Pengalaman naik XTrans dari Jakarta ke Bandung sendirian

Keistimewaan bepergian sendiri, kita harus siap menghadapi segala rintangan yang ada di depan mata. Harus siap mengambil keputusan tanpa bantuan siapapun. Seperti yang pernah saya alami ketika mendadak ke Bandung sendirian.

Maribaya Bandung

Meski beberapa kali ke Jakarta, teramat sulit bagi saya menghapal jalanannya. Apalagi harus ke Bandung, kan? Untungnya ada internet yang segala pertanyaan bisa mendapatkan jawabannya dengan mudah. Dari Jakarta ke Bandung ternyata bisa, lho, pesan Xtrans bus mudah melalui Traveloka!

Beberapa waktu lalu saya diajak teman Bandung ke Maribaya. Posisi saya saat itu sedang di Jakarta.

Duh, Maribaya.. siapa, sih yang nggak pengen ke sana. Mau juga foto seperti orang-orang yang naik ayunan di atas perbukitan hijau.

Tapi masalahnya saya naik apa ke Bandungnya? Bisa saja naik kereta, tapi stasiunnya jauh dari rumah. Sementara saya nggak hapal rute serta transportasi di Jakarta.

“Biar gampang naik Xtrans aja dari Jakarta turun Pasteur. Nanti kujemput” teman saya berupaya memberi solusi.

Awalnya saya nggak ngerti Xtrans itu kendaraan apa. Setelah dijelaskan ternyata Xtrans adalah transportasi shuttle travel yang memberikan layanan naik turun penumpang dengan system pool to pool. Selama perjalanan, Xtrans tidak ngetem atau menaik-turunkan penumpang asal-asalan di pinggiran jalan.

XTrans akan berjalan mulus dari Jakarta menuju Bandung tanpa ‘noleh’ kanan kiri. Barulah setelah tiba di Bandung, mobil akan menurunkan penumpang sesuai tujuannya.

Setelah banyak tau tentang XTrans, akhirnya saya berencana naik dari pool Jatiwaringin, Jakarta Timur. Pool inilah yang paling dekat dengan rumah dan mudah diakses dengan kendaraa umum.

Sesuai informasi yang saya terima, XTrans berjalan setiap satu jam sekali. Jelas, keuntungan banget bagi penumpang yang harus ke Bandung tanpa menunggu waktu lama. Tetapi awas, jangan sampai terlambat datang. Telat 5 menit saja, Xtrans akan meninggalkan kita. Sebagai hukuman, tiket dinyatakan hangus dan harus beli tiket baru lagi untuk naik kendaraan selanjutnya.

Satu jam sebelum keberangkatan, saya sudah berada di pool XTrans. Normalnya, sih, maksimal 15 menit kita sudah harus berada di lokasi tunggu.

Betapa kagetnya, di sana terdapat pemandangan calon penumpang yang sedang mengantri membeli tiket. Lebih kasihan lagi, ada beberapa yang kehabisan kursi sehingga harus membeli kursi pada jadwal selanjutnya.

Menunggu walaupun satu jam itu lama, lho. Belum nanti perjalanan Jakarta – Bandung yang perkiraannya tiba 3 jam kemudian. Walaupun layanan XTrans setiap hari beroperasi mulai jam 5 pagi hingga 10 malam.

Untung saya sudah memesan tiket XTrans melalui online sehingga sampai di sana, saya tinggal menunjukkan email bukti tiket.

Jadi teman-teman, sekarang kalau bepergian sendiri ke luar kota nggak usah bingung mencari kendaraan. Travel XTrans dapat menjadi solusi alternatif yang aman dan nyaman. Cukup sekali naik sampai. Jangan seperti kejadian saya waktu ngeteng ke Palembang dari Jakarta dengan bergonta-ganti kendaraan umum, hehe..

Tidak hanya Jakarta Bandung saja, saat ini XTrans telah melayani beberapa wilayah di area Jabotabek dan Solo Semarang. Berikut ini rute XTrans yang telah beroperasi beserta tarifnya:

Jakarta – Bandung / Bandung – Jakarta Rp. 105.000,-
Bekasi – Bandung / Bandung – Bekasi Rp. 95.000,-
Tangerang – Bandung / Bandung – Tangerang Rp. 120.000,-
Jakarta – Serang / Serang – Jakarta Rp. 70.000,-
Jakarta – Cilegon / Cilegon – Jakarta Rp. 80.000,-
Bandung – Bintaro Rp. 110.000,-
Solo – Semarang / Semarang – Solo Rp. 75.000,-
Semarang – Pekalongan / Pekalongan – Semarang Rp. 60.000,-

Agar tidak kehabisan kursi, teman-teman dapat membeli tiket XTrans melalui online. Keuntungan yang kita dapat adalah bebas memilih jadwal yang sesuai kebutuhan. Pembayarannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Tidak perlu antri di pool.

xtrans jakarta bandung

Pengalaman naik XTrans dari Jakarta ke Bandung sendirian lumayan menyenangkan. Disain bangkunya nyaman, ACnya dingin, bonusnya menikmati pemandangan jalan yang indah.

Setelah perjalanan 3 jam, sampailah saya di Pasteur untuk kemudian lanjut eksplor kota Bandung.

the-lodge-maribaya

Dilihat dari segi apapun, Bandung bagi saya kota yang amat menyenangkan. Makanannya enak-enak, masyarakatnya ramah, kotanya sejuk. Selain itu banyak sekali rekomendasi jalan-jalan di Bandung yang murah meriah. Tapi kalau ingin wisata alam, tinggal melipir saja ke kawasan Maribaya, Ciwidey, atau ke Tagkuban Perahu.

Omong-omong Bandung, saya kok jadi pengin ke sana lagi ya. Adem ngangenin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top