Kecantikan

Cincin Aji Perak dan Kolaborasi Kewirausahaan Teman Kreasi Blitar

“Ini mbak contoh ukuran cincinnya” seorang jejaka muda menyerahkan serenceng logam berlubang seukuran jari dengan bermacam-macam bulatan.

Saya menerima gepokan cincin silver itu dengan semangat kemudian memasukkan satu per satu iseng ke dalam 5 jemari untuk mencari ukuran angka yang pas.

“Cincin silver itu unik. Harga lebih murah dari emas, nyaman dipakai dan kalau dipakai lama nggak bikin gatal kulit.” Katanya lagi.

Hmm, sudah sejak lama saya penasaran dengan kerajinan perak, menurut saya perhiasaan ini terbilang unik. Warna peraknya berkilau dan konon logam mulia ini memiliki manfaat kesehatan bagi manusia. Sifat antibakterinya dapat mencegah infeksi pada kulit.

Dan, jejaka muda yang saya sebutkan di atas adalah Pandu Aji, kenalan lama yang juga teman seprofesi blogger. Beberapa kali jalan bareng dengan Pandu, saya inisiatif mampir ke rumahnya di Blitar yang juga dijadikan sebagai markas berkumpul teman sekomunitasnya.

Usaha Cincin Perak hasil Nelateni Nganggur Berbasis Kompetensi

Menurut saya Pandu pemuda yang kreatif, Ia memiliki slogan hidup menarik, Nelateni nganggur berbasis kompetensi. Nganggur lek ditelani hasile lumayan. (Nganggur kalau ditekuni hasilnya lumayan). Pun usaha Aji Perak sukses berjalan dari hasil nelateni nganggur.

Slogannya keren dan kocak, tapi kalau dipikir-pikir kok ya bener, haha..

Hasil ngobrol bersama pemuda Blitar, rupanya perhiasan perak kerap dijadikan sebagai cincin pernikahan. Wow, terkesima saya, ternyata cincin nikah gak melulu dari emas dan berlian! Itu diakui oleh Pandu sendiri bahwa ketika musim rabi (orang nikah) pesanan cincin perak mengalami peningkatan.

Saya pun penasaran dengan hasil karya cincin Aji Perak dan ngepoi akun Instagram @ajiperak. Di sana ada 51 postingan cincin dengan model beraneka rupa. Rata-rata bentuknya sederhana. Polos, tebal dan lebar. Ada yang dengan tambahan mata.

Sebagai pengrajin, Aji Perak berusaha memberikan layanan maksimal dengan memberi kebebasan kepada pelanggannya, “pesan satu aja dilayani, mbak!” katanya. Aji Perak juga menerima permintaan model sesuai pesanan, namun karena keterbatasan pengrajin, dirinya belum bisa mengerjakan semua model cincin.

Ah ya, yang paling membuat saya terkesan dengan Aji Perak, waktu pengerjaannya relatif singkat, seminggu jadi. Padahal normalnya dua mingguan. Aji Perak dapat membuat cincin single, cincin couple tunangan/nikahan dengan benefit GRATIS Ukir Nama!

Produksi Cincin Perak

Cincin Aji Perak dan Kolaborasi Kewirausahaan Teman Kreasi Blitar

Melihat peluang yang baik ini, Aji Perak melakukan kolaborasi dengan Teman Kreasi Indonesia yang diprakarsai oleh Smartfren. Sejak didirikan Juni 2019, saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota seluruh Indonesia.

Daerah yang saat ini memiliki Teman Kreasi adalah Tangerang, Tangerang Selatan, Bandung, Cirebon, Kuningan, Bekasi, Cilacap, Pati, Pekalongan, Tegal, Blora, Garut, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Blitar, Subang, Surabaya, Serang, Depok, Bali, Lampung, Tanah Laut, Gowa, Purwokerto, Malang Raya, Pekanbaru, dan Natuna dengan segala rupa produk unggulan kreatif seperti kerajinan, kuliner, fashion, makanan ringan, hingga digital marketing.

Teman Kreasi Indonesia sendiri merupakan wadah untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi melalui potensi UMKM kreatif dan digital. Seperti halnya Aji Perak, Ia memiliki peluang besar untuk mengenalkan produknya ke banyak jaringan.

Smartfren Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Setelah sukses meraih IDX Award Integrated Community Development tahun 2020 melalui Smartfren Community, tahun 2021 Smartfren kembali mempertahankan penghargaan IDX Award bidang Sustainability, yakni Sustainable Innovative SME Development 2021 melalui Teman Kreasi.

Smartfren IDX Award

IDX Award merupakan Anugerah Inovasi Indonesia yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada berbagai pihak atau perusahaan. Aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Kehadiran Teman Kreasi Indonesia sebagai bagian dari Smartfren Community memberikan dampak yang bagus tak hanya bagi member komunitas tapi seorang leader juga diharapkan mampu meng-influence lingkungan sekitar melalui produk lokal dan benefit profit usaha. Melalui kegiatan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM dapat memasarkan produknya secara online sehingga jangkauan pasarnya lebih luas.

Nah, tertarik bergabung menjadi bagian Teman Kreasi Indonesia? Yuk gabung dengan Smartfren Community!

22 Comments

  • Rahmah

    Keren Smartfren
    Semoga semakin banyak UMKM yang menjadikan kreativitas sebagai bentuk atau jalan terus bangkit
    Apalagi jika produknya bisa dikenal lebih luas dengan Teman Kreasi

  • Lusi

    Waktu masih tinggal di luar Jawa barutau kalau perhiasan perak bisa diperjual belikan seperti emas. Laris banget! Kalau di Jawa aku taunya cuma emas. Padahal perak yg aku lihat itu asalnya dari Jawa semua.

  • Lidya

    Asyik juga ya kalau bisa pesan cincin sesau dengan selera kita motifnya. Di Aji perak pengerjaannya cepat bikin pelanggan puas nih. Kolaborasinya dengan Teman Kreasi Indonesia bisa meningkatkan kokreasi & kewirausahaan sosial juga. Selamat buat Smartfrens yang berhasil meraih IDX Award

  • Reyne Raea

    Smartfren keren banget ya, membantu UMKM untuk lebih berjaya.

    Btw, perhiasan perak itu sebenarnya bagus ya, apalagi bisa dipake laki buat sholat ya, ketimbang emas.
    Make emas aja, jujur lebih suka yang putih ketimbang yang kuning hehehe.

  • Uniek Kaswarganti

    Nganggur lek ditelateni hasile lumayan… kocak bener ini prinsip Mas Aji. Memberikan semangat kepada banyak orang ya untuk tidak ngenes dengan nganggurnya tapi mengubahnya menjadi peningkatan kemampuan diri agar bisa mendapatkan kesempatan usaha yang sesuai dengan passion dan target pasarnya.
    Mantap nih Smartfren melalui Teman Kreasi merangkul UMKM agar lebih bisa menaikkan brandingnya.

  • Diah Alsa

    Teman Kreasi ini sudah menyebar kemana-mana ya Mbak, tiap Pulau kelihatannya sudah ada perwakilan ya, termasuk Sulawesi juga saya lihat ada Gowa ya 🙂
    cincin perak temannya cakep deh Mbak, bentuknya pun juga unik.
    Salut nih tuk Smartfren yang bisa memberi kesempatan kerjasama pada Para UMKM ya, apalagi di saat pandemi seperti ini pasti mereka memang sangat membutuhkan dukungan 🙂

  • Siska Dwyta

    Cincin perak kelihatannya juga tidak kalah cantik dan menawan ya dibanding cincin emas. Selain itu harganya juga sudah pasti lebih terjangkau. Btw salut juga nih dengan programnya Smartfreen yang mendukung UMKM lewat Teman Kreasi Indonesia.

  • Monica Anggen

    Teman kreasi Indonesia ini menyebar ke berbagai daerah ya, dan ini ada juga Teman Kreasi Blitar yang bantu banget pastinya untuk pengrajin perak di Blitar. Semoga semakin banyak daerah yang terlibat di program ini deh

  • Ika Puspita

    Waah, UKM bisa gabung ke Smartfren Community ya mba. Beberapa waktu lalu aku baca Teman kReasi yang ada di Pekalongan dan Bojonegoro juga. Kalo gitu bisa juga dari semua wilayah Indonesia dong ya, keren nih Smartfren

  • Eni Martini

    Dulu sebelum nikah aku hobby banget koleksi perhiasan perak karena dilhatnya art gitu, sampai hunting ke Kota Gede Yogyakarta. Kalau malam minggu mainnya ke Pasa Raya Blok M cuma buat ngamatin perak wkwkkw. Sekarang masih tersisa gak banyak karena pas nikah entah kemana hiks, padahal harganya memang lumayan dan bisa dijua lagi yang memiliki kode tertentu

  • Nia Haryanto

    Aduh, aku salfok dengan cincinnya. Cantik-cantik deh. Bikin kepengen punya. Hehehe, cewek gitu ya, lihat perhiasan cantik pasti aja kepengen. Btw, keren Smartfren Community. UKM bisa gabung. Pastinya mendapat banyak manfaat ya ke kedua pihak. Kudunya makiin banyak nih UKM yang tahu Smartfren Community.

Leave a Reply

Your email address will not be published.