Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell, Dari Nggak Bisa Gambar Jadi Bisa Gambar

Terharu saya pada diri sendiri setelah mengikuti workshop menggunakan Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell beberapa hari lalu, dari nggak bisa gambar jadi bisa gambar!

Ini beneran lho ya. Bukan sulap dan bukan sihir. Saya adalah orang paling payah untuk urusan gambar menggambar. Termasuk mewarnai atau melukis. Gambar bebek yang pualing mudah saja, hasilnya kacau, haha..

Namun satu hal yang paling saya suka, yakni menikmati karya seni orang lain! Nggak usah seni lukis yang detail dengan goresan-goresan yang rumit, coretan-coretan mural receh aja yang menurut orang jelek, bisa bagus di mata saya. Seriusan!

Kayak begini aja saya suka!

Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell, Dari Nggak Bisa Gambar Jadi Bisa Gambar

Dan suatu ketika saya nekat daftar workshop menggambar menggunakan produk Soft Pastel Art Starter Kit yang diadakan oleh FaberCastell, produsen pensil dan peralatan seni tertua di dunia.

Lokasi workshopnya dilaksanakan di Art Centre, kantor baru Faber-Castell Surabaya di jalan Tenggilis Mejoyo.

Nggak terlalu berekspetasi yang gimana-gimana. Saya sadar, keahlian menggambar saya kalah sama anak PAUD. Cuman saya penasaran dengan karya Soft Pastel Art yang sekarang sedang ngetrend di kalangan seniman.

Bahkan di Singapura dan Malaysia, karya ini benar-benar lagi digandrungi. Soalnya, rata-rata karya soft pastel art ini diaplikasikan pada kertas berukuran kecil. Buat dipajang di dinding atau meja kerja cakep pakai banget.

Secara sekilas, karya Soft Pastel Art hanyalah sebuah permainan gradasi warna yang digores sedemikian rupa hingga menghasilkan sesuatu yang indah dipandang. Namun sesederhananya Soft Pastel Art, di mata saya itu sulit. Rumit. Pelik. Silakan diteruskan sendiri istilah lainnya..

Makin takut lagi ketika di kantor Faber-Castell ditunjukkan gambar-gambar Soft Pastel Art. Makin nyiut nyali saya.

“Jangan takut Mbak, setelah workshop dijamin bisa gambar!” kata Mbak Sammy.

Dalam hati saya masih protes, Ah, yang bener saja. Becanda nih mbaknya! 😀

Mengunjungi Galeri Seni Faber-Castell

Sebelum mulai mengikuti workshop Soft Pastel Art, saya dan teman-teman menikmati galeri seni dulu di lantai 5. Galeri seni di kantor Faber Castell ini sengaja disediakan untuk memajang karya para content creator.

Sambil menanti peserta lain hadir, di sini saya menikmati berbagai kreatifitas seni. Dari lukisan biasa hingga lukisan pensil. Salah satunya lukisan monochrome Bapak Alm. Habibie.

Banyaak sekali lukisan-lukisan lain yang menarik dinikmati. Bahkan kalau pengunjung ada yang mau mengadopsi juga boleh.

Tentang Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell

Sebelum memulai workshop, semua peserta dikasih peralatan seni antara lain Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell, kertas kosong, tissue, dan secangkir kopi. Haha, nggak kok, kopinya saya buat sendiri..

Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell adalah produk baru Faber-Castell untuk memudahkan orang yang nggak bisa gambar jadi bisa gambar. Sekalipun ketika nggak punya ide, semua orang tetap bisa menghasilkan karya yang ‘bisa’ dilihat, karena bagus tidaknya sebuah karya itu relatif.

Serius?

Iya! Karena di dalam produk Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell terdiri dari beberapa piranti yang dikemas dalam kotak transparan, yaitu:

• Soft Pastel Mini Cardboard set 24

• Eraser Pencil Perfection with brush Latex

• Eraser

• Kneadable Eraser

• Eraser Combi with Refill

• Stencil

• Pastel Art Paper 2 size: 15 x 15 cm and 5.7 x 15 cm @8 pcs

Dengan memiliki produk Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell kita tinggal duduk manis dan fokus gores-gores karena semua benda yang kita butuhkan sudah masuk dalam kemasan.

Workshop Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell

Workshop Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell yang kami lakukan lebih ke kegiatan penghilang stress. Dengan warna, kami diajak bersenang-senang sekaligus menuangkan emosi melalui media kertas dan pastel.

Selama menuangkan kreativitas, kami diajari agar tidak takut mengaktualisasi diri karena dalam menggambar tidak ada salah atau benar. Bahkan mungkin dengan salah, hasil gambar kita jadi memukau.

Sungguh, baru kali ini saya menggambar dengan hasil memuaskan. Asli!

Ada beberapa teknik menggambar menggunakan Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell:

Scrapping

Teknik ini menciptakan serbuk halus dari pastel menggunakan pisau atau ujung stencil. Nantinya serbuk-serbuk ini digosokkan di atas kertas.

Blending

Teknik ini mencampur warna pastel dengan jari untuk menghasilkan gradasi warna yang unik.

Berikut video Teknik Blending Soft Pastel Art Faber-Castell

Eraser

Teknik ini adalah menghapus sebagian kecil warna untuk menciptakan bermacam-macam bentuk. Bisa garis, bisa bentuk lain dengan bantuan stencil

Perfection Eraser

Teknik ini untuk mendapatka warna putih, seperti membuat garis atau efek tepian pada tengah spot warna

Stencil

Alat ini berguna untuk membuat beragam bentuk seperti bulan, bintang, kotak, bundar, segitiga, dan lain-lain

Kneadable Eraser

Penghapus ini bermanfaat untuk memberi efek hapusan putih berukuran banyak secara mudah, misalnya membuat efek awan.

Dengan beberapa teknik di atas, saya gambar apa?

Nah, jangan ditanya gambar apa, yang pasti saya menghasilkan sesuatu yang menurut saya bagus, hoho.. iyalah, gambar-gambar sendiri, ya dipuji-dipuji sendiri, haha..

Ini hasil gambar saya!

Coba perhatikan gambar bawah yang kayak atap rumah. Menurut saya itu gambar gubuk di sawah, rupanya teman-teman mempresentasikan lain. Katanya itu gambar shaun the sheep, haha..

Secara keseluruhan workshop yang saya ikuti sangat bermanfaat. Terbukti benar bahwa Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell, dari nggak bisa gambar jadi bisa gambar. Oya karya ini bagus lho buat dipajang di rumah. Tenan, aku gak mbujuk!

One thought on “Soft Pastel Art Starter Kit Faber-Castell, Dari Nggak Bisa Gambar Jadi Bisa Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *