Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia

Melaka merupakan salah satu kota di Malaysia yang selalu ramai dikunjungi turis. Daya tarik bangunan berbentuk kolonial menambah kesan eksotis kawasan bekas jajahan Portugis pada abad 15. Sudah lama saya penasaran keindahan kota yang dinobatkan sebagai Kota Warisan Dunia oleh Unesco ini. Bagi teman-teman yang berencana ke sini, berikut saya bagikan Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia untuk Liburan Akhir Pekan!

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat berkunjung ke kota yang berjuluk Melaka Bandaraya Bersejarah, sebab pada waktu inilah terdapat pasar malam di Jonker Street yang menjual berbagai kuliner dan souvenir lokal. Traveler manca negara memanfaatkan banget momen ini. Makanya, pastikan ke sini pada akhir minggu. Agar tak ketinggalan hiruk pikuknya, saya sarankan teman-teman melakukan book bus bandara dari KLIA yang langsung menuju kota Melaka.

Alternatif transportasi ini lebih menghemat waktu. Titik penjemputannya nyaman, layanan yang diberikan 24 jam penuh. Yang paling menarik, tarifnya jelas dan pasti. Kita tinggal duduk manis bersama bagasi. Pilihan kendaraannya banyak, tanpa antri pula!

Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia untuk Liburan Akhir Pekan

Tiba di Melaka, aura kota tua langsung menyergap jiwa. Deretan bangunan yang unik dengan tembok warna-warni menawan membuat siapa saja tak sabar ingin mendekatinya.

Jam 12 siang, sopir bus menurunkan kami di depan bangunan gereja berwarna merah. Cuaca yang super menyengat makin membuat saya semangat ingin segera mengunjungi tempat wisata di Melaka.

Jauh dari ekspetasi saya, ternyata tempat wisata menarik di Melaka Malaysia buat liburan akhir pekan ini lokasinya saling berdekatan. Selama setengah hari, hampir semua tempat telah saya singgahi. Alhamdulillah kaki saya diberi kekuatan berjalan, haha.

Meski destinasi di Melaka tidak terlalu jauh, ada baiknya meluangkan waktu semalam untuk menginap. Biar waktu kunjungnya puas, tidak dikejar-kejar waktu. Nah, berikut Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia Buat Liburan Akhir Pekan yang pernah saya alami.

Jonker street Night Market Melaka

Jonker street Night Market Melaka merupaka kegiatan pasar malam yang diadakan setiap akhir pekan, yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai jam 18.00 hingga 24.00

Layaknya pasar malam, sepanjang jalan Jonker dipenuhi dengan penjual jajanan lokal, hingga souvenir. Yang membuat pasar malam ini meriah, penjual cukup kreatif dan atraktif menawarkan dagangannya.

Bangunan Stadthuys Melaka

Stadthuys disebut juga bangunan merah. Lokasinya berada di jantung kota Melaka, berseberangan dengan gereja merah. Bangunan ini paling ikonik dari sekian bangunan di kota ini. Bentuknya melebar dengan menara jam di bagian depan.

Gedung Stadthuys dibangun pada tahun 1650, dulunya digunakan sebagai kantor Gubernur dan Wakil Gubernur Belanda. Gedung ini juga pernah menjadi gedung VOC tertua yang masih ada di Asia

Christ Church Melaka

Gereja ini disebut-sebut sebagai gereja Protestan tertua di Malaysia. Dibangun pada tahun 1741, arsitekstur bangunannya mengadopsi gaya Kolonial Belanda.

Masa pembangunan gereja ini selama 12 tahun, dengan langit-langit bangunan menggunakan balok kayu dari potongan utuh sebuah pohon.

Sayangnya saya tidak sempat masuk ke dalam gereja karena saat itu jam ibadah belum dimulai. Gerejanya masih tutup.

Benteng A Famosa Melaka

Benteng ini merupakan peninggalan Portugis yang dibangun pada tahun 1511 oleh Laksamana Portugis, Alfonso de Albuquerque.

Karena diinvasi Belanda pada tahun 1641, benteng ini rusak parah hingga tak berbentuk. Sisa yang paling menonjol sampai saat ini hanyalah pintu gerbang atau disebut Porta de Santiago.

Lokasi Benteng A Famosa tak jauh dari runtuhan gereja St. Paul Hill. Bentuknya lumayan kecil, dan untuk menuju ke sini pastikan mengikuti papan petunjuk arah

Gereja St. Paul Hill Melaka

Gereja katolik ini berada di atas bukit St. Paul yang untuk menuju ke mari harus melalui anak tangga ratusan. Awalnya gereja ini sebuah chapel yang dibangun pada tahun 1521. Hingga kemudian menjadi Gereja Katolik tertua di Asia Tenggara.

Setelah Melaka diduduki Belana pada 1641, gereja ini tidak digunakan lagi karena Belanda telah membangun gereja Christ.

Tujuan pembangunan gereja ini sebagai tanda syukur seorang kapten Portugis, Duarte Coelho, telah terselamatkan dari serangan musuh ketika di Laut China Selatan. Chapel ini dipersembahkan untuk Virgin Mary (Bunda Maria) yang diberi nama Nossa Senhorado Monte

Di dalam reruntuhan Gereja St. Paul Hill terdapat makam dengan nisan yang berukuran raksasa.

Masjid Kampung Keling

Masjid ini berada di jalan Tukang Emas bersebelahan dengan Kuil Sri Payyatha Viyanagar Moorthi. Masjid ini dibangun pada tahun 1748 dengan bentuk arsitekturnya menyerupai masjid di Sumatera dengan pengaruh Hindu yang kuat.

Bentuk bangunannya terdiri dari campuran gaya, seperti menara masjid berbentuk pagoda, lantainya buatan Inggris dan Portugis, mimbarnya dibuat dari kayu ukir khas Hindu dan China, sedangkan tiang lampunya memiliki unsur arab

Hingga saat ini, masjd Kampung Keling berperan penting dalam kehidupan Melayu Melaka

Cheng Hoon Teng Temple Melaka

Kuil Cheng Hoon Teng merupakan kuil tua di Malaysia yang dibangun pada abad 17 oleh kapitan bernama Tay Kie Ki.

Meski berusia ratusan tahun, kuil ini masih aktif digunakan untuk ibadah. Terbukti ketika saya ke sini, pengunjung yang berdoa sangat ramai.

Lokasi kuil ini berada di jalan Tokong, yang selurusan dengan Masjid Kampung Keling

Secara keseluruhan, Kota Melaka ini sangat menarik dikunjungi. Bangunan-bangunan tuanya memukau, rasanya ingin selalu berlama-lama di sana. Sensasinya memang berbeda dengan wisata alam yang menyejukkan di Malaysia. Tapi kepuasannya di sini dapat banget!

Selain bangunan di atas, masih ada lagi destinasi menarik yang bisa dikunjungi seperti Taman Warisan Dunia Jonker Walk, River Walk Melaka, Maritime Museum Melaka, Gereja St. Francis Xavier. Oya, jangan lupa juga menikmati Cendol Durian yang rasanya muantab.

Bila teman-teman ada rencana ke Malaysia, sempatkan waktu mengunjungi Melaka. Diatur saja itinerarynya. Ke Kuala Lumpur dulu atau ke Melaka dulu. Yang pasti Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia untuk Liburan Akhir Pekan akan meninggalkan kesan mendalam. Selamat piknik!

One thought on “Tempat Wisata Menarik di Melaka Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *