Review Smartfren Andromax R2, Smartphone VoLTE pertama di Indonesia

Review Smartfren Andromax R2, Smartphone VoLTE pertama di Indonesia

“Cieeeh, HP baru niyee..” Kelakar teman-teman meledek, ketika saya mengeluarkan Smartfren Andromax R2 dari saku.

Wajar kalau mereka tau saya pakai HP baru, lha wong label di layar ndak saya copot haha.. sudah kebiasaan kalau punya barang baru sengaja gak ngelepas label. Biar apa? Biar baru terus laah.. 😀

Setelahnya, seperti biasa, HP baru itu ngider kemana-mana. Pindah tangan sana sini. Dicobain kameranya, di elus bodinya, di kepoin spesifikasinya, sampai ngetes suara speakernya.. saya biarkan aja HP itu keliling, yang penting gak dibanting aja. Perjanjiannya, “pecah, ganti rugi 10x lipat!” hakhakhak.. Modyar koen, Reekk! 😀

2016-03-17_05-24-22

Dari sekian HP baru yang pernah saya pakai, baru Smartfren Andromax R2 ini yang laris dipinjam sana-sini. Alhamdulillah ya laris manis.. *ucap syukur ala Syarini* 😀

Pssst.. sebenarnya mereka sedang kepo berat sama fitur VoLTE! 😉

Bagi saya Smartfren Andromax R2 ini memiliki beberapa fitur spesial. Andromax R2 disebut-sebut sebagai smartphone pertama di Indonesia yang sudah memiliki fitur VoLTE. Super sekali..

Yang penasaran tentang Smartfren VoLTE, baca aja Luncurkan VoLTE, Smarftren jadi operator pertama di Indonesia

Review Smartfren Andromax R2

Bodi Ramah Wanita

Sudah hampir seminggu ini saya nenteng-nenteng Andromax R2. Suka banget sih sama bentuknya. Kotak, tipis, dan pas di genggaman saya. Modelnya ramah wanita, Jeng.. balutan bodinya frame metal.

Awalnya saya pikir Andromax R2 sama seperti Andromax yang pernah saya pakai sebelumnya, yaitu Smartfren Andromax i 4.0 (tahun 2011) dan Smartfren Andromax Qi (tahun 2015) dimana ukurannya tidak terlalu lebar. Ternyata layar Andromax R2 lumayan lebar, 5 inchi!

Layar 5 inchi cukup pas berada digenggaman saya yang jarinya seukuran ibu jari, alias gundek-gundek tur lemu (pendek dan gemuk) 😀

2016-03-17_05-36-33

Saya suka tampilan luarnya, terlihat elegan. Dalam keadaan layar mati, mirip kayak mirror kosmetik. Muluuussss.. gak ada tombol sama sekali. Menunya tersimpan di dalam layar, mau main tinggal sentuh.

Ketika melihat isi dus kemasan pertama kalinya, saya kaget karena batterynya tidak ada dalam kemasan. Gak mungkin lah ketinggalan di pabrik hehe..
Rupanya battery Andromax R2 sudah terpasang di handset. Kelengkapan sisanya tinggal handsfree, charger, dan kawat kecil. Kawat kecil itu fungsinya untuk membuka tutup lubang SIM dan lubang Memory Card.

Mudah bangeet ini, kuku saya gak jadi rusak kebiasaan buka paksa cover belakang. Maklum barang baru suka seret hihi.. kalau main buka paksa takut smartphone nya leceet walaupun sudah dilindungi DragonTrail Glass

Bokehnya cantik

Saat layar smartphone menyala, hal yang selalu dan gak bisa nggak saya tahan adalah, mencoba ketajaman kamera. Kamera smartphone penting buat saya, dan selama ini tiap beli HP, pertama kali yang saya cek adalah kualitas kamera. Kamera Andromax R2 ada 2, kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP, keduanya sudah dilengkapi flash. Jadi gak akan takut gelap hasilnya seandainya mau selfie di ruangan minim cahaya.

Saat saya coba jepret, ampuuun.. bokehnya cantik!
Hasilnya tak kalah dengan kamera pocket saya.

Hasil jepretan Andromax R2 di dalam ruangan dengan cahaya memadai. Tanpa edit sama sekali

2016-03-17_05-43-02

Jepretan Andromax R2 di luar ruangan. Tanpa edit.

2016-03-17_05-43-33

2016-03-17_05-44-01

2016-03-17_05-44-46

Fitur-fitur di kamera tergolong lengkap. Boleh dibilang sangat luengkap, hampir selengkap kamera pocket. Mungkin juga kamera DSLR. Ada Ukuran gambar, Kualitas gambar, Deteksi wajah, Pilihan ISO, Keseimbangan putih, Saturasi, Ketajaman, Kontras. Bagi yang suka bermain-main dengan mode manual, Andromax R2 layak jadi pilihan. Sangat cocok bagi yang suka bermain foto kreatif.

Pilihan Mode kamera Andromax R
Screenshot_2016-03-12-23-51-05

Dalamannya Singset Padat Berisi

Namanya juga HP baru, saya dong ngeupreek-nguprek sampai lelah. Semua aplikasinya saya buka semuanya, saya jalankan secara bersamaan. Lihat Youtube, Download aplikasi, Sambil terima telepon. Lumayan mantab, siih.. ibarat wanita cantik, postur tubuhnya singset padat berisi hihi..

Hasil kamera dalam ruangan cahaya terbatas
2016-03-17_06-26-51

Dapur pacu yang tertanam dalam Andromax R2 menggunakan Processor chipset Qualcomm Snapdragon 415 Octa Core berkecepatan 1.4Ghz Cortex A53 dan grafis Adreno 405 GPU. Siapa yang nggak tau keunggulan Snapdragon, hampir semua HP android telah memakai chispet ini.

Kolaborasi teknologi smartphone Andromax R2 makin dimantapkan dengan kapasitas RAM 2GB plus ROM 16GB. Makin PD pakainya, gak takut kena warning memory penuh. Mau ngapain aja, mau simpen-simpen apapun, terasa banget longgarnya. Mak whas whes whos bablas angine.. Pun begitu, masih dikasih tambahan slot Micro SD pula.. Makin Ngejreng bebas jeprat-jepret kamera..

Oya, Andromax R2 sudah pakai Android versi 5 alias Android Lollipop!

Andromax R2 Kaya Koneksi

Kaya koneksi, kaya sodara. Mirip-mirip banyak anak banyak rejeki hehe..

Sejak kelahiran ‘putra’ pertama, Smartfren selalu ngasih dua koneksi. Yang SIM satu pakai Smartfren 4G LTE, EVDO locked RUIM, SIM lainnya pakai GSM. Smartfren tau kok apa yang kalian inginkan, makanya dikasih dual SIM.

Rata-rata orang kita pakai 2 kartu. Satu buat telepon, satu lagi buat internet. Mana yang murah lah yang dipakai..

Puas nelpon pakai 2 SIM?

Kalau belum tenang saja, Smartfren ngasih tambahan fitur baru lagi, yaitu fitur VoLTE. Fitur ini memiliki keunggulan panggilan suara dan video lebih stabil dan jernih.

Telepon berlama-lama, berselancar didunia maya dengan asyik gak usah takut batteray habis. Battery Andromax R2 berjenis polimer kapasitas 2320 mAh. Gak besar-besar banget memang, tapi cukuplah bertahan lebih lama.

Pengalaman saya menggunakan Smartfren Adromax R2 bisa bertahan 2 hari dalam keadaan On Wifi.

Andromax R2 telah dilengkapi aplikasi-aplikasi khas Smartfren sehingga pengguna Smartfren memiliki akses spesial disana. Salah satunya aplikasi SmartCloud sebesar 2GB. Kapasitas sebesar ini mampu menyimpan 1000 foto dengan asumsi per foto berukuran 2MB. Atau 50 video dengan asumsi per video 40MB.

Aplikasi Smartfren yang terinstall di Andromax R2
Screenshot_2016-03-17-15-44-38

Kekurangan dan Kelebihan Andromax R2

Di dunia ini gak ada yang sempurna. Kalau diatas saya banyak menuliskan kelebihan Andromax R2, tak afdhol rasanya bila saya tidak menuliskan kekurangannya.

Kelebihan Andromax R2

• Processor mumpuni ketahanan dari chipset Qualcomm Snapdragon 415 Octa Core berkecepatan 1.4Ghz Cortex A53.
• Ruang penyimpanan cukup besar, RAM 2GB + ROM 16GB. Plus Slot memory Micro SD.
• Kamera depan 5MP LED Flash dan Kamera belakang 13MP LED Flash
• Layar 5 inch resolusi 720 x 1280 pixels IPS Capacitive touchscreen 16M colors yang dilindungi DragonTrail Glass
• Bobotnya tidak terlalu berat.
• Tampilan speakernya keren. Letaknya tersembunyi di bagian tepi bawah ponsel
• Konektivitas support GSM, 4G LTE dan VoLTE
• Harga terjangkau, di brosur harganya tercantum Rp. 1.699.000

Kekurangan Andromax R2

• Batterynya standart, 2320 mAh, gak besar-besar amat.
• Disainnya kaku (menurut saya) soalnya HP model kotak kadangkala dimasukin saku susah geraknya 😀
• Belum ada fitur smart gesture. Itu lo fitur yang buat akses langsung membuka aplikasi. Contohnya seperti, nulis huruf C langsung buka kamera, nulis huruf apa, langsung kemana.. Fitur begituan saat-saat sekarang lagi ngetrend

Itu aja sih kekurangannya. Dengan segambreng kelebihan untuk smartphone harga 1,7 juta kembali seribu, sudah sangat bagus.

2016-03-17_05-13-04

Demikian
Review Smartfren Andromax R2, Smartphone VoLTE pertama di Indonesia. Semoga artikel ini membantu teman-teman yang sedang galau mencari smartphone baru dengan fitur-fitur spesial.

author
Author: 
loading...
  1. author

    Hamacaan10 months ago

    Ih lebih bagus kamera nya, aku juga baru coba hp andromax kemarin bagus bgt, apalagi 4G nya

    Reply
  2. author

    mas gobed10 months ago

    kereennn mba…

    Reply
  3. author

    Vita Masli10 months ago

    Ada kok mak.. gesture itu. Coba di bagian setting deh. Ayooo.. sudah dioprek gak nih?

    Reply
  4. author

    cinta alam10 months ago

    wah, saya sih masih bingung dengan make hape andromax ini kak, ntr di coba lah

    Reply
  5. author

    hafidz9 months ago

    bagus banget hapenya…

    Reply
  6. author

    Endang9 months ago

    Akhirnya ada juga yang review smartphone ini, thank u so much loh reviewnya mbak yuni

    Reply

Leave a Reply