Kalender Even Wisata Surabaya 2016

9 comments 2511 views

Kalender Even Wisata Surabaya 2016

Kalender even wisata Surabaya 2016 untuk bulan Januari dan Februari ini saya perhatikan penuh dengan agenda kesenian, terutama pertunjukan seni tradisional khas daerah dari Jawa Timur. Salah satu agenda yang masih terus dipertahankan hingga saat ini adalah pertunjukan reog dan jaranan.

Kalau sedang ingin jalan-jalan pagi, saya selalu mampir ke Balai Pemuda untuk melihat pertunjukan reog dan jaranan. Seru, sih, soalnya tontonan gratis hehe. Reog dan Jaranan biasanya di selang-seling. Misalnya Minggu pertama Reog, Minggu kedua Jaranan. Minggu ketiga Reog, Minggu keempat Jaranan. Jadwalnya sama, setiap hari Minggu pagi mulai jam 8 hingga jam 10. Tarif parkirnya juga murah, untuk motor di patok seribu Rupiah sajaa…

Jadwal Kalender even wisata Surabaya bulan Januari dan Februari 2016 ini saya dapat dari kantor Surabaya Tourism Information Center yang bertempat di Gedung Balai Pemuda, jalan Gubernur Suryo no. 15 Surabaya. Sengaja saya meluncur ke tempat ini demi mendapatkan info agenda kota untuk ngejar postingan tema Liga Blogger Indonesia 2016. Admin LBI lihatlah perjuangan sayah inii.. Hehe

Baca juga: Kalender Even Wisata Surabaya 2015

Mengenai jadwal agenda kota sebetulnya sudah saya dapatkan di web www.surabaya.go.id, tapi kok hanya bulan Januari dan Februari saja yang ditampilkan. Bulan lainnya kemana? Tidak puas saya putuskan untuk pergi ke Balai Pemuda saja. Eh, ternyata agenda kota Surabaya memang disusun 2 bulan sekali, tidak sekaligus setahun seperti di daerah lain. Saya gitu orangnya, gak gampang percaya sama informasi di web! Haha..

Waktu saya ke Balai Pemuda, kantor Surabaya Tourism Information Center sedang direnovasi. Kantornya sepi, untungnya saya mendapati banner kalender wisata yang persis sama seperti di web. Harapan awal saya datang ke kantor ini supaya mendapatkan informasi agenda yang lebih lengkap. Tapi ya sudahlah, adanya cuma itu, yang penting udah dapat bahan buat nulis postingan ini hehe..

Kalender Even Wisata Surabaya 2016 beberapa agenda terdapat pameran Pajangan Kaligrafi dan foto. Selebihnya ada Ketropak, Ludruk, Wayang Orang, Reog, Jaranan, Musik kelompok Pengamen Jalanan. Dari sini bisa saya lihat kalau Pemerintah Kota Surabaya ingin mengedepankan kesenian Jawa Timur yang harus selalu dilestarikan.

Agenda pertunjukan kesenian tradisional banyak diselenggarakana di THR Surabaya. Seperti yang kita ketahui bahwa gedung Ketoprak di THR kian lama kian tak diminati pengunjung. Penonton lebih suka nonton bioskop ketimbang nonton ludruk dan ketoprak. Kalaupun ada penonton, yang datang paling banyak 20 orang. Bahkan konon sering tak sampai 10 orang. Itulah kenapa Pemerintah Kota Surabaya giat mengadakan pertunjukan ini di THR. Selain untuk mengangkat budaya sendiri, juga supaya gedung THR bisa berfungsi dan kembali meriah seperti 10 tahun yang lalu.

Baca juga:
Balai Pemuda dan Pusat Informasi Wisata Surabaya

Bagi yang membutuhkan informasi Kalender Even Wisata Surabaya 2016, ini saya share kan fotonya.

image

Kalender Even Surabaya 2016 mungkin saja bisa berubah. Untuk lebih lengkapnya datang langsung aja ya ke Balai Pemuda atau telepon langsung di 031 – 5340444

author
Author: 
loading...
  1. author

    adibriza.com12 months ago

    sudah lama sekali tak nonton luddruk atau ketoprak, dulu di daerah saya hanya orang-orang yang “berada” yang bisa nanggap ketoprak atau ludruk.

    @adibriza

    Reply
  2. author

    Rahmah Chemist12 months ago

    Pingin nonton Srimulat gak pernah kesampaian 🙂

    @amma_chemist

    Reply
  3. author

    F.Nugroho12 months ago

    kalo mengikuti blog mbak yuni, di surabaya kayaknya sering acara expo gitu. jadi pengen ke sana. 🙂

    Reply
  4. author

    Elisa12 months ago

    Saya kadang lihat acara-acara macam ketoprak atau ludruk kartolo di JTV, Mbak.. Piye ya rasanya nonton langsung.. Pasti tambah ngakak. XD

    Reply
  5. author

    Anita12 months ago

    Banyak juga ya….. events yang diadakan di surabaya… wahwah

    Reply
  6. author

    Sie-Thi Nurjanah12 months ago

    Wualahh baru disusun 2x saja sudah padat merayap agendanya. Kental sekali sama seni budaya ya mba, Semoga tetap terjaga

    @siethi_nurjanah

    Reply
  7. author

    reni dwi astuti12 months ago

    wah sudah lama nggak ke THR rek…

    Reply
  8. author

    Dini Febia12 months ago

    Asyik nih, ramai acara. 😀

    Reply
  9. author

    Ety Abdoel12 months ago

    Wah, Surabaya rame event juga ya Febuari ini.
    Belum pernah liat ludruk Mba, paling banter liat di TVRI jaman dulu itu.
    Suka ketawa-ketawa kalau lihat ludruk.

    Reply

Leave a Reply