Kreasi Minuman Sehat Buatan Sendiri dari Teh
Piknik

Kreasi Minuman Sehat Buatan Sendiri dari Teh

Apapun alasannya, es teh jumbo adalah minuman favorit saya. Nggak harus dingin, teh panas yang rasanya paduan sepet manis sukaan saya banget. Apalagi disuguhkan pada pagi hari sambil ditemani pisang goreng, hmm.. lezaaatnyaaa. Saking nikmatnya, di luar sana banyak sekali kreasi minuman sehat buatan sendiri dari teh yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Teh sendiri sejak dulu dipercaya sebagai dedaunan yang memiliki manfaat kesehatan. Di beberapa negara teh sangat popular seperti di China, Jepang dan Korea. Masyarakat Inggris bahkan memiliki budaya jamuan afternoon tea, high tea, dan tea time.

Beberapa kali nonton drama Turki, budaya minum teh dijadikan sebagai momen keakraban. Saya senang melihat orang cara ngeteh-nya orang Turki. Gelasnya kecil dan unik.

Biasanya kebiasaan nge-teh dipadukan dengan makanan ringan seperti biscuit. Di Surabaya saya pernah melihat ada hotel yang menjual menu khusus high tea. Udah kayak orang Inggris aja, minum teh sambil ngemil kue. Kuenya lucu-lucuuu, potongannya mini dengan warna yang menggemaskan.

Kreasi Minuman Sehat Buatan Sendiri dari Teh

Dicampur dengan apa aja, rasa teh selalu bikin hati adem dan pikiran plong. Makanya sehari-hari wedhang satu-satunya pasti teh. Hampir tidak pernah bikin kopi.

Wedhang teh saya juga gak neko-neko. Teh bubuk aja direndam lalu disaring lalu dikasih gula sedikit. Kalau sedang bener, saya tambahkan lemon. Prok-prok-prok Jadilah lemon tea… tambah susu jadilah milk tea, haha..

Kreasi Minuman Sehat Buatan Sendiri dari Teh

 

 

Kreasi Milk Tea Bubble Buatan Sendiri

Ketika liburan ke Hua Hin beberapa waktu lalu, saya minum teh susu enak banget saat main ke Hua Hin Market Village. Segelas teh susu dikasih toping bubble. Memang jatuhnya jadi es teh susu kekinian.

Sampai di Surabaya saya cari tau dong bagaimana cara membuat bubble. Ternyata gampang banget! Ini dia resep Milk Tea Bubble buatan sendiri:

Bahannya Milk Tea Bubble

Teh bubuk secukupnya
1 gelas air panas
Gula pasir secukupnya
Susu UHT

Bahan Membuat Bubble:

10 sdm Tepung Kanji
1 bungkus Nutrijel coklat
120ml air panas
Gula merah secukupnya

Cara Membuat Bubble

1. Campur tepung kanji dan nutrijel lalu tambahkan air panas secara bertahap. Aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan.
2. Bentuk adonan bulat-bulat. Agar tidak menyatu, masukkan wadah dengan taburan tepung lalu goyang-goyang.
3. Rebus bubble ke dalam air mendidih hingga matang
4. Panaskan gula merah di atas Teflon dan air sedikit. Masukkan bubble aduk hingga tercampur. Biarkan dingin

Cara penyajian Milk Tea Bubble

1. Seduh teh lalu tambahkan gula. Aduk kemudian tambahkan susu.
2. Siapkan gelas saji, kemudian bubble secukupnya.
3. Tuang es batu kemudian masukkan milktea
4. Taraaa, Kreasi Milk Tea Bubble Buatan Sendiri siap disajikan

Nah teman-teman, karena main ke Mall belum sebebas dulu, yuk bikin-bikin di rumah dengan cara mempraktekkan Kreasi Minuman Sehat Buatan Sendiri dari Teh. Lumayan hemat lho bahannya.

One Comment

  • Nining

    wuih, sekalinya bikin resep nggae bubble rek arek’e hahaha, ciamik soro!

    Bubble iki enak ancen yq, kenyel-kenyel ngenyangin. Kadang tak gae ganjel weteng nek pas dimol gk pingin maem hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.