Aplikasi blu
Keuangan

Inspirasi bluMusical, Makin Semangat Nabung Dana Darurat

Setelah memutuskan resign dari kantor, satu hal yang ingin saya lakukan adalah menabung dana darurat. Menyadari posisi saya sudah bukan di zona aman lagi, sudah tidak ada penghasilan rutin bulanan, jadi segala kebutuhan apapun harus direncanakan betul-betul supaya nggak jadi besar pasak daripada tiang. #YangPentingLakuin aja lah..

Beberapa waktu lalu, saya nonton  bluMusical yang menayangkan beberapa anak muda sedang merasakan kegalauan luar biasa tentang pengelolaan keuangan dengan permasalahan masing-masing. Bagaimana mungkin usia 25 tahun bisa memiliki uang 100 juta sementara masih banyak kebutuhan yang mesti dikerjakan.

Ingin beli laptop, ingin kuliah lagi, ingin punya bisnis, ingin traktir Mama, belum lagi harus melunasi cicilan. Jangankan punya uang ratusan juta, mulai nabung aja bingung

Lalu datanglah Coach Yura, Ia memandu para millenials itu untuk menyampaikan mimpi dan angan-angannya. Kata Coach Yura, “Jangan habis waktumu takut ini itu, percayalah ada jalan jika kamu mau mulai melangkah.”

Dengan semangat, Coach Yura menebarkan semangat #MulaiLangkahmu dengan memperkenalkan coach yang diusia muda sudah menekuni bisnis sekaligus mencari tau inspirasi serta rahasia yang mereka lakukan hingga mendapatkan kesuksesan.

Nonton bluMusical membuat saya tergugah, ternyata selama ini bukan saya aja yang sulit mengatur keuangan dan malah sibuk memikirkan minpi. Memang, sudah lama saya menjalani hidup tanpa beban utang tapi yang lebih penting bagaimana penghasilan itu memiliki manfaat untuk sekarang dan yang akan datang. Jangan sampai terlalu senang megang uang sampai tergoda belanja ini itu.

Ada yang bilang belanja dengan promo cashback dapat menghemat anggaran, tapi bagi saya itu sebuah pemborosan. Pernah kejadian, saya tergiur tawaran promo di marketplace. Beli produk A cashbacknya 50%. Harga awal 80 ribu, karena promo, harganya jadi 40 ribuan. Murah? Banget!

Alih-alih belanja 40 ribu, saya malah mengeluarkan uang hampir dua ratus ribu. Ternyata promonya ada ketentuan minimal pembelian Rp. 100 ribu. Ya udahlah karena murah saya belanja sembarang macam supaya habisnya tembus Rp. 100 ribu, belum termasuk ongkos kirim.

Awal-awal saya merasa puas bisa belanja banyak bayarnya nggak sampai Rp. 200 ribu. Nurani kewanitaan saya pun bangga, semacam perasaan sukses jadi perempuan yang pintar belanja. Dan.., ketika barangnya tiba, saya merasa jadi manusia yang paling bodoh. Ngapain belanja barang banyak-banyak, toh saya tidak sedang membutuhkannya. Yang terjadi barang itu hanya menuh-menuhi isi lemari. Trus cashbacknya juga nggak bisa dinikmati langsung karena masuknya ke saldo koin. Supaya bisa dipakai harus belanja lagi dong! Jadi dimana hematnya? Bhuahaha..

2 hari ini semangat nabung saya kembali membuncah setelah Nonton bluMusical yang tayang perdana 17 Agustu 2021 di channel YouTube dan Instagram @blubybcadigital sekaligus berkenalan dengan Tabungan Online blu, yaitu aplikasi perbankan digital milik BCA Digital. blu adalah platform perbankan next-generation dengan beberapa fitur canggih untuk memudahkan penggunanya mewujudkan cita-cita secara mudah dan terkontrol.

Mengenal lebih dekat dengan Aplikasi blu by BCA Digital

Selama ini mungkin teman-teman telah terbiasa menabung di bank yang mana ketika membuka rekening bank mendapatkan buku tabungan lengkap dengan kartu ATMnya. Sedangkan untuk transaksi perbankan seperti setor, transfer, tarik tunai dan lain-lain dilakukan melalui ATM atau sistim online.

Nah, Tabungan Online blu memiliki keistimewaan lain. Semua aktivitas perbankan murni dilakukan secara digital. Mulai dari pembukaan rekening, proses verifikasi dan aktivasi hingga transaksi dilakukan melalui 1 aplikasi. Tentu saja dengan sistim keamanan yang ketat. Sejak saya download aplikasi blu, sekarang fitur screen lock di HP saya jadi aktif, hehe..

Fitur Tabungan Online blu

Ada 3 fitur tabungan yang dimiliki oleh Aplikasi blu:

1. bluSaving, menabung dengan manfaat suku bunga 3% p.a dan bisa buka hingga 10 tabungan
2. bluGether, buka rekening bersama layaknya petugas bendahara hingga 25 orang
3. bluDeposit, deposito berjangka Non-ARO (Automatic Roll Over) minimal Rp. 10.000.000 dengan tenor 1-12 bulan dengan keunggulan tanpa pinalti untuk pencairan sebelum jatuh tempo.

Semua fiturnya menarik, jika biasanya kita kesulitan mengatur keuangan, fitur blu akan membantu memudahkan mengatur pos-pos pengeluaran secara rapi.

Aplikasi blu by BCA Digital cocok digunakan oleh siapa saja. Ibu Rumah Tangga maupun millennials yang ingin memiliki masa depan cerah untuk membantu mewujudkan cita-cita seperti nabung buat beli rumah, buat bangun usaha, lunasi cicilan, biaya kuliah, biaya nikahan, dan lain-lain.

Pengalaman Membuka Tabungan Online blu

Ceritanya, saya ini nasabah baru-nya blu meskipun sudah lama memiliki rekening  BCA. Tertarik membuka rekening blu setelah Nonton bluMusical. Nggak tau kenapa drama musikal ini membuat saya penasaran dan ingin tau lebih banyak mengenai aplikasi blu.

Jam 8 malam saya install aplikasi blu, nggak sampai 1 jam kemudian saya sudah resmi jadi sobatblu!

Aplikasi blu by BCA Digital

Syarat pembukaan rekeningnya sendiri hanya dengan mengupload eKTP, foto diri dan NPWP jika dibutuhkan. Selanjutnya verifikasi oleh tim haloblu melalui video call.

Selama proses pendaftaran rekening, nyaris tidak ada kendala. Agak kaget waktu video call angka tunggunya sebanyak 23 antrian, padahal saat itu jam 8 malam. Sempat mau mundur, tapi ternyata nggak sampai 3 menit, sudah tiba giliran saya. Cepet banget lho prosesnya.

Jangan khawatir buka tabungan online blu malam-malam karena waktu operasionalnya panjang, mulai jam 6 pagi sampai jam 10 malam.

Ketika rekening sudah dinyatakan aktif, saya langsung melakukan top-up saldo dari BCA ke blu dengan biaya Rp. 0.

Uniknya transaksi blu semuanya gratis. Mulai biaya pembukaan rekening, biayan bulanan, biaya rekening pasif (6 bulan), hingga biaya dibawah saldo minimum dihitung Nol Rupiah!

Download Aplikasi blu

Cara menggunakan fitur bluSaving juga mudah, hanya dengan memindahkan saldo dari bluAccount ke bluSaving lalu isi nama bluSaving serta jumlah nominalnya. Bisa buka hingga 10 tabungan lho! Rencananya akan saya manfaatkan untuk nabung beli ternak kurban, nabung biaya haji, dana darurat, tabungan pensiun, dan lain-lain, #YangPentingLakuin dulu..

Nonton bluMusical #MulaiLangkahmu, Wujudkan Cita-cita Finansialmu

Nonton bluMusical

Ketika dapat notif nonton bluMusical, saya pikir acara ini semacam konser musik gitu, ternyata jauh dari perkiraan saya. bluMusical adalah sebuah lagu berjudul #MulaiLangkahmu yang dinyanyikan oleh Yura Yunita dengan aransemen keren namun disajikan dengan menarik melalui gerak dan dialog oleh tim Jakarta Movin. Setiap liriknya disampaikan dengan jelas dengan gaya curhat dan ngobrol. Asik pokoknya ditonton.

Mimpi mimpi kita.. mimpi kita yang muda
Angan angan kita.. ada di kepala
Rencana rencana kita.. jangan jadi wacana
Habis waktuku takut ini itu

Sampai hapal saya sama liriknya, haha..

Sepanjang bluMusical, penonton juga dikenalkan dengan Coach yang memiliki pengalaman sukses masing-masing di bidangnya melalui sesi bluTalkshow yang disampaikan dengan nuansa musikal. Bisa bayangkan gimana kerennya nonton bluMusical ini. Menurut saya ide sutradara Nurul Susantono dalam mengemas tayangan ini sangat cakep.

Selain Coach Yura sendiri yang berperan sebagai pemandu millennials yang suka meragukan diri meraih mimpinya, juga ada Coach Raymond Chin, CEO Start Up Ternak Uang, Coach Jehian P. Sijabat, CEO F&B MenanTea, dan Coach Eva Alicia seorang Enterpreneur Muda dan pelukis. Mereka tampil dengan energik sekaligus memberikan motivasi kepada anak muda untuk tak ragu mewujudkan mimpi.

Nonton bluMusical di YouTube

Seperti Coach Raymond Chin yang bercerita mengenai bisnis yang sedang Ia geluti.
“Punya target dan budget yang jelas itu penting, kuncinya disiplin dan fokus. Perlahan tapi yakin” begitu pesan dari Coach Raymond.

**

Benarlah yang dikata orang-orang jika inspirasi bisa didapatkan dari mana saja dan siapa saja. Seperti saya yang setelah nonton bluMusical langsung mendapat semangat besar untuk menabung dan mewujudkan keinginan yang sampai hari ini masih sekadar wacana. Di tontonan ini saya belajar bagaimana bisa menabung walau gaji pas-pasan.

Tertarik meraih mimpi finansial juga, yuk Download Aplikasi blu di:

Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu

App Store https://apps.apple.com/id/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Buat yang kemarin belum nonton tayangan langsung bluMusical, nih saya kasih videonya. Semoga mendapat inspirasi juga ya..

36 Comments

  • cicifera

    inspirasi bisa dari mana aja ya mba, termasuk dari tulisan ini. aku nasabah bca juga tapi aku baru tau ada aplikasi blu by BCA Digital ini. blumusical nya juga bagus ya mba ^^

  • Sovi Nur Wakhidah

    Jadi blu BCA ini sama aja kaya tabungan BCA gitu cuma semua serba digital, ya, Mbak? Terus setoran awalnya minimal berapa sih, Mbak?

    Wihh, ada Bang Jehian juga di acara bluMusical. Kirain aku awalnya itu acara konser. Ternyata semacam talk show gitu, ya. Kereenn, kereeen.

  • Farida Asadi

    Seru ya acara bluMusical ini. Sekarang semakin mudah ya kalau mau menabung karena sudah ada blu by BCA digital. Aku juga pernah belanja produk promo karena tertarik promo cashback.

  • Ainhy edelweiss

    Inspirasi bluMusical makin semangat nabung, pastinya seruh dan bermanfaat sekali edukasinya ya Mbak, adanya blu BCA sebuah fasilitas yg memberikan kemudahan dalam menabung secara online ya.

  • YSalma

    Tabungan digital blu BCA keren punya ya mba, bisa buka rekening untuk patungan segala. Jadi terkontrol banget kalau ada acara urunan ramai2.
    Mba Yuni terinspirasi dari menonton acara blumusical, yg membaca terinspirasi dari tulisan ini, saling menginspirasi untuk dapat menabung. Semangat.

  • Gina

    disatu sisi memang hidup dengan utang jadi beban, disatu sisi utang menurut saya bikin jadi motivasi untuk giat bekerja. Tetapi tak lupa memang untuk lebih getol menabung untuk dana-dana darurat atau tak terduga

  • nurulrahma

    Yashh, selalu hepiii dg inovasi yg diberikan bank BCA.
    Keren banget emang bank sejuta umat ini.
    Pastinya, blu cocok buat milenials, karena bisa membantu atur keuangan dg baik juga ye kan?

  • Arinta Adiningtyas

    Aku kok jadi tertarik. Dengan blusaving berarti tabungannya bisa dibagi-bagi gitu, yaa.. Biasanya kan suka kecampur antara buat mudik, buat beli sepedanya anak, dll. Endingnya, karena kecampur, jadi digunakan sesukanya.

    Hhmmm, kayaknya aku mau pakai blu by BCA juga deh.

  • Uniek Kaswarganti

    Memang harus ditetapkan sih ya mba target dan budgetnya kalau tidak mau pengeluaran mbleber kemana-mana. Makin praktis nih kalau punya blu ini, familiar banget dengan kemudahan perbankan bagi anak muda jaman now.

  • lendyagassi

    Ya ampun…masalah yang sama, kak Yun…
    Aku ya pernah belanja hal yang kusukai. Pas di mobil diitung-itung lagi, kata suami, gak jadi diskon, Mi… Itu kamunya yang tekor.

    Berasa suami ngomongnya blak-blakan gitu, aku malah ngambek.
    Drama Brama Kumbara yang takkan usai deeh..

    Tapi dengan memahami finansial literasi dan menginstal aplikasi yang tepat seperti blu by BCA Digital, semua masalah keuangan perlahan ditata kembali.
    Mungkin butuh proses dan pembiasaan juga yaa..

  • Lidya

    Memperbanyak simpanan untuk kebaikan masa depan juga ya mbak. Enaknya di bluSaving kita bisa membuat pos-pos untuk simpanan jadi ga usah buat rekening banyak ya. Buka tabungannya juga gampang ya ga perl ke bank

  • Monica Anggen

    Inspirasinya keren ini, biar makin rajin nabung, terutama mempersiapkan dana darurat. Tapi karena pake blu bisa bikin post tabungan sampai 10, bisa siapin dana juga untuk mewujudkan impian lainnya

  • Farida Asadi

    Hal yang paling menyedihkan bagiku adalah saat lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Baca postingan ini jadi terinspirasi untuk rajin menabung. Terima kasih infonya seputar aplikasi blu by BCA Digital ini ya, Mbak.

  • Monica Anggen

    Punya tabungan digital seperti blu yang bisa bikin 10 rekening dana bantu banget untuk menyisihkan uang sesuai kebutuhannya. Bahkan aku udah bikin tabungan hari tua lho… hahaha. Berharap nanti pas tua, udah gak bisa kerja, akunya gak ngerepotin anak

  • Diah Alsa

    Promo-promo itu memang racun ya Mbak, bilangnya bisa dapat murah tapi menjebak, kita kudu beli banyak dulu padahal hihih.
    saya jugaa udah buka tabungan online blu Mbak, moga dengan ini bisa konsisten nabung tuk siapin dana pendidikannya 3 bocils nih 😀

  • Rahmah

    Saya semakin senang jadi nasabah BCA
    Setelah kemarin ada aplikasi yang memudahkan selain mBCA
    Sekarang ada blu lagi
    Jadi makin penasaran mau ulik sendiri dan merasakan manfaatnya dalam saving money

  • Tuty Saca

    padahal aku pelanggan setia BCA tapi kok baru tau ada Blu ini ya? Wah aku kudet banget hahahahha. Btw, aq nyesel dulu pas masih muda ga pernah nabung buat dana darurat, semakin tua semakin paham pentingnya dana darurat

Leave a Reply

Your email address will not be published.