Art Centre, kantor cabang Faber-Castell di Surabaya

Ada yang baru di Surabaya. Yakni kehadiran Art Centre, kantor cabang Faber-Castell di Surabaya. Gedung baru, yang selain sebagai pusat bisnis, juga digunakan sebagai pusat seni.

Gedung Art Centre Faber-Castell International Surabaya

Bertepatan dengan peresmian kantor cabang Faber-Castell International Indonesia di Surabaya, kemarin saya menyempatkan diri berkunjung ke bangunan yang disain luarnya bak warna-warni crayon. Lucu banget!

Meski tidak pintar-pintar banget memainkan pensil warna maupun crayon, namun saya senang menikmati seni gambar. Seperti yang tampak di ruang galerinya Faber-Castell, puluhan pigora seni menahan saya agar tidak buru-buru mengalihkan pandang dari sketsa pensil, permainan goresan warna, dan lain sebagainya.

Galeri seni Art Centre Faber-Castell

Gemes lihatnya. Sayangnya bakat saya masih dalam tingkat penikmat seni. Bisa, sih coret-coret, tapi hasilnya ya gitu, deh. Kreatifitas corat-coret saya payah pokoknya, hehe

Art Centre, kantor cabang Faber-Castell di Surabaya

Lobby Art Centre Faber-Castell

Masuk ke dalam gedung, saya disambut lobby utama bergaya industrial yang dilengkapi dengan meja customer service. Ada pula rak tempat produk-produk Faber-Castell dipajang. Sisanya ada meja kursi untuk konsumen yang dilengkapi perangkat gambar. Dijamin, tamu tidak akan jenuh di sini.

Yang membuat loby tampak makin berwarna adalah keberadaan dua unit pencil ceiling di langit-langit ruangan yang dibuat dari pensil warna Polychroms Faber-Castell.

Lebih menyenangkan lagi, di ruangan putih kombinasi warna ijo gelap ini pengunjung dapat membaca perjalanan dinasti pensil Faber-Castell selama 250 tahun! Tepatnya sejak 1761!

Dari sejarah singkat tersebut, kini saya tau asal usul merk Faber-Castell, yaitu gabungan dari nama Baroness Ottilie von Faber, generasi ke 6 Kaspar Faber, yang menikah dengan Pangeran Alexander zu Castell Rudenhausen pada tahun 1898.

Peresmian Art Centre Faber-Castell Surabaya
Bapak Kepala Dinas Pendidikan Surabaya dan bapak Yandramin Halim

Gedung Art Centre dirancang untuk menjalankan misi Group Faber-Castell yaitu menciptakan pengalaman kreatif yang menginspirasi ekspresi diri. Atas dasar itulah, bangunan seluas 2.387 meter persegi ini memiliki 2 ruang khusus, yaitu:

Ruang Workshop

Ruangan workshop berada di lantai 4 gedung milik PT Faber-Castell International Indonesia. Layaknya area pertemuan, di dalam ruangan ini selain meja kursi, juga ada seperangkat projector.

Workshop Faber-Castell Surabaya

Sudah menjadi agenda rutin Faber-Castell mengadakan pelatihan menggambar untuk guru, pelajar, dan masyarakat yang ingin mengasah bakat dalam bidang seni. Bahkan setiap tahun, Faber-Castell mengadakan workshop untuk guru sebanyak 5000 orang.

Kehadiran ruang workshop di Art Centre Faber-Castell membuka kesempatan kepada siapa saja, khususnya masyarakat Surabaya, yang ingin mengasah bakat menggambar atau mewarnai. Mulai anak-anak, remaja, ibu-ibu, komunitas, perusahaan, bahkan keluarga yang ingin menyalurkan kreatifitas.

Pada pidato peresmian, Yandramin Halim, selaku Presiden Direktur PT Faber-Castell International Indonesia menyampaikan,

kegiatan seni seperti pelatihan seni gambar dan rupa dari sleuruh pemangku kepentingan Faber-Castell di Jawa Timur, dan pameran seni Faber-Castell akan diselenggarakan di sini sesuai dengan semangat #Art4All (seni untuk semua), yang tengah digencarkan oleh Faber-Castell.

Galeri Seni

Naik ke lantai 5, pengunjung akan disuguhi galeri yang berisi karya hasil kreatifitas seniman muda berbakat Indonesia.

Lukisan Faber-Castell

Salah satunya Shierly Lin. Perempuan dari Jombang yang membuat lukisan diri menggunakan pensil warna. Gambarnya sangat detil sehingga dari jauh lebih tampak seperti sebuah foto.

Saat ini lukisan yang dipamerkan di galeri Faber-Castell merupakan artwork karya seniman Jawa Timur dan para pemenang lomba gambar kategori dewasa dan anak.

Dijelaskan Halim, adanya galeri dapat memberikan pentas bagi seniman muda atau seniman pemula untuk bisa menampilkan hasil kreativitasnya.

Sebagai pusat bisnis, keberadaan kantor Faber-Castell di kawasan Tenggilis Mejoyo ini diharapkan dapat mempercepat proses bisnis dan distribusi untuk melayani pasar Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Harapan lainnya dapat melengkapi dan memperkuat jaringan bisnis Faber-Castell di seluruh Indonesia.

Menggambar sebagai Terapi Seni

Sesuai dengan misinya, Faber-Castell mengajak masyarakat Indonesia agar menuangkan kreatifitasnya melalui kegiatan menulis, menggambar dan mewarnai.

Produk Faber-Castell

Cara ini dinilai efektif sebagai langkah menyalurkan ekspresi diri. Dalam keadaan sedih, menggambar menjadi cara paling bersahabat untuk menuangkan emosi. Modal yang dibutuhkan untuk membuat karya seni pun terhitung murah.

Dalam keadaan galau, daripada membuang waktu dengan hal yang kurang manfaat, lebih baik menciptakan kreatifitas yang produktif.Seperti halnya menulis, menggambar dan mewarnai adalah cara mudah untuk menyampaikan perasaan.

Tari Remo Jawa Timur

Buat teman-teman yang penasaran dengan produk-produk Faber-Castell, ingin mengembangkan bakat seninya, dan melihat pameran seni, datang saja ke Art Centre, kantor cabang Faber-Castell di Surabaya yang beralamat di Jalan Raya Tenggilis Blok R-24 no. 55, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

One thought on “Art Centre, kantor cabang Faber-Castell di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *