Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya

Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya Suguhkan Inspirasi Tren Pastry n Bakery Kekinian yang diselenggarakan oleh PT Gandum Mas Kencana 21 November lalu berlangsung seru dan meriah. Ratusan Food Creator saling berbagi inspirasi dengan para Technical Advisor cokelat Colatta. Tema yang diangkat kali ini adalah Colourbration!

Inspirasi Colourbration yang diaplikasikan dalam kreasi cokelat dan pastry diyakini dapat memberi warna baru dalam mengembangkan ide bisnis pastry & bakery di Indonesia.

Chocolate Tiramisu Art

Tepat pukul 10 pagi saya tiba di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya di jalan Kayoon, tempat berpestanya para Colatta Lover berkumpul dalam ajang Chocotrenz Trending Demo 2019. Sebagai penggemar cokelat, antusiasme saya makin menjadi ketika pintu ruang exhibition dibuka.

Suasana registrasi Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya si Hotel Grand Dafam

Tak seperti event Colatta sebelumnya, Chocotrenz 2019 Surabaya dikemas lebih meriah dengan memadukan konsep Mini Exhibition. Selain baking demo di panggung utama, terdapat pula beberapa zona seru yang bisa dikunjungi oleh food creator.

Sebelum acara dimulai, saya jalan-jalan dulu keliling venue untuk menikmati suasana. Hal yang paling saya suka karena selalu ada sajian pastry dan bakery dari bahan cokelat dengan tampilan cantik menarik. Benar saja! ada 12 kreasi makanan dengan warna-warni berani telah tersaji indah.

Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya Suguhkan Inspirasi Tren Pastry & Bakery Kekinian

Warna cokelat tidak selalu pekat. Ada banyak warna yang bisa diaplikasikan dalam sebuah cokelat. Sangat menarik karena warna merupakan presentasi visual yang mampu menggugah selera penikmatnya.

Strawberry Brick Cake

Inspirasi inilah yang diangkat oleh Chocotrenz 2019 di Surabaya. #Chocotrenz merupakan kegiatan tahunan dari brand Colatta, Haan, dan Bendico yang hadir sebagai media inspirasi bagi para food creator untuk menawarkan ide-ide baru dalam olahan pastry dan bakery untuk menghasilkan kreasi yang unik sebagai upaya pengembangan bisnis.

Tema Colourbration yang diangkat Chocotrenz mengandung 3 filosofi yang sesuai dengan taglinenya, yaitu:

Fun: Inspirasi kreasi cokelat dan pastry dengan menggabungkan keceriaan warna-warni.

Bold: Perpaduan warna yang berani.

Elegant: Dikreasikan dengan elegan dan modern dalam keberagaman bentuk geometris.

Menurut Sales Deputi General Manager PT Gandum Mas Kencana, Ramdan Budiawan, Tema Colourbration diharapkan dapat menjadi trend food ke depannya, yaitu dengan memadukan kemeriahan warn-warni yang berani. Saat ini perkembangan bisnis F&B dangat pesat. Para food creator yang bergerak di bidang pastry, bakery, dan industri kuliner lainnya dituntut semakin kreatif dalam berkreasi jika ingin menjadi trendsetter di dunia F&B.

Zona seru dan inspiratif bagi #FoodCreator

Puas mengelilingi venue, saya mampir ke beberapa zona yang ada di acara Chocotrenz. Ada 4 zona dan semuanya menarik dikunjungi.

Fun Zone

Zona ini yang pertama saya dekati. Area foto yang unik yang dilengkapi dengan bantal-bantal menggemaskan. Zona ini tidak pernah sepi manusia, semua orang mengantri untuk mendapatkan foto cantik di sini. Lumayan buat nambah-nambah isi feed instagram, haha

Foto bersama Chef Nina Bertha

Experience Zone (Mini Demo)

Di zona ini peserta memanfaatkan waktu dengan menggali skill bersama Technical Advisor Colatta. Berbincang dan tanya jawab tentang pastry, bakery, bahkan minuman cokelat.

Sembari melihat Chef mengolah makanan, peserta dapat icip-icip gratis sepuasnya. Saya dong nyicipi onde-onde lezat dengan ragam isian kacang ijo dan cokelat.

Ada juga minuman es cokelat yang terbuat dari Colatta drinking chocolate dengan bola-bola boba di dalamnya. Minuman ini sedang tren di kalangan anak muda. Dan saya baru tau kalau boba dibuat dari tapioca. Pantes rasanya kenyal-kenyal asik, hehe..

Colatta Pop Up Café

Zona ini lumayan mengenyangkan. Di sini peserta dapat mencicipi berbagai kreasi makanan dan minuman yang terbuat dari produk Colatta, Haan, Bendico, dan La Kreiva.

Chef Abduh menunjukkan kreasi Colourbration

Saya dapat banyak icip-icip di sini diantaranya Hexalemona, Mango Jelly Cheescake, Monochrome Cake, dan Sugar Berry Puding.

Oya peserta juga dapat membawa pulang Donut Glaze free topping sebanyak 3 biji gratis dengan menukarkan kupon yang ada di dalam tas goodiebag. Maknyus laahhh..

Food Creator Store

Di zona ini tersedia bermacam-macam produk Colatta Haan Bendico dengan harga diskon . Ada juga penjualan merchandise eksklusif Food Creator edisi khusus.

Spectacolour Baking Demo La Cascada (The Waterfall) by Chef Nina Bertha

Selama Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya, peserta diajak mengikuti talkshow bersama para Chef yang dilanjutkan dengan baking demo Colourbration. Dari sekian demo, saya tertarik dengan Chef Nina Bertha yang mengolah La Cascade (The Waterfall).

Chef Nina Bertha adalah seorang mantan model dan jebolan Master Chef Indonesia yang mendalami dunia pastry. Resep yang diolah Chef Nina penampakannya seperti ini:

Tampilannya mewah, elegan, sedikit rumit, tapi unik.

Yang paling seru dari sekian tahapan yang diolah oleh Chef Nina Bertha adalah ketika menyiramkan Dark Purple, Blue, and White Mirror Glaze. Seru-seru mendebarkan. Bahkan Chef Nina mempersilakan 2 peserta untuk mencobanya sendiri.

Chef Nina mengajarkan cara menyiramkan mirror glaze

Di penutup sesi, Chef Nina Bertha sempat berpesan kepada Food Creator, bahwa dunia baking bukan tentang benar apa salah, tetapi untuk menjadi sukses jangan pernah takut mencoba dan bereksperimen.

Launching Buku Resep Spectacolour

Selain memberi banyak inspirasi olahan cokelat kepada Food Creator, Chocotrenz 2019 Surabaya juga dibarengi dengan peluncuran buku oleh PT Gandum Mas Kencana sebagai produsen cokelat Colatta.

Adalah buku Spectacolour, buku yang berisi seputar kreasi food, dessert & pastry. Tujuan buku ini untuk menginspirasi para pelaku bisnis bakery, Horeca, Pastry Chefs, Executive Chef, Foodpreneurs Start Up, Online Bakery hingga food enthusiast yang mencintai keragaman food & pastry creation.

Buku Spectacolour berisi kolaborasi 12 food creator yang berbeda latar belakang antara lain, Chef Chandra Yudasswara; seorang celebrity chef yang mendalami dunia kuliner selama 20 tahun, Chef Nina Bertha, Chef Riady Halim; pemenang Choco Master 2017, Chef Lanny Soechan; praktisi dan pengajar pastry & cake decorator, Chef Gerald A. Maridet; mengawali karir di Michelin starred-restaurant dan top patisseries di Perancis, Chef Diana Cahya; food artist, chef demonstrator, international baking and cooking instructor, dan character food creator.

Aksi Chef Darmawan

Disampaikan oleh Tia Hariani, Brand Manager B2B PT Gandum Mas Kencana, kehadiran buku Spectacolour mengajak para food creator berani membuat sesuatu yang baru agar mampu menciptakan trendsetter sendiri.

Flourish Kiwi Tartlet

Tema yag diangkat dalam buku Spectacolour adalah colors, sesuai dengan tren warna-warni dalam pastry yang diusung oleh GMK. Beragam aplikasinya berkaitan dengan penggunaan warna-warni yang menarik sehingga meningkatkan nilai dari makanan tersebut. Tidak hanya sebagai pengisi energy, namun juga sebagai mood booster dan kebanggaan tersendiri. Berisikan beragam food creations baik pastry maupun culinary, Spectacolour menawarkan inspirasi dari tingkat kesulitan mudah hingga advance.

Bonus Resep Sugar Berry Pudding

Di postingan Instagram kemarin saya ada janji kepada teman-teman akan berbagi resep makanan. Dari sekian resep, saya akan memberikan yang tingkat olahannya mudah. Yakni Sugar Berry Pudding.

Sugar Berry Puding

1 resep ini bisa menjadi 20 porsi. Silakan dicatat, ya. Siapa tau berguna untuk sajian lebaran. Ada 2 tahapan cara pembuatan, namun secara teknik mudah diikuti. Dicoba, yaa…

Resep Sugar Berry Pudding

Lapisan 1: Strawberry Mousse

Bahan92 gram Haan Pudding Mix Strawberry
100 ml susu cair
1 butir kuning telur
12 gram Gula Pasir
100 gram Haan Whiptopp Beverage & Dessert
25 gram Haan Bavaroise
75 ml Air Dingin
50 ml Strawberry Juice
Cara MembuatRebus susu cair hingga mendidih lalu masukkan pudding mix strawberry, aduk hingga rata

Dalam mangkok terpisah, tuang kuning telur dan gula, kocok hingga rata, tuang sebagian rebusan pudding strawberry sambil terus diaduk. Tuang lagi ke dalam panci, rebus lagi hingga mendidih. Sisihkan

Kocok Whiptopp, bavaroise, air dingin dan jus strawberry hingga mengembang, lalu tuang rebusan pudding. Aduk rata, sisihkan.

Lapisan 2: Strawberry Jam

Bahan150 gram buah Strawberry
50 ml air
50 gram gula pasir
1 pcs lemon juice
1 pcs lemon zest
7 gram Haan Maizena
10 ml Air
Cara MembuatBlender buah strawberry dan air hingga halus, lalu tuang dalam saucepan. Tambahkan gula pasir, lemon juice dan lemon zest, rebus hingga mendidih

Masukkan maizena yang sudah dicampur air, lalu aduk hingga mendidih kembali.

Matikan api dan dinginkan.

Tahap terakhir: Penyelesaian

Bahan200 gram La Kreiva Crumble Dark
Cara PenyajianSiapkan 20 gelas verrine, tuang strawberry mousse isi 1/3 bagian, biarkan mengeras.

Tuangkan strawberry jam di atasnya dan ratakan

Taburkan crumble dark, hias dengan whipped cream, chocolate dekorasi serta buah segar. Siap disajikan.

Sepulang menghadiri acara Chocotrenz Trending Demo 2019 Surabaya Suguhkan Inspirasi Tren Pastry n Bakery Kekinian, ilmu dapur saya bertambah. Senangnya lagi, saya dapat banyak oleh-oleh, salah satunya buku resep Colourbration yang berisi 25 resep lezat nan memukau. Kepincut dengan bukunya? Tenang saja, baik buku resep #Colourbration maupun Spectacolour bisa didapatkan secara online di Haan Official Store (Tokopedia / Bukalapak / JD.ID)!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *