Women Techno

Luncurkan VoLTE, Smarftren jadi operator pertama di Indonesia

Peluncuran VoLTE yang dilakukan perusahaan berbasis 4G LTE, PT Smartfren Telecom Tbk, 19 Februari 2016 lalu menyisakan ombak besar di tengah geliatnya pasar ponsel di Indonesia. Smartfren yang sebelumnya unjuk gigi dengan jaringan 4G nya kini semakin mengibarkan senyum lebar, yaitu mengemban jabatan sebagai operator pertama yang menyediakan fitur VoLTE di Indonesia.

IMG-20160219-WA0019

VoLTE atau Voice over LTE (Long Term Evolution) merupakan fitur baru yang disematkan Smartfren kepada pengguna jaringan LTE untuk memungkinkan berkomunikasi melalui suara dengan kualitas jernih dan stabil. Sebagai wujud nyata kehadiran VoLTE, Smartfren menyuguhkan dua handset baru yang telah disematkan VoLTE, yaitu Andromax R2 dan Andromax E2.

Ehem, pasti spesifikasinya lebih bagus dari sebelum-sebelumnya..

Masih ingat bulan Agustus lalu, Smartfren mengadakan ujicoba jaringan 4G LTE besar-besaran di beberapa kota di Indonesia. Salah satunya di Surabaya. Kebetulan saya mendapat kesempatan mencoba langsung jaringan 4G LTE di hampir seluruh pelosok Surabaya. Mulai dari pusat kota, sekitaran Jalan Basuki Rahmad, hingga daerah pinggiran laut, sekitar Kenjeran.

Dalam uji coba hari itu, banyak masukan yang diterima oleh tim Smartfren terkait kecepatan di beberapa wilayah. Saat mendapati kecepatan sinyal menurun, tim Smarfren buru-buru mencatat lokasi lalu meneruskan ke bagian IT. Namanya juga uji coba, tentu tidak langsung sempurna, toh.

Baca:
Sehari bersama Smartfren, uji jaringan 4G LTE-nya Smart, Friend!

Namun saat ini, jaringan Smarfren sudah mendekat ke arah lebih baik. Sebanyak 85 kota di Indonesia telah mendapat layanan 4G secara maksimal. Apalagi harga smartphone Andromax R2 dan Andromax E2 cukup terjangkau untuk pasaran menengah kebawah, khususnya anak muda yang memiliki jiwa dinamis. Sebuah keuntungan besar bagi mereka yang ingin memajukan kreativitas diri agar tetap eksis di dunia maya.

Semoga saja kemunculan VoLTE membawa kabar positif generasi muda Indonesia.

Andromax R2 dan Andromax E2 yang dipamerkan di X2 Club, Jakarta sebagai wujud komitmen PT Smarfren Telecom Tbk dalam upaya mempercepat penetrasi jaringan 4G LTE di seluruh penjuru tanah air. Hadirnya teknologi VoLTE di dua perangkat Smartfren terbaru menjadikan perusahaan ini sebagai operator pertama di Indonesia.

IMG-20160219-WA0027

Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys, mengungkapkan kebanggaannya terhadap Smartfren dengan teknologi VoLTE nya.

“Suatu kebanggaan bagi kami karena Smartfren merupakan operator pertama yang menyediakan layanan VoLTE di Indonesia serta meluncurkan ponsel pintar dengan harga terjangkau yang sudah memiliki fitur VoLTE. Kami akan terus berupaya untuk membuka akses teknologi bagi masyarakat Indonesia seluas-luasnya dengan menghadirkan teknologi terkini yang berkualitas.”

Apa keuntungan yang didapatkan dari fitur Voice of LTE (VoLTE)?

Tentu banyak yang bertanya, apa sih keuntungan yang didapatkan dari teknologi VoLTE?

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin bertanya dulu kepada teman-teman. Pernahkah kalian merasa bising saat melakukan atau menerima panggilan telepon?

Atau, ketika akan melakukan panggilan, terdapat jeda agak lama selama masa penyambungan.

Dua kendala ini tidak akan lagi ditemui jika menggunakan layanan VoLTE. Sebab VoLTE telah memiliki teknologi yang dapat menyaring suara-suara sekitar yang terdengar bising. Begitu juga dengan callsetup –nya, cenderung lebih cepat dibanding telepon dengan cara biasa.

Ada beberapa keunggulan yang diberikan oleh teknologi VoLTE:

1. Suara terdengar lebih jernih karena VoLTE menawarkan suara berkualitas HD
2. Battery smartphone lebih hemat
3. Dapat mengurangi kebisingan, VoLTE dapat menyaring suara-suara yang bukan suara kita
4. Masa tunggu penyambungan telepon lebih cepat
5. Tidak mengganggu aktifitas smartphone saat tiba-tiba ada panggilan masuk. Bahkan ketika download, data tidak akan terputus.

Teknologi VoLTE memungkinkan siapa saja melakukan komunikasi dengan cara modern. Dengan VoLTE siapapun bisa melakukan lebih banyak kreativitas hanya bermodalkan smartphone tanpa terkendala jarak dan waktu.

IMG-20160219-WA0037

Seperti yang disampaikan oleh Christian Daigneault, Chief Technical Officer PT Smartfren Telecom, “VoLTE merupakan salah satu cara berkomunikasi terdepan di era 4G. VoLTE menyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan juga memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call hanya dengan mengaktifkan opsi video pada layar. Layanan ini sekarang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan kami di 85 kota di Indonesia. Menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan VoLTE bagi pelanggan memperkuat posisi kami sebagai operator selular 4G LTE yang terkemuka di Indonesia”

Wah.. wah.. makin hari makin kenceng aja teknologi komunikasi kita ini. Ada yang sudah nyobain teknologi VoLTE nya Smartfren? Bagi testimoni doong.. hehe..

6 thoughts on “Luncurkan VoLTE, Smarftren jadi operator pertama di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *