan untuk anak yang tidak suka sayur. Tumbuhan sehat sebagai sumber nutrisi ini justru dihindari oleh anak-anak, padahal Ibu sudah mati-matian mengolah masakan dengan rasa yang luar biasa.

Nggak tau kenapa dengan anak-anak ini. Maunya lho makan menu yang minimalis, nasi sama telur dadar trus dikasih kecap. Dikasih sayuran malah mencak-mencak. Pusing jadinya, hehe..

Untuk menggugah selera nafsu makan anak terhadap sayuran, tak sedikit Ibu-ibu mengeluarkan jurus inovasi mencampurkan dedaunan ke dalam makanan utama atau camilan, seperti pudding, jus, sup, dan lain-lain. Harapannya supaya nutrisi yang didapat anak-anak ini lengkap dan mendukung tumbuh kembangnya.

Menurut saya cara ini lumayan berhasil meski cukup merepotkan, haha.. gapapa yang penting anak-anak mau makan, kan…

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yuniari Nukti (@yuniarinukti) pada

Menu Makanan Untuk Anak Yang Tidak Suka Sayur

Setelah melalui segala pemikiran yang luar biasa, pelan-pelan saya mulai bisa mengerti kemauan anak-anak. Ternyata kalau dipraktikkan, menyusun menu makanan anak  tidak sesulit yang dibayangkan. Diikuti saja kemauannya, orang tua tinggal menyesuaikan.

Tapi yang paling penting, sebagai orang tua jangan lelah memberitau manfaat sayur-mayur bagi kesehatan. Ingatkan mereka terhadap menu 4 sehat 5 sempurna yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

Bagi orangtua yang kesulitan mengenalkan sayur pada anak-anaknya, berikut saya rekomendasikan menu makanan untuk anak yang tidak suka sayur. Saya harap menu ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua yaa..

Burger dan Sandwich

Sandwich dengan sayuran

Menurut saya anak-anak tidak bisa menolak 2 makanan ini. Selain modern, penampilan burger dan sandwich sangat menarik di mata mereka, terutama kombinasi roti, daging, keju dan sayuran.

Jika anak-anak keras kepala, orang tua dapat menjelaskan secara pelan-pelan bahwa sayuran di dalam burger dan sandwich adalah bahan utama dan harus dikonsumsi bersamaan.

Triknya, gunakan kreatifitas dalam penyajian. Mungkin dibentuk seperti boneka lucu yang dikasih mata, hidung, dan bibir. Kalau kesulitan, cari aja tutorialnya di Google.

Nugget Sayur

Nugget masih menjadi lauk dominasi favorit anak-anak. Entah karena bentuknya yang lucu, nugget selalu menjadi daya tarik utama. Biasanya nugget menggunakan bahan ayam, tapi kita bisa menambahkan sayuran di dalamnya. Misalnya brokoli atau wortel.

Nugget sayur bisa disajikan bersama nasi, roti, atau kentang.

Sup Bakso

Untuk meningkatkan semangat makan anak-anak, sesekali ajak mereka makan sayuran berkuah. Salah satunya sup bakso.

Ya memang, sup yang kita kenal selalu mengandung banyak sayuran, tapi di sinilah tantangan Ibu mengenalkan sayur pada anak. Dan supaya anak-anak tertarik makan sup, kita bisa menyiasatinya dengan menambahkan bakso atau sosis yang dicampur dengan jamur, jagung manis pipil, atau wortel yang dipotong kecil-kecil dengan kuah berwarna merah.

Supaya anak senang makan sayur, sebaiknya orang tua sering-sering menyajikan sup di meja makan sambil dikasih penjelasan bahwa makan sayur banyak manfaatnya bagi tubuh

Nissin Vegetable Crackers menu makanan anak kala senggang

Menu Makanan Untuk Anak Yang Tidak Suka Sayur

Untuk menambah asupan nutrisi, sajikan biskuit sayur di meja untuk camilan keluarga. Cara ini merupakan trik praktis memberikan menu makanan untuk anak yang tidak suka sayur

Tidak sulit mendapatkan biskuit sayur, di Shopee banyak banget pilihan merk biskuit sayur yang auto bikin nafsu ngemil melonjak. Salah satunya Biskuit Sayur Nissin yang tulisannya Vegetable Crackers dengan kemasan warna hijau.

Sebagai penyuka rasa gurih, saya cocok makan biskuit sayur Nissin ini. Rasa asinnya pas, enak dimakan bersama teh hangat kala pagi atau sore hari. Apalagi pas santai sambil nonton TV, kerenyahan biskuit ini bikin mulut gak bisa diam. Harganya pun tidak terlalu mahal, sebungkusnya hanya Rp. 9 ribuan saja

Nah, tidak sulit kan menyajikan menu makanan untuk anak yang tidak suka sayur? Agar masakan semakin terasa lezat, jangan lupa tambahkan bumbu masakan yang tepat, ya. Kamu bisa beli aneka bumbu masakan berkualitas di Shopee karena hari ini sedang berlangsung Super Brand Day Unilever dalam promo Shopee 10.10 Brand Festival

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.