Cara Kirim Uang Tanpa Rekening melalui ewallet
Keuangan

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening yang Mudah dan Cepat

Seiring kemajuan zaman, semakin banyak inovasi teknologi baru yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Salah satunya adalah kirim uang tanpa rekening. Meskipun rasanya hampir tidak mungkin, faktanya masyarakat di Indonesia masih banyak yang belum memiliki rekening. Alasan yang sering ditemui adalah tempat tinggal yang tidak terjangkau oleh bank.

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening

Padahal hari gini apa sih yang tidak mungkin, membuat rekening bank sekarang, kan, bisa online dari mana saja dan tak harus datang ke bank. Cukup siapkan smartphone dan akses internet memadai. Entahlah ya, orang memiliki alasan masing-masing juga, hehe

Tapi tenang saja, buat kalian yang tidak memiliki akun bank, saat ini ada cara kirim uang tanpa rekening yang mudah dan cepat. Apa saja? Inilah beberapa cara tersebut!

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening

Melalui Minimarket

Kirim uang melalui minimarket
Source Freepik

Umumnya, minimarket digunakan hanya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Saat ini, kamu bisa mengirim uang tanpa perlu memiliki rekening melalui minimarket. Perlengkapan yang perlu disiapkan meliputi kartu identitas diri (KTP/SIM) dan membawa jumlah uang yang akan dikirim.

Saat mengunjungi gerai minimarket terdekat seperti Alfamart, beritahu kasir kamu ingin melakukan transfer uang, maka kasir akan memberikan formulir transfer uang untuk diisi dengan data-data diri dan penerima uang. Untuk transfer bisa menggunakan uang pecahan dengan limit transfer minimum Rp10.000 hingga maksimum Rp5.000.000.

Setelah melengkapi formulir, berikan kepada kasir jumlah uang untuk transfer dan formulir tersebut. Pastikan untuk meminta kode MTCN (Money Transfer Control Number) sebagai bukti transfer agar penerima uang dapat mencairkan uang yang tersebut.

Setor Tunai

Cara Kirim uang setor tunai
Source Freepik

Setor tunai di bank adalah salah satu cara kirim uang yang sudah banyak diketahui oleh sebagian masyarakat. Caranya mudah, langsung datangi bank terdekat dengan membawa sejumlah uang yang ingin dikirimkan dan Kartu Identitas. Temui petugas yang berjaga di pintu dan minta nomor antrian untuk menuju ke teller bank beserta formulir untuk diisi.

Jika nomor antrian dipanggil, beritahu kepada teller bank ingin melakukan transfer uang dan berikan formulir yang sudah diisi. Setelah selesai, transaksi akan diproses oleh bank sampai transfer berhasil dilakukan. Namun, agar bisa transfer uang tanpa memiliki rekening ini penerima uang harus memiliki rekening.

Transfer Uang Melalui Kantor Pos

Saat kamu mendengar kata ‘kantor pos’, kemungkinan yang terlintas adalah media untuk mengirim surat atau barang. Padahal, kantor pos juga bisa mengirim uang yang disebut dengan wesel. Cara melakukannya, kunjungi kantor pos terdekat dan temui petugas untuk mengirim uang.

Petugas kantor pos akan langsung mengantar wesel ke penerima yang bisa dicari di kantor pos terdekatnya juga. Namun, pastikan cabang kantor pos ada di daerah penerima wesel karena tidak setiap daerah terjangkau oleh kantor pos, terutama daerah pelosok. Kelebihan dari cara mengirim uang ini, penerima transfer uang tidak perlu memiliki rekening.

Aplikasi Dompet Digital

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening melalui ewallet
Source: Vectorstock

Cara kirim uang menggunakan transaksi tanpa atm yang bebas biaya yang terakhir adalah menggunakan aplikasi dompet digital. Sejak adanya pandemi Covid-19, aplikasi dompet digital memang semakin diminati. Hal ini karena penggunaannya sangat simpel dan praktis sehingga tidak mengharuskan untuk memiliki rekening bank terlebih dahulu.

Mulailah dengan membuat akun menggunakan nomor ponsel yang aktif dan mengisi data diri di aplikasi tersebut. Untuk melakukan transfer, tinggal melakukan top up saldo dompet digital terlebih dahulu. Transfer menggunakan dompet digital pengirim dan penerima tidak perlu memiliki rekening.

Cukup dengan menggunakan nomor ponsel penerima uang sebagai nomor tujuan transfer. Uang yang dikirim dan biaya transfer akan otomatis dipotong dari total saldo e-wallet yang Anda miliki.

Itulah cara kirim uang tanpa rekening yang mudah dan cepat. Berbagai cara tersebut bisa mempermudah Anda untuk melakukan transaksi jual beli meskipun tidak memiliki rekening. Selamat mencoba berbagai cara ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.