Sistim pembayaran laundry koin
Keluarga

Pengalaman Mencuci Pakaian di Laundry Koin, 26 Menit 10 Ribu!

Pengalaman mencuci pakaian di laundry koin ternyata cukup mengesankan. Awal-awal grogi soalnya belum pernah sekalipun nyuci menggunakan mesin bukaan depan. Apalagi layanan ini self service yang semuanya harus dikerjakan sendiri, mulai dari pembelian koin hingga masukin sabun dan pewangi termasuk nekan tombol-tombolnya.

Adalah Laundry Omura, jasa mencuci pakaian di Surabaya yang berlokasi di jalan Ngagelrejo. Tempatnya tidak luas, namun lumayan strategis. Demi mendapatkan pengalaman baru, saya pun mencoba memanfaatkan fasilitas ini.

Jasa Cuci Laundry Koin Surabaya

Dengar cerita teman blogger, Dek Crayon Tata, saya disarankan membawa sabun dan pewangi sendiri dari rumah soalnya kalau beli di laundry-an harganya lebih mahal. Sebagai perempuan pemalas yang biasanya mencuci di laundry kiloan saya nggak ngerti berapa banyak sabun dan pewangi yang digunakan. Jadi saya beli aja sabun cair dan pewangi sachet yang diyakini lebih mudah ngaturnya.

Pengalaman Mencuci Pakaian di Laundry Koin, 26 Menit 10 Ribu!

Hasil Cuci di Laundry Koin
Pakaian segini 10 ribu

Malam minggu Omura Laundry tampak ramai sehingga semua mesin penuh. Karena belum ngerti harus bagaimana, saya temui pegawainya dan berkata jujur kalau belum pernah mencuci pakaian di laundry koin. Harapannya supaya selama mencuci dibantu tutorialnya.

Oleh petugasnya dijelaskan bahwa maksimal berat kain 7 kilo dan selama proses cuci harus ditunggu, tidak boleh ditinggal. Oke, saya setuju. Sambil menunggu mesin kosong, saya diminta duduk menunggu, nanti jika ada kosong saya dipanggil. Saya ulangi, kalau mesinnya kosong akan dipanggil.

Sempat bingung melihat aktivitas orang mencuci pakaian di laundry koin. Banyak keranjang baju, orang bebas ambil, dan mengembalikannya kembali di tumpukan. Sebagian orang ada yang mengeluarkan baju dari mesin pengering, ada juga yang memasukkan ke mesin pencuci. Di bagian lain ada yang sibuk lipat-lipat. Ruangan minimalis tampak super sibuk.

Sekitar 20 menitan menunggu, tiba-tiba ada pengunjung baru datang membawa cucian dan naruh kantongnya di depan mesin yang prosesnya kurang 4 menit lagi. Saya bingung kok dia ujug-ujug ngejip mesin, lalu giliran saya kapan? Dari tadi disuruh nunggu panggilan dan belum dipanggil-panggil. Lalu ada seorang Ibu ngasih tau saya kalau ada 1 mesin kosong di ujung sejak tadi. Lokasinya menjorok dan saya tidak tau apapun.. Di sana ada 2 mesin dengan bentuk dan warna berbeda dengan yang di luar. Saya pikir itu mesin khusus. Sebagai orang baru jelas saya gak berani sampai masuk ke dalam.

Ibu itu bilang, “kalau ada mesin kosong langsung pakai aja, mbak. Di sini begitu”

Lho ya, kan saya nggak tau🙄

Tarif Laundr Koin Surabaya

Untuk membenarkan ucapan Ibu-Ibu tadi saya dekati mesin sambil nanya ke petugasnya yang duduk tak jauh dari sana, yang sedari tadi matanya sibuk sama layar HP. Ekspresi Masnya sedikit nyepelehin (mungkin keasyikan sama HPnya) yang kemudian nyuruh saya menggunakan mesin itu. Sontak saya omeli, “Ada mesin kosong dari tadi kenapa diem aja, Saya kan nunggu panggilan dari tadi!” Masnya salah tingkah tapi mukanya songong.

Untung ada Ibu-Ibu lain yang membantu saya menjelaskan tutorial mesin dan berapa sachet sabun dan pewangi yang mesti digunakan. Ketika saya sedang menuang sabun, Masnya datang ngasih tau sabunnya segini segini. Saya jawab aja, “Udah tau, Udah diajari sama Ibu itu!” Ekspresi Masnya tetap nggak merasa bersalah. Kadung kecewa, saya pasang aja muka protes, haha..

Salut sama pengunjung laundry di sini yang rata-rata akrab satu sama lain.

Mesin Laundry Koin
Mesin laundry yang beda dengan mesin lainnya. Yang kanan itu cucian saya

Pengalaman mencuci selanjutnya udah nggak sama pegawai yang songong itu. Meskipun sambil HPan, pegawai yang ini terlihat bekerja. Masih muda, pelayanannya lebih baik dari sebelumnya. Nggak seperti Mas yang songong itu.

Tutorial Menggunakan Mesin Cuci Laundry Koin

Pengalaman Mencuci Pakaian di Laundry Koin Surabaya

Mencuci pakaian di laundry koin sudah jadi habit di kalangan Ibu Rumah Tangga. Bermodalkan sejumlah rupiah dan sepaket sabun serta pewangi, baju kotor pun seketika disulap jadi bersih, wangi, dan kering dalam sekali duduk tanpa harus menanggalkan handphone.

Heran-heran senang, sih, ada layanan mencuci pakaian se-ekspress ini. Ide bisnis yang memanfaatkan celah gaya hidup praktis dengan embel-embel narasi murah, cepat dan ekonomis.

Sistim pembayaran laundry koin
Penampakan mesin pembayaran yang berwarna merah

Sebelum mencuci pakaian di laundry koin, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan pakaian kotor. Beratnya dikira-kira sendiri aja sekitar 7 kilo soalnya tidak ada alat penimbang. Cara saya dengan menghitung jumlah potong pakaiannya. Baju, hem, mukena, sajadah sekitar 25 potong. Kalau kainnya ringan seperti kerudung bisa 30 potong. Pokoknya selama banyaknya pakaian tidak melebihi garis merah batas kapasitas mesin meskipun lebih dari 30 potong terhitung aman. Cuman ya gitu, kalau over load, putaran mesin jadi gak maksimal.

Untuk sabunnya, dalam sekali nyuci normalnya 2-3 sachet yang seribuan. Untuk pewanginya juga sama. Yang pakai botolan takarannya menggunakan 2-3 tutup botol.

Oya, sebelum mulai mencuci, saya beli koin dulu seharga Rp. 10.000,- per bijinya. Namanya juga laundry self service, beli koinnya pun via mesin dengan cara masukin duit kemudian koin akan jatuh sendiri.

Pengalaman Mencuci Laundry Koin Suabaya

Di Omura Laundry lama pencucian sudah disetting 26 menit. Masukkan dulu koinnya lalu tekan tombol start, selanjutnya angka waktu akan mulai menghitung. Selesai mencuci, disediakan keranjang besar buat wadah pakaian setengah basah/mamel.

Jika ingin mencuci basah aja, ya udah bayarnya hanya 10 ribu itu tadi. Murah, 26 menit hanya 10 ribu!

Tetapi kalau ingin pakaiannya jadi kering, gunakan mesin pengering dengan beli koin lagi 10 ribu. Lama waktu pengeringan 45 menit sehingga total mencuci sekaligus pengering butuh waktu 1 jam 11 menit.

Selain mesin cuci, di tempat laundry juga tersedia meja buat melimpat baju kering. Sayang hanya 1 jadi harus gantian sama yang lain. Saya sih gak pernah melipat di sana. Selesai cuci kering, langsung masukin tas bawa pulang. Lipatnya di rumah.

Baiknya laundry Omura, mereka memperhatikan detail hal kecil-kecil seperti gunting untuk memotong sabun dan kursi pendek untuk memudahkan aktivitas pencucian.

Tutorial Mencuci Laundry Koin

Pengalaman mencuci pakaian di laundry koin hasil cuciannya wangi. Untuk tingkat bersihnya, ya gitu deh, udah tau gimana kan hasil cucian mesin. Yang dekil banget mendingan dibersihkan dulu di rumah pakai tangan baru dicuci mesin.

Untuk pengeringan menurut saya biasa aja. Ada yang kering buanget sampai kainnya panas ketika dipegang, ada juga yang sudah kering tapi ada bagian yang masih terasa basah. Tergantung jenis kainnya juga, celana jins atau kaos yang tebal biasanya ada yang masih mamel. Maklum ya namanya juga pengeringan instan. Kalau nggak sedang buru-buru saya sengaja tidak menggunakan pengering, takut pakaian cepat rusak. Cuci basah aja trus dijemur di rumah.

Kesan semuanya buat saya lumayan puas. Bersih, kering, wangi.

Kesibukan Laundry Self Service

Laundry Omura buka mulai jam 06.00, tutup jam 22.00. Saran saya gunakan tas yang besar untuk tempat pakaian. 25 potong ketika dalam kondisi acak-acakan volumenya besar banget lho, padahal setelah dilipat jadinya cuma setupuk aja, haha.. Semoga pengalaman mencuci pakaian di laundry koin ini membantu teman-teman yang membutuhkan informasinya. Selamat mencuci..

14 Comments

  • YSalma

    Belum pernah nyoba nyuci dengan menggunakan mesin cuci di laundry koin gini juga mba.
    Berarti kalau menggunakan pengering, biar rata gitu, kain yang dicuci diusahakan ketebalannya hampir sama ya dalam satu kali pencucuian.

  • Sri Al Hidayati

    Belum pernah pake jasa laundry, terkadang tergoda pengen nyobain hemat waktu, biaya dan pikiran hehe.. diantara hecticnya kerjaan yang lain. Mungkin nanti pas abis lahiran perlu dicoba. Asik ya teh 26rb udah bisa laundry

  • Sri Al Hidayati

    Belum pernah pake jasa laundry, terkadang tergoda pengen nyobain hemat waktu, biaya dan pikiran hehe.. diantara hecticnya kerjaan yang lain. Mungkin nanti pas abis lahiran perlu dicoba. Asik ya teh 26 menit cuma 10 ribu aja

  • Yuni Handono

    Kalau ada laundry pakai koin begini pasti banyak peminatnya ya mbak. Selain murah, prosesnya tidak ribet. Baru tahu deh di Surabaya ada laundry semacam ini. Semoga suatu saat buka cabang diluar Surabaya supaya saya juga bisa merasakan kemudahan dari laundry koin ini.

  • Cindy Vania

    laundry kayak gini tuh enak buat kalau lg traveling. kalau di luar negeri tuh tiap rumah juga punya dryer yaa jd jemur ga semua baju. menarik benernya loh laundry kayak gini karena kalau beli mesinnya sendiri mahal banget dan listriknya aduhay

  • Heni Puspita

    Saya juga beberapa kali ke tempat sejenis. Kalau untuk mencucinya saja memang sekitar 30 menit. Cuma menunggu pengeringnya itu yang lama he he. Trus selesai mencuci kalau sampai kering, biasanya langsung dilipat di tempat. Jadi kalau totalnya ya bisa 2 jamlah kalau nggak harus antri mesin.

  • Uniek Kaswarganti

    Jadi tertarik nyobain laundry self service gini mba. Di dekat rumah ada nih, yaa 10 menit lah naik sepeda motor. Selama ini masih nyuci pake mesin bukaan atas 2 plong, masih rada ribet klo dipikir2 yaa… Enak yg bukaan depan gini.

  • Desi

    seru banget Mba bisa laundry gini kyk di luar negri ya. sy jadi penasaran pengen nyobain juga nih mba,klo cucian udah selesai dalam waktu 26 menit saja, tentu ringan banget, dan gak ngabisin waktu yg lama untu pekerjaan RT ini

  • Santi Dewi

    Termasuk murah ya… saya belum pernah nyoba laundry koin begini. Pernah liat di tempat saya laundry koin seperti ini, tapi lumayan jauh dari rumah. Jadi mau nyoba, males hehe

  • demia

    waa aku belum pernah nih cobain laundry koin kaya gini, ini yang dilakuin sendiri kan yaa kaya di luar negri hihihi, di bandung maish belum nemu yang deket deket rumah nih laundry kaya gini, semoga segera ada, pengen cobain juga ehhehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.