Tepung Bumbu Bunda
Keluarga,  Kuliner

Membuat Gorengan Praktis dengan Tepung Bumbu Bunda

Membuat Gorengan Praktis dengan Tepung Bumbu Bunda – Pada tahun 2014, saya pernah menjalankan usaha tahu crispy dengan membuka stand di foodcourt ITC Surabaya dan kampus Untag. Bisnis waralaba ini saya lakoni tak lama, kurang lebih 2 tahun. Tapi harus berhenti karena kesibukan saya kerja. Saat itu saya memang berstatus karyawan sambil nekat buka usaha kecil-kecilan, jadi dibantuin sama karyawan.

Karena brand waralaba, tepung dan bumbu untuk jualan saya beli dari pusatnya. Ada enaknya, ada nggaknya sih. Enaknya saya tinggal beli, gak perlu mikir resep, bumbu dan segala macam. Tapi susahnya kalau pas butuh bahan banget dan stok gudang lagi kosong, saya bingung mencari supplier. Ya udahlah, ambil fokus dobel-dobel, saya tak setuju lagi bisnis gorengan itu.

Hasil usahanya lumayan sih, sehari paling sedikit dapat Rp. 100.000, – dengan harga jual per porsinya Rp. 5.000. Saat itu tahu crispy lagi ngehits. Untuk menambah varian saya tambah dengan jamur crispy dengan cocolan saus dan mayonaise.

Meski sudah pernah jualan gorengan, sampai sekarang saya belum bisa membuat formula tepung yang renyah dan gurih seperti yang dijual-jual. Makanya kalau pingin makan jamur saya melipir ke Royal Plasa, haha ​​..

Tepung Bumbu Serbaguna Bunda

Menghasilkan gorengan keriting, jangan sembarangan pakai tepung

Bagi Ibu- ibu dan organisasi yang biasa turun di dapur mungkin sudah biasa membuat gorengan menggunakan tepung terigu. Tapi tidak semua orang tau bahwa terigu juga memiliki tingkat protein yang berbeda-beda, tergantung peruntukannya.

Selain terigu, tepung beras dan kanji juga kerap dijadikan bahan campuran gorengan, misalnya membuat rempeyek. Nah di sini triknya yang belum bisa saya pahami, salah membuat takaran dapat merusak hasil gorengan. Bisa jadi kurang renyah, bisa juga makin tambah keras.

Begitupun untuk menghasilkan gorengan yang keriting dan tahan lama juga ada tekniknya. Komposisi air untuk mencampurkan bahan kegagalan kegagalan. Misalnya menggoreng ayam, sebelum dicemplungkan dalam baluran tepung, ayam harus dibasahi dengan kocokan telur bubuknya melekat. Dan saya masih gagal dalam praktek ini, huahaha ..

Udahlah mencampur tepung susah, ditambah lagi harus nguleg-nguleg bumbu untuk menambah citarasa gurih gorengan. Jadi pengertian praktis, untuk bikin makanan yang mengandung unsur gorengan saya pakai ajalah tepung bumbu praktis, seperti Tepung Bumbu Bunda yang merupakan produk UMKM Sidoarjo.

Tepung Bumbu Bunda

Membuat Gorengan Praktis dengan Tepung Bumbu Bunda

Di pasaran banyak sekali tepung bumbu siap pakai, tapi favorit saya adalah tepung bumbu Bunda. Pertama kali pakai, saya gunakan untuk menggoreng jamur dan hasilnya kriuk tapi nggak keras. Teksturnya mirip tepung yang saya pakai buat jualan dulu, tapi rasanya lebih enak merk Bunda, gurih dan terasa rempahnya.

Ketika ngobrol dengan Bu Fila, pemilik tepung bumbu Bunda, produknya sudah merambah ke Pontianak. Menurut Bu Fila yang sudah malang melintang didunia produk olahan crispy sejak 5 tahun lalu, dirinya berusaha membuat inovasi sekaligus memberikan solusi buat ibu-ibu agar bisa menciptakan masakan yang praktis dan aman digunakan keluarga. Bagian terakhir saya setuju, soalnya saya paling susah menghapal bumbu dapur!

Untuk pengolahan tepung bumbu Bunda mudah sekali, tinggal mencampurkan tepung sama air secukupnya. Sudah deh, bisa dipakai buat goreng tahu, jamur, usus, tempe, dan lain-lain.

Harga Tepung Bumbu Bunda dan Cara Pembelian

Diceritakan oleh Bu Fila, sebelum menjalankan usaha tepung bumbu, dirinya lebih dulu membuat olahan crispy dalam bentu sate. Sepanjang perjalanan waktu, ada orang dari dinas MUI memberi saran agar menjual tepung bumbu. Dengan saran bekal tersebut, Bu Fila mulai membuat inovasi dari tepung crispy original, tepung crispy pedas, tepung pisang crispy, tepung ote-ote, tepung ayam goreng premium, tepung Dorayaki, tepung bakso, tepung donat, dan tepung pizza.

Tepung Bunda

Berikut adalah harga Tepung Bumbu Bunda:

Tepung Crispy Serbaguna kemasan 1 kg

– Rasa Asli Rp. 18.000, –
– Rasa Pedas Rp. 20.000, –
– Tepung Pisang (manis) Rp. 19.000, –

Tepung Crispy Serbaguna kemasan 400 gram

– Rasa Asli Rp. 9.000, –
– Rasa Pedas Rp. 10.000, –
– Tepung Pisang (manis) Rp. 9,500, –

Tepung Dorayaki kemasan 450 gram Rp. 17.500, –
Tepung Donat kemasan 610 gram Rp. 18.500, –
Tepung Pizza kemasan 500 gram Rp. 18.500, –
Tepung Bakso Rp. 17.00, –

Tepung Ote-ote kemasan 500 gram
– Rasa Original Rp. 12.000, –
– Rasa Pedas Rp. 13.000, –

Tepung Ayam Goreng Premium kemasan 1 kg Rp. 22.000, –
Tepung Ayam Goreng Premium kemasan 400 gram Rp. 12.000, –

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Tepung Bumbu Bunda juga membuka peluang usaha kepada siapa saja yang ingin berjualan tepung bumbu. Bisa nih jadi ide usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan modal minim . Caranya dengan melakukan pembelian tepung bumbu (bisa mix) senilai Rp. 100.000, – dalam 1 nota, maka sudah bisa menjadi reseller. Bisa dropship juga lho. Tentu saja, harga pengecer berbeda dengan daftar harga di atas. Lebih murah pastinya.

Jika teman-teman ingin mengunjungi toko offline Tepung Bumbu Bunda bisa berkunjung ke Glagaharum RT 18 RW 04 Porong, Sidoarjo. Via online kunjungi Facebook dan Instagram @tepungbumbu_serbaguna atau WA ke nomer 081318721989. Bisa Shopee juga lho, cari aja Tepung Bunda.

Nah, buat Ibu-Ibu yang sedang bingung menyusun menu sahur dan buka, nggak ada salahnya lho bikin gorengan crispy pakai tepung bumbu Bunda. Biar makin maknyus tambahkan cocolan petis dan cabe ijo. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan teman-teman ..

 

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.