Railway Station Hua Hin Thailand
Piknik

6 Tips Persiapan Liburan Ke Luar Negeri Agar Berjalan Lancar

Destinasi wisata di luar negeri kian diminati traveler Indonesia terlebih setelah beberapa negara Asia memberikan keringanan bebas visa bagi masyarakat kita. Saya pun jadi salah satu orang yang memanfaatkan momen itu hingga rela shubuh-shubuh ke kantor imigrasi untuk mengurus Paspor.

Tak seperti liburan domestik, kepemilikan paspor merupakan hal wajib untuk persiapan liburan ke luar negeri agar segalanya berjalan lancar tanpa kendala. Saya pikir nggak apa-apa, deh, sekali dalam 5 tahun berjam-jam antri di kantor imigrasi, toh setelahnya bisa indah-indahan menikmati pengalaman hidup di negeri orang.

yuniari-nukti-di-universal-studio-singapore

 

6 Tips Persiapan Liburan Ke Luar Negeri Agar Berjalan Lancar

Sebelum berencana melancong ke luar negeri, ada baiknya persiapkan dulu dokumen dan segala macamnya dengan baik dan matang, ya, diantaranya:

1. Buat Visa

Visa merupakan surat izin masuk ke suatu negara, bentuknya cap yang distempel di buku paspor. Memang ada negara yang memberlakukan bebas visa, tapi banyak juga yang mewajibkan kita memiliki visa saat masuk ke sebuah negara.

Untuk membuat visa, calon traveler harus menghubungi kantor Kedutaan Besar negara yang akan dituju, namun saat ini pembuatan visa sudah bisa dilakukan secara online. Biayanya tergantung masing-masing negara dengan nominalnya yang sewaktu-waktu bisa berubah. Jadi pastikan sebelum membuat visa cari tau dulu detail informasi terkait pembuatan, biaya, serta dokumen apa saja yang harus dipersiapkan.

2. Mengajukan Paspor

Paspor menjadi hal yang sangat penting dalam persiapan liburan ke luar negeri. Berbeda dengan visa, dimana beberapa negara ada yang membebaskannya. Paspor ini wajib dimiliki oleh siapapun yang hendak bepergian ke luar negeri.

Paspor ibaratnya kartu identitas kita saat berada di luar negeri. Di Indonesia paspor diterbitkan oleh pemerintah melalui Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukun dan HAM.

3. Siapkan International Adaptor

Sepele sih, cuma buat nyolok listrik, tapi adaptor Internasional ini penting banget karena tanpa mereka kita nggak bisa mengisi daya smartphone, kamera, laptop, atau barang lain yang berhubungan dengan elektronik.

Waktu di Singapura saya sudah mengalami betapa mangkelnya jalan-jalan dalam kondisi battery kamera habis.

4. Menukar Uang

 

Persiapan liburan keluar negeri lainnya yang tidak kalah penting adalah menukar uang. Liburan ke luar negeri memang berbeda, bahkan untuk nilai tukar aja kita perlu memikirkannya. Untuk menghitung budget, sebelum pergi siapkan itinerary dan biaya harian yang diperlukan, lalu tukarlah uang secukupnya untuk biaya selama perjalanan.

Saran saya sih jangan menukar uang rupiah dalam jumlah yang langsung banyak supaya tidak membahayakan diri. Sebagai antisipasi, bawalah kartu kredit atau kartu debit yang berlogo VISA. Di luar negeri kartu ini bisa digunakan untuk belanja, naik kendaraan, makan, bayar penginapan, dan sebagainya.

5. Belajar Sedikit Bahasa Lokal

Tidak semua orang mampu dan fasih dalam menggunakan bahasa Inggris, kayak saya, hehe.. Triknya belajar saja sedikit bahasa lokal terutama yang berhubungan dengan sapaan.

Sedikit cerita ketika liburan ke Thailand setahun lalu, saya dan teman-teman menggunakan fitur google translate untuk memahami ucapan orang sana. Dan cara ini lumayan berhasil, hehe..

Selama di sana hanya 1 kata yang kerap kami gunakan yaitu, Sawadikap..

6. Asuransi Perjalanan

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi selama liburan Anda. oleh karena itu tak ada salahnya juga untuk mempersiapkan asuransi perjalanan internasional sebagai perlindungan tambahan. Memiliki asuransi perjalanan setidaknya bisa membantu teman-teman mengurangi perasaan takut terhadap ketinggalan pesawat atau kehilangan bagasi.

Liburan Sehat ke Malaysia

Tentu dari semua tips di atas, yang juga penting untuk dipersiapkan adalah fisik. Sebab melakukan perjalanan lintas negara, pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan tujuan kalian kali ini adalah liburan, dengan kata lain teman-teman akan berkunjung ke berbagai objek wisata dalam waktu beberapa hari. Jadi kesehatan fisik sangat penting diperhatikan.

Nah, mumpung sekarang masih pandemic, sambil menunggu situasi kembali normal yuk kita gunakan untuk mencari rekomendasi destinasi luar negeri yang asik. Jangan lupa sambil intip-intip harga tiket sekaligus buat perencanaan budget liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.