5 Kota Besar Indonesia yang memiliki Kuliner Pedas

Orang Indonesia kalau tidak makan pedas rasanya seperti kurang puas. Di Surabaya saja, warung kuliner penyetan makin menjamur. Sebut saja nasi bebek, pecel lele, hingga nasi babat yang sambalnya diobral di meja dan semua pengunjung bebas ambil sendiri.

Image by Pixabay

Makanan pedas makin jadi primadona penggila wisatawan yang doyan kulineran, terutama kaum milenial yang senang dengan makanan yang memiliki sensasi yang unik. Seperti yang kita lihat sekarang aja, tren kuliner mie yang menggunakan level kepedasan tertentu yang semakin tinggi pedasnya, semakin digandrungi mereka. Meski kadang mereka harus menahan sakit perut, tapi selalu saja jenis makanan seperti ini jadi menu favorit. Apakah Anda salah satunya?

5 Kota Besar Indonesia yang memiliki Kuliner Pedas

Omong-omong kuliner pedas, Indonesia juaranya. Setidaknya ada 5 kota di nusantara ini yang mempunyai kuliner khas dengan sensasi cabe di dalamnya. Nah, ini dia 5 Kota Besar Indonesia yang memiliki Kuliner Pedas!

Tidak perlu khawatir soal aksesnya karena lima kota ini bisa dijangkau dengan mudah oleh berbagai transportasi Indonesia yang semakin canggih. Yuk kita mulai!

Bali

Tidak sulit menemukan kuliner pedas di Bali, sebab kuliner tradisionalnya sendiri memiliki rasa pedas dengan rempah yang cukup tinggi. Salah satu contoh kuliner pedas yang terkenal adalah warung Nasi Pedas Bu Andika. Nasi Pedas di Bali ini adalah nasi campur dengan aneka pilihan lauk yang dilengkapi dengan sambal super pedas hingga orang asing tak siap dengan pedasnya. Tapi justru inilah yang membuat nasi pedas membuat penasaran banyak orang.

Image by IDN Times

Kalau Anda merasa penasaran dengan sensasi pedasnya, pesan saja tiket murah ke Bali. Selain bisa mencicipi nasi pedas, Anda juga bisa memuaskan selera kuliner Bali yang lain yang tidak kalah nikmat dan lezat.

Aceh

Ada yang bilang, semakin ke barat, rasa kuliner Indonesia makin kaya rempah. Kalau begitu wajar bila kuliner Aceh memiliki cita rasa yang memiliki sensasi maknyus di lidah. Hal ini bisa saja terjadi karena pengaruh budaya Melayu yang cukup dipengaruhi oleh masakan India.

Salah satunya adalah Mie Aceh. Mie kuah yang kental dengan cita rasa pedas khas rempah-rempah. Masakan lainnya adalah ayam tangkap yang punya cita rasa melegenda.

Manado

Image by Wikipedia

Manado sejak dulu terkenal dengan kuliner ekstrim. Salah satunya Woku. Ada Woku Balanga, ada Woku Daun. Masakan woku biasanya menggunakan ikan laut seperti udang, kepiting, ikan nila, ikan kerapu. Namun tak menutup ayam dan bebek juga bisa dimasak menggunakan bumbu woku.

Rasa masakan woku pedas, harum dan segar karena kombinasi rempah seperti daun jeruk, kemangi, daun pandan, jahe, tomat, dan cabe.

Padang

Kota Padang memiliki banyak keindahan. Tidak hanya kekayaan alam, kulinernya pun kerap jadi favorit orang Indonesia. Mulai dari dendeng balado, sambal hijau yang tersohor hingga rendang yang tercantum sebagai makanan paling lezat di dunia versi CNN.

Bahkan, tidak sedikit orang yang mengaku kalau warung nasi biasa di Padang sudah senikmat restoran padang mahal di Ibu Kota. Saya saja masuk restoran Padang seneng minta ampun, apalagi bisa mengunjungi Padang langsung. Padang sudah jadi cita-cita besar saya nih, hehe..

Yogyakarta

Jangan tertipu kuliner Yogyakarta yang identik dengan rasa manis saja sehingga Anda tidak bisa menemukan kuliner pedas. Ini tidak lepas dari keberagaman suku yang dibawa oleh para mahasiswa yang merantau ke Yogyakarta.

Di Yogja berbagai olahan lezat sukses diadaptasi ke ibukota seperti oseng mercon hingga sate klatak yang merupakan asli makanan wong Yogja. Bahkan, ayam geprek sejatinya adalah kuliner yang berasal dari kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Nah saat berpetualang di 5 Kota Besar Indonesia yang memiliki Kuliner Pedas di atas, siap-siap saja merasakan amukan petir di dalam mulut Anda. Namun tetap harus diingat kapasitas diri, jangan berlebihan supaya tidak menyesal datang ke tanah orang, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *