Jasa Cuci Laundry Koin Surabaya
Keluarga

Jasa Laundry Koin, Layanan Self Service Murah Meriah

Jasa Laundry Koin makin diminati. Layanan umbah-umbah self service yang menawarkan fasilitas cuci express ini lumayan cepat dan murah: 7 kg 10 ribu Rupiah, 30 menit selesai

Urusan nyuci pakaian sejak dahulu kala memang problem banget. Mulai dari ngucek sampai bilas, energi yang terbuang lumayan besar. Nggak hanya dituntut bersih, tapi juga wangi. Bahkan perempuan yang bukan tipe pemalas pun saya jamin akan jadi mager kalau sudah urusan mencuci.

Banggalah kalian memiliki mesin cuci di rumah. Mending merelakan tagihan listrik bengkak ketimbang emosi lihat pakaian kotor segunung. Yang keberatan beli mesin mahal, bisa manfaatin jasa pencucian. Dalam perjalanan waktu kehadiran laundry dinilai lebih praktis dan murah. Hemat listrik, hemat air, hemat tenaga. Yang gak hemat cuma kuota internet, sambil nunggu keasyikan streaming drama, haha..

Pengalaman Mencuci Pakaian di Laundry Koin Surabaya

Jasa Laundry Koin, Layanan Self Service Murah Meriah

Sejak mesin cuci di rumah rusak, saya memanfaatkan laundry kiloan. Nyuci sendiri gak bisa bersih dan wangi soalnya..

Laundry kiloan memiliki beberapa layanan: cuci basah, cuci kering, dan cuci setrika. Karena saya di rumah aja, biasanya paling sering pilih jasa cuci basah. Namanya juga cuci basah, tentu waktu dibawa pulang pakaian dalam kondisi mamel. Saya tinggal jemur saja.

Dari sekian layanan, cuci basah tarifnya yang paling murah. Perkilonya antara Rp. 3.000 – Rp. 4.000,-. Saya punya langganan laundry kiloan yang baik banget, khusus saya dikasih harga Rp. 2.500. Nimbangnya juga gak pelit. Misalnya 6,5 kg dihitungnya 6 kilo aja.

Ketika musim hujan saya pakai layanan cuci kering. Tarifnya tentu saja lebih mahal, per kilonya Rp. 4 ribuan. Cuman ya gitu selesainya lama, bisa 3-4 hari bahkan seminggu. Seneng deh pakai layanan ini, pas diambil kondisi baju lipatan rapi dan wangi persis kayak habis disetrika. Tapi nggak semua tempat laundry hasilnya seperti ini, saya pernah cuci kering di laundry kiloan lain lipatannya ngasal.

Sebetulnya saya nggak ada masalah dengan laundry kiloan. Bersihnya masih bisa ditolerir, meski tak jarang saya harus ngucek lagi bagian krah yang masih kelihatan dekil.

Hingga suatu ketika saya melihat keramaian di sebuah tempat laundry baru di jalan Ngagelrejo. Nggak pagi, nggak malam, saya perhatikan laundry-an itu tak pernah sepi manusia. Ruangannya tidak luas dengan mesin berjejer dan bertumpuk. Sementara pengunjungnya asik memegang gadget, dan sebagian lagi sibuk lipat-lipat.

Sebagai pengguna jasa laundry kiloan mulanya saya tak tertarik dengan laundry koin. Narasi yang terpampang nyata bertuliskan, “CUCI MURAH 7Kg = 10.000 (30 menit selesai), tak membuat saya kemecer. Yang ada malah otak mendang-mending saya mengatakan, “Masa iya udah bayar masih disuruh nyuci sendiri. Petugasnya ngapain?”. Lupa kalau jasa laundry koin self service, dan kalimat ini sempat rame lho di Facebook. Banyak yang menghujat laundry koin sambil membandingkan laundry kiloan, haha..

Ternyata untuk membuktikannya nggak bisa asal ngomong. Coba dulu, baru komentar.

Laundry Kiloan vs Laundry Koin

Kesibukan Mesin Cuci dan Mesin Pengering
Kesibukan Mesin Cuci dan Mesin Pengering

Gara-gara hujatan netizen tentang fenomena laundry koin, saya penasaran dan ingin mencoba pengalaman mencuci di laundry koin. Kebetulan aja waktu itu laundry langganan tutup, sedangkan pakaian kotor sudah numpuk.

Berbekal informasi ‘KATANYA’, saya memutuskan mencuci di laundry koin. Agak-agak grogi, sih. Sebagai ‘anak baru’ saya merasa insecure melihat para senior. Sampai bingung mana pegawai, dan mana konsumen. Tempat laundry udah berasa rumah sendiri aja..

Pengalaman 2 kali mencuci di tempat laundry koin membuat saya bisa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Ini dia plus minus Laundry Kiloan vs Laundry Koin:

Berat Pakaian

Jika mencuci di laundry kiloan pakaian ditumbang dulu, maka di laundry koin bebas timbang. Teorinya maksimal 7 kilo, tapi di sana tidak ada timbangan. Kita disuruh mengira sendiri beratnya. Di mesinnya ada tulisan batas tinggi pakaian, walaupun over load pegawainya juga diam aja kok. Mungkin sebijaknya kita aja ngatur kapasitas, makin banyak kain yang masuk putaran mesin jadi berat sehingga memengaruhi kualitas bersihnya.

Tebal Kain

Mencuci di laundry kiloan bahan tebal seperti bed cover dihitungnya 1x cucian walau bayarnya tetap berdasarkan berat timbangan, sedangkan laundry koin nggak mempermasalahkan hal itu. Semua kain boleh dijadikan satu selama kapasitas mesin masih longgar.

Lama Pengerjaan

Dibanding laundry kiloan, keistimewaan yang dimiliki laundry koin adalah kecepatan pengerjaan. Di laundry kiloan pekerjanya paling 1-2 orang dengan mesin antara 2-3 unit, jadi harus menunggu antrian. Itulah kenapa untuk cuci basah butuh waktu sehari baru selesai.

Sedangkan laundry koin cuci basah cuma 26 menit. Pengeringnya 45 menit. Total 1 jam 11 menit untuk mendapatkan pakaian kotor jadi bersih kembali dalam kondisi kering dan siap pakai.

Dikerjakan Sendiri vs dikerjakan Orang Lain

Yang ini tetap juaranya laundry kiloan. Konsumen cukup nyerahkan baju kotor lalu ditinggal, sedangkan di laundry koin selama proses pencucian dan pengeringan harus ditunggu sendiri sampai selesai. Nggak boleh ditinggal!

Modal Sabun dan Pewangi

Namanya juga self service, nyuci di laundry koin konsumen yang datang harus membawa sabun dan pewangi sendiri. Kalau nggak bawa, bisa beli di tempat laundrynya. Sementara nyuci di laundry kiloan kita tinggal terima beres.

Aturan Mencuci Pakaian Dalam

Laundry kiloan ada larangan mencuci pakaian dalam, sedangkan untuk laundry koin bebas sebebas-bebasnya. Mau nyuci baju yang udah belel sekalipun pokoknya aman deh

Harga

Laundry kiloan cuci basah estimasi harga antara Rp. 3.000 – Rp. 4.000 per kilo. Cuci kering sekitar Rp. 4.000 – Rp. 5.000 per kilo. Sedangkan laundry koin harga 1 koinnya Rp. 10.000,- bisa digunakan untuk cuci basah, dan Rp. 20.000 untuk cuci kering.

Dengan asumi mencuci 7 kilogram (sekitar 25 – 30 potong baju), tarif laundry kiloan antara Rp. 21.000 – Rp. 28.000 buat cuci basah, dan Rp. 28.000 – Rp. 35.000 buat cuci kering. Sementara tarif laundry koin Rp. 10.000 cuci basah dan Rp. 20.000 cuci kering.

Buat saya jasa cuci apapun selalu ada plus minusnya. Tinggal pilih nyamannya yang mana. Fenomena Jasa Mencuci Laundry Koin, Layanan Self Service Murah Meriah adalah sebuah peluang cerdas meraih keuntungan ditengah pola pikir masyarakat yang ingin praktis, cepat, tapi gak mau repot. Berharap semoga kedepannya ada mesin cuci yang memiliki mesin pengering sekaligus pelicin biar pemalas makin semangat nyucinya, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.