Investasi aman bagi pemula
Keuangan

Investasi Online Yang Aman Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Tahun 2015 merupakan titik balik saya terjun di dunia investasi. Waktu itu saya tidak mematok ekspektasi tinggi, yang ada di pikiran saya hanya nabung, nabung, dan nabung. Berbekal uang Rp. 5 juta mulanya saya membeli logam mulia seberat 10 gram, namun seiring waktu berjalan ternyata ada instrumen lain yang lebih menarik yakni melalui investasi online bagi pemula dengan modal kecil

Deposito bagi pemula
Image: Freepik

Hmm, ternyata untuk memulai investasi nggak melulu harus punya modal besar, punya uang Rp. 100.000 saja sudah bisa melakukan investasi! Karena waktu itu masih pemula pengetahuan saya belum sampai ke sana, meski terlambat tau, saya tidak kecewa, toh sekarang nilai 10 gram emas sudah mengalami perkembangan yang luar biasa.

Satu kunci penting yang wajib dipegang ketika ingin investasi, jangan menaruh telur dalam keranjang yang sama supaya ketika jatuh tidak semua pecah berbarengan. Maksudnya jika menyimpan aset jangan dalam 1 instrumen, gunakan beberapa jenis investasi supaya satu sama lain saling mendukung.

Investasi Yang Aman Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Banyak orang berpikir untuk memulai investasi harus memiliki harta yang banyak, padahal nggak begitu lho. Namanya nabung nggak usah ngoyo. Ibarat peribahasa, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Dinikmati aja prosesnya, lama-lama akan tau hasilnya.

Investasi Online
Image: Freepik

Pengalaman investasi memberi saya banyak pengetahuan instrumen apa saja yang aman dilakukan oleh pemula, diantaranya:

Nabung Emas

Investasi emas dinilai aman, bahkan orang-orang tua kerap merekomendasikan perhiasan sebagai pilihan tabungan keluarga. Sesuai pengalaman saya, walau sifatnya liquid, emas membutuhkan waktu lama untuk dapat menikmati hasilnya. Minimal 5 tahun-lah

Deposito

Seperti emas, deposito juga menjadi pilihan investasi yang aman. Kita bisa mengatur nominal dengan jangka waktu sesuai kebutuhan. Semakin besar nominalnya dan semakin panjang tenornya, maka hasil yang didapat terasa maksimal. Akan tetapi beberapa bank ada yang menerapkan deposito dengan nominal minimal Rp. 10 juta dan potongan pajak bunga.

Reksa Dana

Instrumen reksa dana akhir-akhir ini sedang marak dan diminati orang. Banyak peluang yang dapat dihasilkan di investasi ini karena reksa dana memiliki beberapa jenis, diantaranya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tidak tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Nilainya pun beragam, mulai Rp. 10 ribu. Jika tertarik investasi ini, saran saya pelajari betul secara seksama karena rentan mengalami fluktuatif

P2P (Peer to Peer) Lending

Investasi P2P Lending merupakan investasi yang saat ini sedang dilirik banyak orang. Dengan modal yang cenderung kecil, kita bisa menjadi seorang pendana. Tenang saja, kita tidak harus berurusan langsung dengan individu, namun ada perusahaan yang mengatur dan mempertemukan antara pemberi pinjaman dan peminjam sehingga ada jaminan uang kita kembali.

Salah satu perusahaan P2P Lending di Indonesia adalah Modalku, yaitu platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan pendana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membentuk dunia keuangan lebih inklusif

Investasi Online di Modalku, Dukung UMKM Indonesia modal 100 Ribu Rupiah!

Platform pendanaan UMKM berbasis teknologi finansial, Modalku hadir memudahkan pengusaha UMKM dalam mendapatkan modal usaha. Tak tanggung-tanggung, Modalku dapat memberikan pinjaman hingga Rp. 2 Miliar tanpa agunan!

Di sisi lain, kita pun dapat juga mendukung UMKM Indonesia dengan cara menjadi pendana di Modalku. Menariknya, kita dapat mendanai UMKM dengan nominal terjangkau dan bunga menarik.

Investasi untuk pemula di ModalkuKeunggulan investasi di Modalku sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM Indonesia adalah:

– Mendanai UMKM Indonesia dengan nominal sangat terjangkau, yakni mulai 100 ribu Rupiah!
– Imbal hasil yang ditawarkan menarik, tingkat bunga hingga 17% per tahun
– Tenor Pendanaan dapat disesuaikan, mulai 1 hingga 24 bulan
– Risiko terkendali karena platform Modalku resmi dan berizin serta diawasi oleh OJK
– Proses pendanaan mudah, dapat dilakukan melalui online

Segala keunggulan yang ditawarkan oleh Modalku, saya pikir investasi ini cocok banget dijadikan sebagai passive income sekaligus untuk meningkatkan nilai uang. Daripada cuman ditabung aja malah habis dikuras biaya administrasi, hehe

Nah dari beberapa pilihan investasi yang aman untuk pemula dengan modal kecil di atas, kalian tertarik yang mana? Apapun pilihannya yuk mulai nabung dari sekarang buat persiapan masa depan!

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.