Kuliner,  Piknik

Kopi Sontoloyo Malang, Resto Ndeso di tengah Kebun Jati

Awal Oktober lalu saya ke Malang untuk mengunjungi Kopi Sontoloyo Malang, resto Ndeso di tengah kebun jati. Beberapa saat terakhir tempat makan ini sedang popular dikalangan foodies dan traveler karena konsepnya pedesaan yang sederhana dan unik.

Kopi Sontoloyo Malang

Namanya Kopi Sontoloyo. Dalam KBBI arti sontoloyo sendiri adalah konyol, bodoh. Lebih gampangnya manusia nggak beres. Sementara menurut Wikipedia, sontoloyo merupakan tukang angon bebek alias penggembala itik. Seumur-umur jadi orang Jawa, kok baru tau sih sebutan ini, pantesan di halaman resto terdapat gerobak kayu jaman dulu yang biasa digunakan petani untuk angon sapi.

Saya nggak tau kenapa pemiliknya menggunakan nama Kopi Sontoloyo padahal untuk menu sendiri tidak spesifik kopi. Ada cokelat, teh, wedhang-wedhangan, sinom kencur, bahkan di sana menyediakan menu makanan berat kayak nasi lodeh, nasi paru, bakmi sontoloyo dan lain-lain. Tak ketinggalan sate usus, gorengan, lopis, juga singkong goreng.

Lokasi Kopi Sontoloyo Joyo Agung Malang

Jalan Joyo Agung kecamatan Lowokwaru kota Malang memang memiliki keistimewaan. Kontur jalannya menanjak dengan aspal yang mulus dan sepanjang mata memandang terdapat sawah dan perkebunan jati yang asri.

Sebenarnya bukan sekali ini aja saya ke Kawasan ini, beberapa tahun lalu saya pernah cangkrukan di Cokelat Klasik, kafe menyenangkan dengan suasana yang tak kalah unik dengan Kopi Sontoloyo. Ternyata kedua tempat makan ini bertetanggaan jadi memungkinkan sekali kalau suatu saat saya makan siang di Kopi Sontoloyo lanjut makan malam di Cokelat Klasik, hehe..

Diapa-apain, Malang memang surganya makanan. Dari yang unik sampai yang nyleneh ada, rata-rata harganya murah meriah.

Adapun lokasi Kopi Sontoloyo berada di Jalan Joyo Agung 184A Merjosari, Lowokwaru, Malang. Saya cek dari google maps, jaraknya kurang lebih 3 km dari daerah Dinoyo. Kawasan ini kalau malam ademnya pol khas kota Malang jaman dulu. Jaman sekarang agak panasan walau tak sepanas suhu di Surabaya, hehe.

Kopi Sontoloyo Malang, Resto Ndeso di tengah Kebun Jati

Kebun Jati Kopi Sontoloyo

Saya tiba di Kopi Sontoloyo kurang lebih jam 10 pagi. Karena baru pertama kali, saya langsung dibuat gembira mendapati bajaj orange dipajang manis di pelataran bersanding dengan tempat cuci tangan. Belum-belum saya udah aja sibuk foto-fotoan dan video, dasar wong Suroboyo ndeso! Haha..

Setelah memastikan tangan bersih, saya masuk ke dalam resto yang berbentuk rumah Jawa berdinding kayu. Berbagai ornamen retro seperti kotak surat, kentongan kayu, hingga tumbukan alu dari batu mewarnai jalanan pintu masuk. Tak ketinggalan saya disambut dengan meja selamat datang berisikan hand sanitizer, kendi, dan patung sepasang penganten (patung loro blonyo) yang diartikan sebagai simbol kemakmuran.

Rumah Joglo Kopi Sontoloyo

Di dalam rumah itu terdapat beberapa bangku kayu besar untuk makan pengunjung. Di sebelah kiri terdapat toples berisi kopi-kopian, minuman botol, serta meja pemesanan dengan tulisan ABDULLA CIGARETTES dan beberapa lembar wayang kulit. Oiya walau konsep ndeso, pemilik juga menyediakan kartu Uno juga lho!

Setelah memesan es cokelat dan tahu petis, saya mencari tempat duduk di halaman belakang. Pagi itu masih sepi sehingga saya bebas berjalan di atas jalan setapak yang dibuat dari potongan kayu. Jujur saya menyukai konsep jalan ini. Alih-alih karpet merah, saya malah terpesona dengan hamparan kayu glondongan, hehe..

Pilihan tempat duduknya banyak. Bisa di bawah pepohonan jati yang rindang, duduk ramai-ramai di pendopo, atau lesehan di dalam rumah kayu mungil.

Dari sekian bangku nyaman, saya memilih duduk di salah satu pondok. Kebetulan samping kiri terdapat ladang yang sedang digarap oleh pemiliknya. Sambil makan, saya bisa lihat orang mencangkul di ladang. Anginnya sejuk, apalagi resto nyetel lagu-lagu bernuansa Jawa.

Papan Tulisan di Kopi Sontoloyo

Lucunya, beberapa pohon ada tempelan tulisan kayu yang membuat pembacanya mesam-mesem. Meski di tengah kebun jati, toilet resto Kopi Sontoloyo lumayan bersih yang dilengkapi wastafel dan sabun.

Menu Kopi Sontoloyo Malang

Meja Pemesanan Kopi Sontoloyo

Saat membaca halaman menu di Kopi Sontoloyo Malang, tiba-tiba saya teringat dengan Warung Mbah Cokro Surabaya di Prapen. Suasana dapur, meja pemesanan, dan tempat duduknya sebagian besar mirip. Warung Indonesia banget!

Di resto ini kita tak hanya mendapatkan suasana ndeso saja, tetapi juga sajian makanannya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Harganya standar-lah untuk ukuran kafe. Seperti aneka minuman harganya mulai 9 ribu. Cemilan mulai 10 ribu seperti singkong goreng, tempe mendoan, tahu petis, kolak, jadah, dan lain-lain.

Sialnya, keasikan foto dan video saya lupa foto makanannya! Soalnya ketika disajikan saya sedang keliling, dan begitu balik makanannya sudah habis separuh, haha.. Apalagi sambil diajak ngobrol istri temannya suami yang lagi diet, fokus makan saya jadi ilang.

Mystery Box #OktoBERHADIAH Aplikasi My Smartfren

Sambil menunggu para lelaki ngobrol, saya menikmati dunia saya sendiri. Chatting sama teman-teman, nyari-nyari sesuatu di marketplace sesekali buka-buka aplikasi di HP mencari sesuatu yang menarik. Lalu saya ingat hari itu belum absen di aplikasi MySmartfren untuk mengejar perjalanan mencari harta karun Oasis.

#OktoBERHADIAH MySmartfren

Bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada bulan Oktober, aplikasi MySmartfren turut memeriahkan dengan mengadakan program #OktoBERHADIAH. Caranya sangat gampang, cukup menukarkan Smartpoin dengan hadiah menarik.

Berbagai macam voucher seperti voucher belanja, voucher hiburan, voucher hotel, asuransi bisa didapatkan secara gratis hanya dengan menukarkan Smartpoin mulai 10 Poin saja. Teman-teman juga bisa menukarkan poin dengan paket data atau pulsa internet Smartfren.

Promo #OktoBERHADIAH di aplikasi My Smartfren berlangsung mulai 18-31 Oktober 2021. Yuk, download aplikasi My Smartfren sekarang juga supaya makin cepet ngumpulin poinnya dan buruan ditukar.. tukar.. tukar.. supaya poinnya berfaedah. Sambil ikutan mencari harta karun di WOW Treasure Hunt siapa tau beruntung dapat miliaran rupiah!

Jangan lupa biar poinnya terus nambah, sering-sering transaksi di Aplikasi MySmartfren. Shocktober saya kali ini mendapat bonus special cashback 25% untuk isi pulsa minimum 20 ribu. Asik banget.. ngumpulin pulsa buat dibelikan paket internet unlimited 3 bulan sekaligus!

Kayaknya suatu saat saya harus ke Kopi Sontoloyo Malang, Resto Ndeso di tengah Kebun Jati lagi sekaligus menjelajah kafe malam di Joyo Agung yang indah-indah. Sambil ngonten tentu saja..

Leave a Reply

Your email address will not be published.