Tips Mencari Jadwal Kereta di Traveloka dengan Mudah

Dari dulu saya paling terkesan bila jalan-jalan dengan kereta api. Sensasi duduk di atas sambungan rel sambil menikmati pemandangan sawah lebih menyenangkan hati. Tidak ada macet, suasana di dalam gerbong juga lebih bebas.

Tidak hanya itu saja, tiket kereta api sendiri harganya cukup terjangkau meski jarak yang ditempuh lumayan jauh. Jadi nggak heran bila masyarakat kita lebih banyak memilih kereta api sebagai pilihan transportasi. Apalagi sekarang pelayanan KAI jauh lebih baik daripada dulu. Lebih senang lagi jadwal kereta di Traveloka semakin mudah diakses. Tinggal memilih waktu sesuai kebutuhan sekaligus membeli tiket kereta api secara online. 

Saya beberapa kali mengalami pengunduran jadwal. Dan itu tak jadi masalah, karena meski sudah membeli tiket online, kita masih bisa mengubah waktu kepergian kita. Caranya cukup dengan mendatangi stasiun keberangkatan untuk meng-cancel perjalanan lalu membeli lagi jadwal baru.

Tak seperti dulu, kini untuk mendapat tiket kereta api tidak lagi datang ke stasiun. Beneran, kehadiran situs online membantu saya banget mendapatkan tiket. Dulu tiap kali mau pergi, beberapa hari sebelumnya harus lari-lari ke stasiun membeli untuk tiket. Sengaja jauh-jauh hunting tiket agar saat hari keberangkatan jatah seat sudah aman.

Bisa dicek di internet, ada banyak sekali layanan pembelian tiket KA secara online. Tinggal ketik saja di mesin pencarian, terhampar sudah jadwal dan harga tiketnya. Salah satu situs terpercaya yang menyediakan penjualan tiket secara online adalah Traveloka. 

Selama ini Traveloka memang dikenal sebagai platform untuk membeli tiket pesawat dan booking hotel saja, tetapi, seiring perkembangan, platform berlogo burung terbang ini juga bisa digunakan untuk menemukan tiket kereta.

Tips mencari tiket kereta api di Traveloka

Cara untuk menemukan tiket kereta di Traveloka cukup mudah. Bagi teman-teman yang baru berpengalaman membeli tiket online, saya akan menjelaskan cara memesan tiket kereta di Traveloka

Install aplikasi Traveloka

Sebelum mulai memesan tiket melalui Traveloka, hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi Traveloka.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di App Store. Tujuan penggunaan aplikasi untuk mempercepat proses pemesanan.

Buka Menu Tiket Kereta

Setelah install, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di akun Traveloka.

Fungsi lain pendaftaran akun agar data kita selalu tersimpan dan ketika reservasi online tinggal memasukkan data kepergian saja.

Isi Detail Informasi

Langkah terakhir adalah mengisi kolom-kolom data diri hingga selesai.

Untuk menemukan tiket kereta api yang dibutuhkan sesuai dengan jadwal kepergian, maka yang perlu dilakukan adalah mengisi informasi keberangkatan secara detail.

Kolomnya bukan isian rumit kok, tapi seputar perjalanan seperti lokasi stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat dan jumlah penumpang. Semua data tersebut harus diisi sesuai dengan kartu identitas.

Hal ini bertujuan untuk membantu menemukan tiket kereta yang sedang kita cari. 

Jika sudah diisi, selanjutnya langsung klik CARI, maka secara otomatis server akan mencarikan tiket kereta yang sesuai kita minta. 

Cari Tiket dengan Harga Promo

Sebagai salah satu platform penjualan  tiket transportasi umum yang sudah terkenal maka Traveloka senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penggunanya.

Salah satu layanan terbaik yang ditawarkan adalah memberikan promo kepada para calon pembeli tiket. Di Traveloka, teman-teman dapat menemukan promo menarik termasuk promo tiket kereta. 

Agar bisa mendapatkan harga murah lagi, jangan sia-siakan kesempatan mendapatkan promo tersebut. Triknya, rajin-rajinlah mengecek promo yang ditawarkan oleh PT KAI melalui aplikasi Traveloka.

Cari tiket sebelum tanggal keberangkatan 

Tips selanjutnya yang bisa kita terapkan adalah membeli tiket sebelum hari keberangkatan. Ada baiknya beli tiket jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket pada tanggal keberangkatan.

Pesan tiket pada malam hari

Tips ini telah beberapa saya lakukan dan berhasil. Pemesanan lebih mudah dilakukan dan seringkali banyak promo menarik.

Trik terakhir dari saya, sebelum pergi sering-seringlah mengecek aplikasi Traveloka untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk perjalanan.

Demikian informasi cara mudah memesan tiket melalui Traveloka. Semoga tips ini membantu teman-teman yang sedang merencanakan bepergian. Yuk cari jadwal kereta di  Traveloka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *