Pengantin Baru pindah ke Jakarta. Pilih Ngekost atau Ngontrak?

Pengantin Baru pindah ke Jakarta. Pilih Ngekost atau Ngontrak? Pertimbangan rumit ini harus sudah ada jawaban sesaat setelah janur sudah melengkung. Kecuali pasangan yang sudah punya tabungan banyak dan mampu membeli rumah sendiri.

Jakarta. Membayangkan hiruk pikuknya saja membuat saya pusing. Belum lagi biaya hidup yang tinggi yang sulit diajak kompromi. Mencari tempat tinggal bersama pasangan, itu bukan perkara mudah. Iya, bahagia, sih bahagia. Tapi kalau nggak punya tempat tinggal, mau ngemper berdua? Hehe

Lah ngapain tiba-tiba mikirin nasib pengantin baru yang pindah ke Jakarta, Yun?

Ehehe, nggak. Cuma pingin menyalurkan hasrat saja karena beberapa hari ini saya sedang memikirkan teman yang tak lama lagi akan menikah dan berencana pindah ke Jakarta.

Pengantin Baru pindah ke Jakarta. Pilih Ngekost atau Ngontrak?

Saat mendengar teman akan menutup masa lajangnya, jelas saya ikut bahagia. Tetapi ketika dia menyampaikan keinginannya untuk pindah ke Ibukota, jauh dari lubuk hati terdalam, saya merasa tidak tega.

Bagaimana bisa tega kalau dia hidup di perantauan. Di Jakarta tidak ada teman. Sementara sebagai istri, dia berinisiatif mencari pekerjaan baru di sana. Kenapa tidak tinggal di Surabaya saja, yang sudah jelas pekerjaannya, ritme hidupnya sudah teratur, banyak saudara, banyak kawan, dekat dengan orang tua?

Tapi itulah pilihan, senang tidak senang, tak lama lagi saya dan dia akan tinggal berjauhan. Hiks, sedih.

Kemudian iseng saya mencari tau tempat tinggal yang cocok bagi pasangan muda di internet. Ternyata banyak sekali website yang menawarkan hunian terjangkau. Mulai dari kost-kostan, kontrakan rumah, hingga sewa apartemen. Salah satunya adalah YukStay.

Mencari Kostan di Jakarta

YukStay merupakan platform sewa apartemen co-living yang menawarkan Sewa Kost Bulanan dengan berbagai pilihan harga. Saya tertarik dengan konsepnya yang sepertinya cocok bagi keluarga baru, profesional muda, dan mahasiswa sebagai hunian nyaman.

Lokasi apartemen yang ditawarkan YukStay banyak dan lumayan strategis. Kebanyakan dekat dengan pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran, dan rumah sakit.

Ada 3 konsep type kamar apartemen yang bisa disewa melalui YukStay, yakni:

Konsep Whole Unit

Konsep ini adalah sewa 1 unit ruangan apartemen dengan fasilitas full furnished yang sudah siap huni. Ada ruang tidur, dapur, dan kamar mandi. Type kamar jenis ini cocok disewa keluarga baru. Hunian minimalis, praktis, dan nyaman.

Konsep Co-Living

Co-Living adalah sewa 1 unit ruangan apartemen yang dapat digunakan bersama beberapa teman. 1 penyewa memiliki kamar pribadi, namun untuk penggunaan ruangan lain seperti dapur, kamar mandi, ruang tamu digunakan bersama-sama.

Kost-an

Kost-an ini lebih cocok bagi profesional muda yang senang tinggal di kawasan bebas. Kawasan perumahan yang dilengkapi parkir, ruang tinggal dan kamar mandi.

Jadi, Ngekost apa Ngontrak?

Bila ditanya ngekost apa ngontrak, untuk pengantin baru saya lebih milih ngontrak. Untuk gambaran saja, Sewa Kost Jakarta Barat saat ini harganya berkisar Rp. 2 juta per bulan. Sudah termasuk perabotan dan semuanya.

Sementara kalau ngontrak, bayar sewanya dihitung tahunan. Memang, butuh biaya besar untuk pasangan membayar biaya kontrakan, tetapi minimal setahun mereka tidak pindah tempat tinggal. Apalagi kalau lingkungan sudah cocok satu sama lain dan dekat dengan tempat kerja. Hidup lebih tenang karena tidak setiap bulan nyisihin biaya buat bayar kostan.

Menurut teman-teman yang baru nikah, lebih baik ngekost atau ngontrak, ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *