Kuliner,  Tips & Resep

Resep Kue Kacang Enak Renyah Anti Gagal Bagi Pemula

Tiap lebaran, saya selalu menyuguhkan kue kering buatan sendiri untuk keluarga. Meskipun capek, tapi menyenangkan bisa nyetak-nyetak adonan dengan hasil memuaskan. Mumpung masih #DiRumahAja, saya bagikan untuk teman-teman Resep Kue Kacang Enak Dan Renyah Anti Gagal Bagi Pemula.

Resep kue kacang enak renyah

Kue kacang adalah favorit saya. Sensasi ngacangnya teringat jajanan jaman anak-anak dulu waktu masih harga Rp. 25,-! Haha.. Rasa manis gurih nan renyah membuat saya sulit berhenti ngemil.

Alhamdulillahnya setelah besar dan punya uang sendiri, saya mendapatkan resep kue kacang yang ternyata bahannya sangat mudah didapat! Huh, kenapa nggak dari dulu sih. Saking cintanya sama kue kacang saya pernah sempat berjanji pada diri sendiri. Kalau bisa bikinnya, saya akan membuat banyak dan akan saya makan sendiri! Orang lain gak usah dibagi! Hihi..

Resep Kue Kacang Enak Dan Renyah Anti Gagal Bagi Pemula

Dalam pembuatan kue kacang yang enak dan renyah anti gagal bagi pemula ini kesulitan yang saya hadapi adalah saat proses percetakan. Potong-potongan kacang yang berkerikil kerap merusak bentuk cetakan. Makanya setiap numbuk kacang, saya pastikan tidak ada kacang yang masih utuh. Tapi nggak perlu sampai lembut banget, yang penting bisa diadoni.

Resep Kue Kacang Enak Renyah

Kacang memiliki tekstur lembut. Saya harap teman-teman sabar dan tabah saat nyetaki adonan, yah!

Baiklah, berikut adalah Resep Kue Kacang Enak Dan Renyah Anti Gagal Bagi Pemula! Resep ini hasil modifikasi resep-resep di internet yang paling sederhana dan mudah dibuat. Tentunya, sebelum saya bagikan di sini, saya coba dulu di rumah.

Bahan-bahan Kue Kacang

500 gram Kacang Tanah Kering. Sangrai dulu dan bersihkan kulit arinya.
1 kilogram Terigu Segitiga Biru. Terigu ini jenis protein tinggi. Ada yang berbentuk kemasan, ada yang dijual curah.
350 gram Gula Bubuk (Gula Halus)
2 sendok teh garam
2 Gelas Minyak. Setara 400ml- 450ml.

Bahan Olesan:
Kuning Telur
Pewarna makanan kuning telur
Sedikit minyak

Cara Membuatnya:

  • Kacang tanah yang sudah disangrai ditumbuk sampai halus. Saya menggunakan tumbukan manual. Lumayan pegel tangan, namanya juga usaha, kan, hehe.
  • Campur Terigu, Gula Halus, dan Garam lalu ayak supaya tidak ada butir-butir tepung yang sulit diuleni.
  • Siapkan wadah, masukkan kacang yang sudah halus dan campuran tepung yang telah diayak.
  • Masukkan minyak sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan tak ada sisa tepung yang menempel di wadah. Nuangnya pakai perasaan ya, takut minyaknya kebanyakan. Jika dirasa adonannya sudah bisa dicetak, hentikan proses ulenan.
  • Cetak adonan sesuai bentuk yang diinginkan. Biar seperti kue kacang jadul, saya menggunakan cetakan bentuk love. Kalau mau mudah pakai bentuk bundar juga boleh.
  • Sebelum dioven, olesi dulu permukaan kue dengan bahan olesan hingga merata. Jangan lupa permukaan loyangnya juga diolesi pakai margarin biar gak lengket.
  • Panaskan oven dengan tingkat api sedang. Saya memakai oven tangkring, jadi ngatur apinya benar-benar harus dengan perasaan. Terlalu kepanasan bagian bawah kue jadi cepat gosong.

Taraaa, kue sudah jadi. Nggak ada drama kegagalan berumah tangga.

Supaya tampilannya cakep, teman-teman bisa menambahkan toping di atasnya. Bisa potongan kacang atau wijen. Untuk 1 adonan ini hasilnya lumayan banyak. Kalau tidak salah hitung ada 8 loyangan, deh.

Untuk rasanya lumayan ajib. Renyah dan empuk. Persis kue kering jadul yang pernah saya makan. Biarpun adonannya lembek, setelah dipanggang jadinya kering. Kalau jatuh, nggak mudah ambyar juga.

Biaya membuat Kue Kacang

Ketika memamerkan kue kacang di media sosial, banyak teman yang ingin pesan. Tapi saya selalu menekankan untuk membuat sendiri saja. Bahannya mudah, cara membuatnya juga tak sulit kok.

Resep Kue Kacang Enak Renyah

Saya sendiri belum buat catatan belanjanya berapa, sekalian saja saya tulis di sini. Biar sekalian ngedraftnya, hehe

500 gram kacang tanah kering Rp. 15.000,-
1 kilogram segitiga biru curah Rp. 7.700,-
350 gram Gula halus (1 kemasan 500 gram Rp. 10.000,-) Rp. 7.000,-
500 ml (anggap saja segitu biar gampang ngitungnya) Minyak Goreng Rp. 6.000,-
2 sendok teh garam gratis, minta tetangga
2 butir Kuning Telur Rp. 3.500,-
Pewarna Makanan Rp. 2.000,-

Mari kita hitung, total belanjanya adalah Rp. 41.200,-!

Bukannya saya melarang membeli kue kering, namun dengan kondisi lebih banyak di rumah seperti ini, teman-teman dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Hemat biaya, keluarga bahagia, hehe

Silakan dicoba deh Resep Kue Kacang Enak Dan Renyah Anti Gagal Bagi Pemula, dijamin hasilnya memuaskan. Lebaran kan masih seminggu lagi, masih ada waktu inii. Yuk buruan beli kacang sama tepung! Cuss eksekusi!

2 Comments

  • Sintia Astarina

    Biasanya kalau kue kacang sukanya beli atau dikasih tetangga, tapi mumpung lagi di rumah, boleh banget nih coba buat sendiri. Siapa tau rasanya nggak kalah enak, kan? Hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.