Menjaga Kesehatan Tulang
Kecantikan,  Keluarga

Menjaga Kesehatan Tulang agar aktif sampai Tua

Beberapa tahun terakhir Bapak dan Ibu saya mengalami sakit tulang terutama lutut. Awalnya saya menduga karena efek kolesterol tinggi sebab Ibu saya pernah sakit stroke dan 2 kali opname.

Karena nggak mau kecolongan gejala stroke lagi, buru-buru saya membawa Ibu ke Puskesmas untuk mencari tau masalahnya dan supaya diberikan surat rujukan ke Rumah Sakit. Melihat riwayat sakitnya, dokter perempuan muda itu tak langsung memvonis sakitnya tapi meminta saya untuk foto rontgen di laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) di jalan Karangmenjangan.

“Mbak, ini lho, lihat ya.. (dokter mengetukkan sebuah alat). Sepertinya bukan stroke, jadi mesti dilab untuk melihat akar masalahnya”

Usai mendapat rekomendasi ke Labkesda, hari itu juga saya meluncur mengantarkan Ibuk. Benar saja, hasil lab menyatakan Ibu saya mengalami OA alias Osteoarthritis yaitu sendi mengalami pengapuran.

Menjaga Kesehatan Tulang agar Aktif sampai Tua

Berbekal hasil laboratorium, dokter Puskesmas langsung menerbitkan rujukan untuk ditangani lanjut oleh Rumah Sakit. Berbeda dengan penyakit dalam, pengobatan osteoarthritis dengan fisioterapi seminggu 2-3 kali. Meski sudah terapi pun kadang kala rasa sakit kerap menyerang. Dokter pun memberikan obat anti nyeri.

Namun 2 tahun ini kami memutuskan tidak melakukan fosioterapi. Yang bisa saya lakukan hanya memberinya balsam atau krim untuk mengurangi rasa nyeri. Lah gimana, keadaan Rumah Sakit rame begitu..

Sebenarnya Bapak dan Ibu saya sejak muda aktif bergerak, bahkan Ibu saya berjualan sayur sebelum akhirnya berhenti total karena bermasalah dengan tulang.

Meski tidak sakit, melihat bapak dan Ibu saya kesakitan saat jalan dan duduk saya merasa ikutan sakit. Bingung harus berobat bagaimana lagi. Sudah fisioterapi, minum obat anti nyeri, pakai dekker, masih juga sambat sakit.

Jadi pelajaran juga buat saya agar selalu menjaga kesehatan tulang agar aktif sampai tua. Seperti saran dokter menjaga tulang sehat harus rajin olahraga dan banyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang saya sampaikan di atas, cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan olahraga dan konsumsi kalsium. Saya dapat masukan bahwa olahraga tidak perlu ngoyo. Aktifitas olahraga juga tidak perlu lama, tetapi sebaiknya dilakukan secara konsisten. Lebih baik kalau bisa setiap hari atau seminggu 2 kali.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan dan lari.

Sedangkan untuk mendapatkan kalsium, beberapa bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi antara lain brokoli, okra, jeruk, tahu, kacang-kacangan dan ikan sarden.

Banyak lho manfaat kalsium bagi tubuh diantaranya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, mendukung pergerakan otot, menyalurkan pesan antara otak menuju seluruh bagian tubuh, memperlancar pembuluh darah, dan lain-lain.

CDRSelain konsumsi bahan makanan, sebaiknya diimbangi juga dengan suplemen tulang CDR supaya kebutuhan kalsium di tubuh tercukupi. Jika kekurangan kalsium efeknya dapat mengakibatkan penurunan kepadatan tulang yang mana kondisi ini jarang kita sadari terutama mereka yang usianya menginjak 30 tahun ke atas. Di sinilah pentingnya konsumsi suplemen kalsium.

Mengenal Suplemen Tulang CDR

Mungkin teman-teman sudah nggak asing dengan CDR. Di pasaran suplemen tulang ini terdapat 3 varian, yakni:

CDR Orange, Suplementasi tulang sehat rasa jeruk

Mengandung kalsium, vitamin C, D & B6 untuk membantu penuhi kebutuhan kalsium orang dewasa, ibu hamil dan menyusui

CDR Fruit Punch, Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi kalsium mengandung Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos, Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

CDR FortosSuplementasi kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Bagi orang tua seperti bapak Ibu saya kesehatan tulangnya sudah menurun, rekomendasi yang diberikan adalah konsumsi CDR Fortos karena dapat dikonsumsi wanita dan pria di atas usia 40 tahun serta wanita hamil dan menyusui. Setiap tablet CDR Fortos mengandung Kalsium 600 mg dan Vitamin D 400 IU.

CDR ini tablet effervescent yang bisa diminum satu kali sehari. Bisa sesudah makan atau saat makan dengan rasa jeruk segar

Banyak saran yang diberikan bidang kesehatan bahwa menjaga kesehatan tulang agar aktif sampai tua sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Jangan sampai terlambat seperti yang dialami bapak Ibu saya karena penyembuhannya butuh waktu yang tidak sebentar. Yuk jaga tulang!

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *