Wisata Kuliner Malaysia
Kuliner

6 Kota Wisata Kuliner Di Malaysia

Wisata Kuliner Malaysia jadi kegiatan menyenangkan begitu tiba di negeri jiran. Nasi lemaknya nikmat menggoyang lidah. Nggak hanya di Kuala Lumpur aja lho ya, di negara bagian Malaysia yang lain juga memiliki makanan khas yang rasanya ajib banget. Selain menu yang dihidangkan, suasana tempat makannya juga benar-benar nyaman.

6 Kota Wisata Kuliner Di Malaysia

Jika ada kesempatan berkunjung ke negara tetangga paling dekat dengan Indonesia ini, alangkah baiknya menyempatkan diri berwisata kuliner ke beberapa kota di Malaysia. Beberapa daerah itu antara lain:

1. Ipoh

Di Ipoh banyak tempat makan bernuansa Tionghoa mulai dari hidangan berat hingga makanan ringan. Seringkali, orang Malaysia yang ingin ke Penang dari Kuala Lumpur, sengaja mampir sejenak di Ipoh untuk menikmati hidangan khas setempat.

Roti Telur Goyang IpohBeberapa makanan yang terkenal dan banyak direkomendasikan antara lain adalah ayam tauge, hidangan mie khas Hakka, serta hidangan penutup dari tahu sutra. Selain restoran, Anda juga bisa mencoba jajanan pasar yang tidak kalah enaknya, diantaranya roti telur goyang.

Anda bisa memilih untuk makan di dalam restoran atau di luar. Terdapat meja-meja besar untuk tamu yang ingin makan di luar restoran. Menikmati hidangan sambil mengamati sibuknya para penjual makanan di sekitar menjadi pengalaman tersendiri saat wisata kuliner di Ipoh.

2. Penang

Kalau bertanya pada orang Malaysia mengenai tempat wisata kuliner, mereka pasti akan menyebut Penang. Kota ini tidak hanya penuh dengan makanan enak, melainkan harganya juga murah jika dibandingkan dengan Kuala Lumpur.

White Coffee Ipoh

Beberapa makanan yang terkenal di Penang adalah assam laksa, char kway teow, nasi kandar, dan tentu saja hidangan seafood. Sekali-kali cobalah membeli makanan dari penjual di pinggir jalan untuk mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang berkesan.

Di Penang juga ada kafe-kafe dengan interior bernuansa vintage. Tidak hanya makanan yang enak, kafe-kafe ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik.

Karena sudah berada di Penang, sempatkan juga mengunjungi kafe kopitiam yang sudah berusia puluhan tahun. Di tempat-tempat seperti inilah Anda bisa menikmati kenikmatan kopi asli ditambah makanan pendampingnya.

3. Kuala Lumpur

Walaupun Kuala Lumpur adalah kota metropolitan, bukan berarti wisata kuliner Malaysia KL kalah asyik. Di sini banyak tempat-tempat makan yang menyajikan resep autentik.

Di antara stasiun kereta, banyak sekali kedai-kedai yang menyajikan menu Arab dan makanan medan melayu dengan harga yang terjangkau. Salah satunya kedai Mamak, warung pinggir jalan yang letaknya di seberang mall Nu Sentral. Beberapa warung di area ini buka 24 jam, jadi kalau lapar-lapar malam tinggal nggeser pantat aja.

Selain warung mamak, tentunya Kuala Lumpur punya tempat-tempat kuliner lainnya. Salah satunya di Jalan Alor yang tidak jauh dari area Bukit Bintang. Disini teman-teman bisa menemukan warung-warung dengan berbagai macam hidangan. Mulai dari khas Melayu, Tionghoa, hingga Vietnam.

Nasi Kandar

4. Melaka

Melaka tidak hanya asyik untuk wisata budaya dan sejarah, kota ini juga jadi tujuan wisata kuliner bagi banyak orang. Keragaman makanannya memang sayang untuk dilewatkan. Bahkan pada akhir pekan, teman-teman akan kesulitan menemukan warung makan yang sepi di area Jonker Street.

Salah satu hidangan yang terkenal di Melaka adalah sate celup. Berbeda dengan sate di Indonesia, saus kacangnya disajikan di atas kompor supaya tetap panas. Pilihan satenya juga beragam, ada daging, telur, bakso ikan, dan sayuran.

Sebagai oleh-oleh atau bekal makan selama perjalanan pulang, jangan lupa membeli jajanan pasar khas Malaysia atau kuih seperti kue putu piring tengkera. Rata-rata harga makanan di Melaka 4 ringgit sampai 25 ringgit per porsinya.

5. Perak

Satu lagi kota yang memiliki potensi wisata kuliner adalah Perak. Di kota ini teman-teman akan menemukan makanan yang resepnya terjaga turun temurun.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mampir ke restoran bubur seafood dari Matang. Teman-teman bisa memilih seafood yang diinginkan dalam bubur. Nggak hanya bubur, di sini juga tersedia berbagai makanan pendamping seafood.

Kalau teman-teman ingin mengunjungi Teluk Batik, bisa sekalian mencoba hidangan di restoran sekitarnya. Sebagaimana area dekat pantai, ada banyak hidangan seafood yang bisa ditemukan. Selain seafood, ada pula hidangan ayam yang dimasak dengan anggur atau ayam dengan bumbu telur asin.

Aneka kuih atau cemilan juga bisa ditemukan dengan mudah di sini. Cemilan yang terkenal di antaranya adalah kuih limas dan kuih kandas.

6. Sabah

Saat datang ke Sabah, cobalah makanan tradisionalnya. Yang khas di daerah ini adalah Kadazan-Dusun. Hidangan khas Kadazan-Dusun sulit untuk ditemukan di kota lain di Malaysia.

Hidangan ini terdiri dari nasi atau talas yang dibungkus dengan daun, ulat sagu, ikan mentah yang dibuat acar, serta hidangan pembuka yang dibuat dari jahe. Ada beberapa restoran yang menyajikan hidangan ini. Setidaknya sekali, kalian harus berani mencoba citarasa baru!

Di Sabah teman-teman juga bisa menemukan hidangan lainnya yang tidak eksperimental seperti buntut sapi yang dimasak asam pedas, mie dengan sup ikan, serta aneka seafood. Jika kalian bisa memakan makanan non halal, Sabah juga merupakan tempat yang pas untuk menikmati hidangan khas Hawker seperti mie babi dan tuaran mie dengan topping char siu.

Saat ke sini, sebaiknya menginaplah di Sabah. Pemesanan hotel bisa langsung dilakukan secara online lewat aplikasi atau website seperti Traveloka.

Malaysia

Nah, sebelum melakukan perjalanan, tentukan dulu rute atau destinasi yang dituju. Manfaatkan waktu dengan baik supaya ada kesempatan wisata kuliner Malaysia di kota-kota lainnya. Lebih penting lagi, selalu cek informasi terbaru mengenai persyaratan masuk Malaysia. Hal ini mengingat Malaysia sedang memberlakukan larangan untuk wisatawan hingga waktu yang belum ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.