Berat Badan Cenderung Menurun, Hati-hati gejala Diabetes

Diabetes atau yang kita kenal sebagai sakit kencing manis bisa dialami siapa saja. Penyakit yang disebabkan karena kadar gula tinggi ini dapat berdampak panjang pada kesehatan tubuh. Bagi yang memiliki berat badan cenderung menurun, hati-hati gejala diabetes!

Bahagia-bebas-diabetes

Beberapa kali bertemu orang yang menderita diabetes, membuat saya berhati-hati sekali mengkonsumsi gula atau makanan-makanan yang cenderung memiliki legit akut. Alhamdulillah beberapa kali ngecek darah, angka glukosa dalam tubuh saya terpantau normal. Tapi bukan berarti aman. Tetap harus jaga jarak dengan sesuatu yang manis.

Berat Badan Cenderung Menurun, Hati-hati gejala Diabetes

Awal bulan lalu saat menghadiri pernikahan teman kantor, saya bertemu dengan teman-teman lama. Salah satunya Us. Sebut saja begitu lah ya biar gampang manggilnya, hehe.

Ketika bertemu Us, pertanyaan pertama yang saya ajukan kepadanya bukan kabar dirinya. Tapi Ibunya. Saya tau, Ibu Us adalah penderita diabetes.

Tes-gula-darah-untuk-diabetes

8 tahun tak bertemu membuat saya penasaran akan kesehatan ibunya. Berharap dalam keadaan baik.

Ah, memang, butuh strategi rumit untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh agar terjaga normal, terlebih bagi yang sudah menyandang penderita. Akan tetapi, setidaknya Us tidak setiap hari makan nasi wadang terus menerus.

Ada yang tau nasi wadang?
Nasi wadang itu nasi sisa hari kemarin. Menurut Us, nasi wadang sangat bagus dikonsumsi Ibunya sebagai penderita diabetes agar kadar gula darahnya selalu terjaga.

Meski lebih nikmat makan nasi yang baru dimasak, banyak orang merekomendasikan makan nasi wadang untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Ibu saya sudah almarhumah, mbak” kata Us. …”meninggalnya 7 bulan yang lalu”

Saya langsung diam. Teringat dulu Us harus sering memaksa ibunya untuk kontrol rutin dan rajin menjaga asupan makannya. Ketika kondisi ibunya drop, Us bahkan harus bolos kerja.

Diawal pertemuan badan Ibu Us memang gemuk, terakhir-terakhir saya perhatikan cenderung mengurus. Tidak hanya Us saja, karena jarang ke dokter, Ibu Us juga tak menyangka sel di tubuhnya ada gangguan tidak dapat menyerap glukosa dalam darah.

Kadar Gula Normal dalam Tubuh

Zat gula sejatinya sangat penting untuk manusia. Fungsinya sebagai sumber energi bagi tubuh. Tetapi terlalu banyak gula juga tidak bagus. Jadi, berapa sih, normalnya angka kadar gula dalam tubuh?

Cek-gula-darah

Hmm, sebenarnya kadar gula seseorang mudah sekali berubah. Apalagi yang masih sulit mengendalikan rasa manis. Bahkan sebelum dan sesudah makan saja, kandungan kadar gula bisa jadi berubah.

Informasi yang saya dapat dari Pusat Kesehatan Masyarakat, menyebutkan bahwa:

Sebelum makan kadar gula darah normal manusia antara 70-130 mg/dL

Setelah makan (kurang lebih 2 jam), kadar gula darah normal tidak lebih dari 140 mg/dL

Saat puasa, atau setidaknya tidak makan selama rentang 8 jam, kadar gula normal dibawah angka 100 mg/dL

Malam sebelum tidur, kadar gula normal antara 100 – 140 mg/dL

Untuk memantau kandungan gula darah dalam tubuh petugas kesehatan rata-rata menyarankan agar rutin kontrol minimal 2-3 bulan sekali.

Kenali tanda-tanda gejala Penyakit Diabetes

Pengidap diabetes cenderung sulit dikenali tanda-tandanya karena berkaitan dengan hal-hal kecil yang justru jarang kita duga penyebabnya.

Berikut ini beberapa tanda-tanda gejala penyakit Diabetes, antara lain:

  1. Berat Badan Menurun lebih cepat meski nafsu makan meningkat
  2. Mudah haus meski sudah minum berkali-kali
  3. Sering buang air kecil saat malam hari
  4. Ketika memiliki luka luar, penyembuhannya lama
  5. Mudah lelah dan sering merasa lemas

Bila gejala di atas pernah teman-teman rasakan, sebaiknya segeri hubungi dokter untuk konsultasi.

Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan. Tapi jangan takut, kita bisa kok mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan cara:

Jaga Asupan Karbohidrat

Kita terbiasa makan dengan nasi. Karena nasi memiliki kandungan karbohidrat tinggi, solusinya ganti nasi dengan umbi-umbian, gandum, kacang-kacangan, juga sayur-sayuran.

Makan rutin sesuai jadwal

Penderita diabetes cenderung mudah lapar. Untuk menjaga kenyang tetap stabil, makanlah secara rutin sesuai jadwal dengan porsi yang telah diatur. Bila ingin menambah porsi, ngemil bisa jadi alternatif yang baik. Tapi milih camilannya yang mengandung nutrisi

Makan makanan manis yang cukup

Kata siapa penderita diabetes tidak boleh makan makanan manis? Boleh, tapi dijaga takarannya. Kalau nggak makan manis, tubuh malah gak dapat energi, dong

Rajin Olahraga

Poin ini sangat penting. Semua orang wajib melakukan olahraga. Minimal menggerakkan tubuh, jalan kaki, agar aliran darah lancar dan gula darah dalam tubuh tetap stabil

Konsultasi Diabetes Online melalui Halodoc

Konsultasi dokter tidak selalu harus ke klinik atau rumah sakit. Kini, teman-teman bisa memanfaatkan smartphone untuk berhubungan langsung dengan dokter.

Aplikasi-Halodoc

Adalah Halodoc. Aplikasi Layanan aplikasi kesehatan yang dapat diakses kapan saja untuk seluruh anggota keluarga dengan basis digital.

Halodoc akan menghubungkan teman-teman dengan dokter yang berpengalaman secara gratis. Baik komunikasi melalui chat, voice maupun video call. Mudah, langsung terhubung dengan dokter kurang dari 3 menit dan dokternya siaga selama 24 jam!

Konsultasi-dokter-online-dengan-aplikasi-Halodoc

Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli obat secara langsung melalui Halodoc. Cukup upload resepnya, obat akan diantar ke rumah dengan biaya pengiriman gratis.

Ingin melakukan pemeriksaan Laboratorium di rumah? manfaatkan saja paket pemeriksaan beserta jadwal yang ditentukan, maka petugas lab akan datang ke rumah.

Beli-obat-melalui-aplikasi-halodoc

Bagi penderita Diabetes yang kesulitan menghubungi dokter, manfaatkan saja aplikasi Halodoc agar kebutuhan medisnya segera tertangani. Yuk cek berat badan sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *