Software ERP Manufaktur
Keuangan

Efektif kelola Gudang dengan Software ERP Manufaktur

Bagian gudang selama ini dianggap sebagai tugas belakang yang sering dikesampingkan, padahal kinerja mereka mati-matian menjaga stok barang agar proses transaksi antara marketing dan konsumen tidak mandeg di tengah jalan. Bahkan saat ini banyak perusahaan menggunakan software ERP manufaktur untuk mengelola sistem manajemen pergudangan supaya berjalan efektif.

Saya jadi ingat pengalaman beberapa tahun lalu ketika masih kerja di perusahaan sparepart komputer, tiada hari tanpa berantem dengan staf gudang. Sudah bukan rahasia kalau antara marketing dan gudang selalu ada gesekan apalagi sistem manajemen kami masih menggunakan cara manual. Kasus yang paling konyol dan sering terjadi adalah perbedaan stok antara jumlah di komputer dan barang fisik! Parah gak tuh? Bagian administrasi bisa mengeluarkan invoice dan surat jalan, sementara gudang tidak memiliki barang untuk dijual, haha..

Kelola Sistem Manajemen Gudang dengan Software ERP Manufaktur

Sebagai mantan karyawan, menurut saya kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya dinilai dari besarnya omzet yang didapat, tetapi juga kenyamanan bekerja bersama tim solid yang didukung oleh komunikasi terstruktur. Mulai dari meja marketing, administrasi, keuangan, gudang hingga bagian produksi, satu sama lain harus saling terkoneksi.

Saya pernah merasa payah menghadapi supplier hijab ketika belajar memulai usaha jualan jilbab. Melihat performa tokonya, saya yakin supplier ini bisa ‘dipegang’. Model jilbabnya banyak, warnanya banyak, harga juga bersaing dengan yang lain. Karena merasa klik, saya order dulu sebiji-sebiji semua model. Orderan pertama puas, artinya supplier ini benar-benar layak dijadikan ‘sandaran hidup’

Merasa kualitasnya bagus, orderan kedua saya langsung tancap gas membeli 2 kodi dengan model dan warna campur. Setelah transfer uang, dapat kabar kalau barang yang saya pilih kosong. Alasannya ada salah paham antara sales dengan gudang. Dari 40 biji pesanan saya yang ready cuma 7!

Buat saya bukan soal uang bisa dikembalikan atau tidak, tapi konsistensi jualannya itu yang penting. Masalahnya buat dijual lagi, kalau dari supplier sendiri sudah amburadul, gimana saya bisa jual? bahkan ketika saya datangi kantornya, antar staf seperti tidak ada koordinasi yang baik. Alih-alih meluruskan masalah yang ada mereka berantem sendiri. Praktek seperti inilah yang membuat laju perusahaan susah diajak maju, padahal teknologi sekarang sudah mumpuni, manajemen gudang bisa dikelola menggunakan software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan

SystemEver, Software ERP Terbaik Industri Manufaktur Pergudangan

software erp manufaktur pergudangan terbaikJika selama ini pengelolaan bisnis dijalankan dengan cara manual, maka penggunaan software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan dapat membantu perjalanan bisnis jadi lebih efektif dan efisien. Sistem informasi manajemen sebuah perusahaan lebih akurat dan realtime di manapun dan kapan pun sehingga memudahkan mengambil keputusan bisnis yang baik berdasarkan data yang ada.

ERP sendiri merupakan sistem dan software Enterprise Resource Planning yang dapat menyederhanakan operasional perusahaan, meningkatkan efisiensi kinerja juga menghemat anggaran industri manufaktur. Salah satu software erp manufaktur terbaik adalah SystemEver.

Software ERP SystemEver tak hanya memberikan solusi bisnis modern, tetapi juga merancang system manajemen pabrik i7 yang mampu mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.

SystemEver sebuah produk teknologi sistem cloud ERP yang dimiliki oleh Younglimwon Softlab asal Korea Selatan ini siap menjadi mitra solusi bisnis. SystemEver hadir di Indonesia sejak 2017 dan telah merancang sejumlah produk software manajemen ERP yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam skala medium enterprise (UKM).

Produk Cloud ERP SystemEver meliputi meliputi 3 bidang layanan (i-series) yaitu i1 (Account Tax Service) untuk membantu mempermudah konsultan pajak dan akuntansi dalam melakukan pelayanan kepada klien, i5 (Sales/Distribution) untuk perusahaan distribusi dan penjualan. Sedangkan untuk skala yang lebih besar seperti industri manufakur, produk i7 (Manufacturing) bisa menjadi solusi pengelolaan manajemen yang makin kompleks.

Dengan keunggulan fitur tampilan Visual K-Process Map memudahkan pengguna menjalankan tugasnya secara kolaboratif dan terintegrasi dengan lebih simple dan efisien.

Investasi yang terjangkau bagi pelaku bisnis, SystemEver dapat diandalkan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif berorientasi hasil yang merupakan inti dari sebuah transformasi digital

Sistem ERP i7 sebagai Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik

ERP i7 merupakan sistem cloud ERP yang merupakan salah satu produk SystemEver yang berfungsi sebagai pengelolaan pabrik dengan keunggulan fitur diantaranya software ERP terintegrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan manajemen pabrik sehingga perjalanan perusahaan lebih efektif dan efisien.

Sistem ERP i7 sifatnya fleksibel, dapat digunakan pabrik yang sedang berkembang, yang kesulitan melakukan integrasi data dan manajemen sistem, pabrik yang memiliki MPS (Master Production Schedule) dan BOM (Bill Of Material), dan pabrik yang ingin melakukan perencanaan produksi dan menerapkan rencana penjualan jangka panjang/pendek.

Manfaat Software ERP Manufaktur bagi Manajemen Industri

Semakin berkembang suatu perusahaan tentu tantangannya juga makin berat, terlebih kalau perusahaan sudah memiliki anak cabang di banyak tempat. Seperti pengalaman yang saya ceritakan di paragraf awal, kantor saya berpusat di Jakarta yang mana setiap mau jualan dalam quantity banyak saya harus koordinasi dulu dengan gudang pusat. Udah jangan dihitung tagihan telepon bulanan kami, saya tutup kuping aja kalau anak akunting protes, hehe

Mestinya komunikasi kami bisa melalui SMS, tapi kerap menuai salah paham. Praktisnya sih melalui sambungan telepon, tapi tau sendiri kan gimana ruwetnya kalau sistemnya manual. Ketika sajian data sudah nggak akurat, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk ngobrol via udara. Salah-salah habis waktu kerja untuk sekadar bertanya stok barang. Nah kasus-kasus seperti ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan software ERP manufaktur.

Berikut adalah Manfaat Software ERP Manufaktur bagi Manajemen Industri

Data Aman

Sistem ERP pada industri manufaktur dapat menyimpan data perusahaan lebih aman yang dapat dikelola di mana saja dan kapan aja.

Apapun alasannya, data adalah sesuatu yang sangat penting apalagi untuk menyimpan data industri. Dulu teknik penyimpanan kita menggunakan kertas, kemudian berkembang melalui bentuk penyimpanan digital seperti harddisk dan flashdisk, tapi nyatanya semua itu tidak menjamin keamanannya.

Pengelolaan Inventaris terkoordinir dengan baik

Sudah tidak ada acara berantem antara marketing dan gudang, sistem ERP dapat mengelola industri manufaktur dengan baik melalui pemantauan stok persediaan barang hingga memetakan produk apa yang diminati pasar.

Laporan Lengkap dan Akurat

Ini yang paling penting. Tak hanya dapat memantau strategi pemasaran, sistem ERP juga dapat memuat data kinerja keryawan melalui penilaian cara kerja, produktivitasnya, hingga efektivitas dan efisiensi selama jam kerja.

Penerapan sistem ERP dalam kehidupan perusahaan sehari-hari antara lain:

Keuangan

Melalui pengelolaan sistem terpadu, pengelolaan keuangan lebih efektif mulai dari program akuntasi yang memiliki sistem pengelolaan persediaan barang, mencatat transaksi pembelian dan penjualan termasuk juga mencetak invoice dan menghitung penyusutan serta menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan perusahaan industri.

HRM

HRM merupakan Human Resource Manager Management yang membantu HRD dalam mengelola karyawan seperti pembagian shift kerja, pengajuan cuti, proses penggajian dan lain-lain

Software ERP Manufaktur dan Brand Kecantikan Jung Saem Mool

Software ERP SystemEver dikenal sebagai software ERP terbaik di Asia Tenggara, kabar terbaru brand kecantikan ternama asal Korea Selatan, Jum Same Mool, juga menggunakan SystemEver lho!

Pecinta #Kbeauty pasti nggak asing dengan #jsmbeauty, nah sebagai salah satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga Analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

Mengapa Jung Saem Mool menggunakan SystemEver?

Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader) “SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface. SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.”

Sudah jelas bahwa Software ERP Manufaktur memiliki kecanggihan fitur yang luar biasa dalam mengembangkan laju perusahaan di manapun dan kapan pun Anda berada. Segera buat keputusan terbaik untuk bisnis Anda dan SystemEver Indonesia akan siap menjadi mitra yang terpercaya. Info lengkap kunjungi https://systemever.co.id/id/join-partner.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.