Cara Memasarkan Produk Secara Online bagi Penjual Pemula
Tips & Resep

Cara Memasarkan Produk Secara Online bagi Penjual Pemula

Sejak mulai coba-coba menjual kerudung Pashmina Ceruty, saya rajin memutar YouTube yang memuat konten seputar Cara memasarkan produk secara online bagi penjual pemula. Ternyata berjualan jaman sekarang tidak susah, yang dibutuhkan hanya ketelatenan bermain jari. Sama strategi dong tentunya..

Saya salut pada anak muda jaman sekarang. Dalam kondisi modal pas-pasan, mereka sudah berani membuka lapak online meski dengan menganut sistem dropship atau open PO. Menurut saya penerapan jualan seperti ini hanya permainan putar uang saja yang minim resiko. Tapi biar bagaimana, mereka sudah berani memulai usaha.

Cara Memasarkan Produk Secara Online bagi Penjual Pemula

Cara Jualan Online

Dalam menjalankan bisnis online, saya banyak belajar kepada keponakan saya sendiri, Amanda. Anak kelas 12 yang ‘jarinya nggak bisa diam’. Saya perhatikan akun sosmednya lebih banyak diisi produk jualan, walau nyatanya, tiap di depan saya dia joget-joget mengikuti goyangan tiktok.

Lalu bagaimana seorang Manda bisa menjalankan bisnisnya? Ada beberapa Cara Memasarkan Produk Secara Online bagi Penjual Pemula yang dia lakukan, diantaranya:

Promosi WA

Entah bagaimana mulanya, yang jelas Manda memiliki grup khusus reseller. Selain teman sekolahnya, ada juga teman dari teman yang tergabung dalam jaringannya. Di grup itu, aktifitasnya tidak sekedar jualan saja, tapi mereka saling membantu promosi dagangan masing-masing. Keren juga sih, satu sama lain saling diuntungkan.

Sebagai ‘follower’ setianya, saya kerap dikirimi broadcast-an produk. Justru seringnya bukan barang jualannya manda, tapi milik teman-temannya, haha..

Melalui Instagram

Sudah sejak lama Instagram dijadikan sebagai tempat etalase. Dibanding WA, ngelola akun jualan di Instagram lebih rumit, tapi hasilnya lumayan meyakinkan.

Kenapa begitu?

Karena barang yang diposting di Instagram sifatnya lebih personal. Maksudnya, pengelola akun harus mengupload sendiri foto produk jualannya termasuk memanfaatkan model supaya lebih menarik. Istilahnya biar real pict gitu lah.

Cuman ya gitu, effortnya sangat besar. Minimal harus memiliki stok untuk bahan konten, membuat disain agar tampilan IG menarik, punya keahlian membuat caption, yang paling penting lagi rajin upload produk supaya banyak follower.

Marketplace

Tidak wajib memiliki akun di marketplace, hanya saja saat ini banyak calon pembeli yang ingin bertransaksi melalui marketplace dengan alasan keamanan.

Tapi kembali kepada kita sebagai penjual bagaimana meyakinkan orang lain bahwa usaha kita benar-benar ada dan bukan tipu-tipu. Banyak juga kok yang tidak jualan di marketplace tapi lancar-lancar aja tuh.

Web Hosting Toko Online

Website Toko Online

Sejak dulu website adalah tempat jualan yang paling oke dan terpercaya terutama dalam hal meningkatkan branding. Website memungkin orang mengingat nama toko kita melalui nama domain, maka dari itu pastikan kita membuat nama toko yang mudah diingat orang. Termasuk dalam pemilihan hosting untuk toko online agar makin banyak pengunjung yang window shopping yang ditutup dengan kesuksesan transaksi.

Manfaat lain yang tak kalah penting dari sebuah website adalah produk kita mudah ditemukan orang melalui kata kunci di mesin pencarian sehingga menjangkau pasar lebih luas. Selain itu website toko online dapat menemukan pembeli lebih banyak dengan kemudahan akses transaksi sehingga memicu kenaikan omset penjualan.

Ibarat bangunan toko fisik, website dapat kita gunakan menjadi tempat segala macam. Mulai pemilahan kategori produk, sistem pembayaran, hubungan dengan customer service, hingga menghubungkan akun sosmed jualan kita.

Memilih Hosting Murah Terbaik untuk Toko Online

Memilih Hosting Terbaik untuk Toko Online

Setiap toko online disarankan menggunakan web hosting yang berfungsi untuk menyimpan database penjualan seperti gambar produk, video, data pembeli, statistik pengunjung dan lain sebagainya.

Banyak kemungkinan yang kita dapat dengan memanfaatkan hosting, setidaknya kita tak perlu menjaga server setiap jam untuk mengecek transaksi karena web hosting dapat disinkronkan dengan email sehingga tiap transaksi yang masuk ngeceknya bisa melalui email. Lalu siapa yang jaga server itu? Ya penyedia jasa layanan hosting dong, asik kaan, haha..

Nah salah satu penyedia hosting murah terbaik untuk toko online dan segala kebutuhan adalah DomaiNesia. Beragam pilihan produk web hosting dapat kita temukan di DomaiNesia dengan harga mulai Rp. 16.000,- per bulan dengan estimasi pengunjung harian mulai 800!

Bayangkan, betapa murahnya layanan hosting ini. Penjual cukup duduk manis dan menerima hasil. Itupun masih dikasih pula garansi uang kembali, bandwidth unlimited plus mendapatkan unlimited email.

Ingin yang lebih keren lagi, ada pilihan paket Super dengan biaya langganan Rp. 32.000,- per bulan dan paket Monster Rp. 64.000,- bulan dengan dengan layanan Domain Gratis! Wowww.. space yang diberikan lebih besar, layanan bandwidth, website,dan email pun serba unlimited! Info lengkap kunjungi http://www.domainesia.com/hosting

Cara Memasarkan Produk Secara Online bagi Penjual Pemula mudah bukan? Kata orang bijak, mulai usaha jangan kebanyakan mikir, lakukan sekarang juga! Yuk!

 

 

One Comment

  • ainun

    aku juga salut liat anak muda yang berani jalanin bisnis minimal sistem dropship seperti itu mba, aku sendiri kok ada rasa takut takut gimana gitu, kayaknya takut ga ada yang beli hehehe
    padahal dulu sempet ngebayangin punya bisnis online, lahh mulai yang simple aja mager, gimana mau sukses 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.