Curhat gatal di kulit karena alergi dingin melalui layanan SehatQ.com

Asik juga curhat gatal di kulit karena alergi dingin melalui layanan SehatQ.com. Penjelasan yang disampaikan dokter sangat lengkap dan detail. Termasuk pemberian informasi mengenai penyebabnya, diagnosa, pengobatan, hingga cara pencegahannya.

Alergi Dingin
Seperti ini penampakan alergi dingin. Bentol kecil-kecil itu gatalnya bikin gemes menggaruk

Alergi dingin sebetulnya bukan penyakit berat. Namun cukup meresahkan juga kalau terlalu sering muncul. Selain mengganggu aktifitas, rasa gatal yang sangat parah kerap membuat kulit jadi luka akibat terlalu keras digaruk.

“Gatal jangan digaruk!”

Manusia mana, sih, yang tahan dengan rasa gatal. Sekuat-kuatnya nahan gatal, ujungnya tetap juga reflek menggaruk.

Lha wong menggaruk rasa gatal itu sebuah kenikmatan duniawi, hehe..

Nahasnya gatal yang disebabkan oleh alergi seperti yang saya alami, kerap membuat badan jadi bengkak. Mulanya timbul bulir merah berukuran kecil yang disertai rasa gatal yang panas. Setelah digaruk, bulir tersebut makin membesar hingga pori-pori kulit tampak seperti lubang semut. Buesar.

Biasanya suka saya cubit-cubitin, tuh, biar gatalnya hilang. Aktifitas kecil yang sungguh nikmat. Tak terasa, tau-tau kulit perih dan berakhir dengan luka.

Percaya nggak, dari semula bulir berukuran 1 milimeter, bisa membesar hingga membuat bengkak seluruh punggung telapak tangan!

Curhat gatal di kulit karena alergi dingin melalui layanan SehatQ.com

Alergi dingin. Pengetahuan saya terhadap penyakit ini lumayan simpang siur. Sebab kehadirannya susah diprediksi. Ketika berada di ruangan ber AC, kadang muncul bengkak, kadang nggak. Lebih aneh lagi kalau minum es teh ukuran jumbo sekalipun, saya tawar-tawar saja. Pegang es batu pun tidak masalah.

Jadi sebenarnya alergi dingin ini kenapa, sih?

Sebelum menghubungi dokter, saya berinisiatif mencari tau sendiri di internet. Alhamdulillah sekarang banyak sekali layanan kesehatan digital di Indonesia yang memberikan informasi lengkap seputar penyakit berikut gejalanya. Salah satunya adalah SehatQ.com.

Halamn website SehatQ

SehatQ.com merupakan platform layanan kesehatan berbasis online yang terpercaya. Kehadirannya membantu masyarakat yang membutuhkan informasi kesehatan secara jelas, rinci dan bisa dipercaya. SehatQ.com terdiri dari tim yang meliputi tenaga medis sehingga segala informasi yang disampaikan bermanfaat bagi masyarakat dengan gaya penyampaian yang mudah dimegerti.

Ketika masuk dalam halaman SehatQ.com, saya dengan mudah memanfaatkan fitur-fiturnya. Tak sekedar memberikan informasi kesehatan saja, SehatQ dilengkapi dengan fitur Cari Dokter sesuai spesialisnya termasuk tempat prakteknya.

Janjian dokter di SehatQ.com
Bikin janji dengan dokter SehatQ

Halaman websitenya bagi saya lumayan menyenangkan. Di sana terdapat daftar fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium, Puskesmas, dan Klinik Kecantikan.

Menariknya di halaman website SehatQ tersebut, pengunjung juga bisa membuat janji dengan dokter. Tinggal pilih dokternya lalu pilih tanggalnya, selanjutnya informasi akan disampaikan melalui email.

Pokoknya janjian dengan dokter di SehatQ semudah membuat janji dengan sahabat!

Jika teman-teman ingin mencari pengetahuan seputar penyakit, klik saja ensiklopedia penyakit sekaligus nama obatnya pada menu barnya.

Direktori obat SehatQ.com
Penjelasan tentang obat di SehatQ.com

Lebih senang lagi, di halaman SehatQ terdapat forum kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi tentang kondisi yang dialami. Keberadaan forum ini akan membentuk komunitas yang saling mendukung kondisi antar sesama yang difasilitasi oleh moderator berkompeten.

Tak sekedar memberikan informasi, pengunjung juga dapat melakukan konsultasi online dengan dokter malalui fitur live chat. Keren banget, ya!

Penyebab Gatal Kulit akibat Alergi Dingin

Jadi gimana dengan alergi dingin saya?

Usai membaca tentang penyakit alergi dingin yang saya akses dari ensiklopedia penyakit di halaman SehatQ, saya jadi mengerti bahwa alergi dingin memang bisa datang tanpa diketahui penyebanya. Tergantung pada kondisi kesehatan tubuh kita masing-masing, sih. Bisa jadi karena sensitivas sel kulit, faktor genetik, virus atau timbulnya suatu penyakit.

Direktori penyakit dikupas terbuka dan lengkap

Ulasan menarik disampaikan oleh SehatQ.com bahwa, alergi dingin adalah kondisi kulit yang bereaksi ketika berada dalam suhu rendah.

Alergi ini muncul ditandai dengan warna kulit berubah merah, biduran, dan kulit tiba-tiba bengkak yang berlangsung 1 hingga 2 jam.

1-2 jam tidak lama, tapi kalau rasanya guataal banget, ya mana tahan.

Tapi tenang saja, alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya. Bisa saja hitungan minggu atau bulan. Bisa juga seperti yang saya alami selama berbulan-bulan.

Meski dokter SehatQ memberikan resep obat, namun jika kondisi ini terus-menerus terjadi, direkomendasikan agar melakukan kunjungan dokter agar dilakukan penanganan, salah satunya dengan tes darah atau tes lainnya.

Direktori Rumah Sakit SehatQ
Cari tau Fasilitas Kesehatan terdekat

Seringan apapun reaksi yang timbul akibat alergi dingin, sebaiknya konsultasikan dokter agar tak terjadi reaksi yang membuat keadaan makin parah. Jika penyakit bisa dicegah dan diobati, kenapa harus dibiarkan?

Setelah membaca artikel dan curhat gatal di kulit karena alergi dingin melalui layanan SehatQ.com, sepertinya saya akan membuat janji dengan dokter kulit melalui online saja. Biar praktis dan gak lama nunggu di Rumah sakitnya.

Ingin mendapatkan informasi kesehatan dengan artikel menarik yang dilengkapi infografis memukau, segera kunjungi SobatQ.com dan follow akun SehatQ di:

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ

One thought on “Curhat gatal di kulit karena alergi dingin melalui layanan SehatQ.com

  1. Sama kalau begitu, mak. Saya juga ada alergi dingin yang emang rasa gatelnya yaa allah ga nahan. Apalagi pas ke Bromo waktu itu. Gak sanggup kalo ga garuk tapi digaruk ya perih. Sekarang enak ya, bisa tanya jawab sama tenaga media profesional melalui website sehatq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *