Resolusi 2021
Cerita Yuni

7 Resolusi Sederhana Untuk Diri Sendiri di 2021

Tahun baru, semangat baru. Begitu sih kata netizen bijak. Namun bagi saya untuk menciptakan semangat tidak harus menanti pergantian tahun dulu, dalam keadaan apapun harus tetap semangat! Dengan catatan kalau sedang nggak malas, hehe..

Oiyaaa, biasanya di tahun baru, netizen ramai-ramai membuat ulasan resolusi. Menyusun target untuk dikejar selama setahun ke depan. Tujuannya tentu saja supaya fokusnya tidak melebar ke mana-mana. Dan inilah 7 Resolusi Sederhana Untuk Diri Sendiri di 2021 versi saya!

7 Resolusi Sederhana Untuk Diri Sendiri di 2021

Walau berupa harapan, ternyata membuat sebuah resolusi butuh perhitungan matang. Seperti milih jodoh aja dipikir bibit bebet dan bobotnya sampai rumit. Terutama persoalan seberapa mampukah saya berkomitmen melaksanakannya?

Duh komitmen, angel wes, angel..

Udahlah ya kita bikin resolusinya yang gampang-gampang aja. Sederhana asal bisa dijalani. Banyak pertimbangan? Pikir keri! Ketimbang loro ati, hehe..

Menyelesaikan Proyek Rumah Besi

Rumah Besi Yuni

Sejak November 2020 rumah orang tua yang selama ini kami tinggali sukses saya obrak abrik. Dari yang awalnya ingin benerin atap supaya nggak bocor, malah jadi serius naikin jadi 2 lantai, haha..

Kami menyebutnya proyek rumah besi. Dari tiang, lantai, dan atap semuanya berbahan besi serta galvalum. Kebetulan Mas saya seorang tukang las. Berawal dari obrolan ringan, dijadikanlah kebulatan tekad, deal ayok kapan mulai dikerjakan!

Saat itu pertimbangan kami kejar-kejaran sama hujan. Biar nggak saling tunggu-tungguan, kami langsung beraksi. Mas yang ngerjakan, saya yang menyediakan bahannya. Salut banget sih, total ketinggian rumah 8 meter dikerjakan oleh Mas saya sendirian. Cuma 2x kali aja dibantuin orang karena harus naikin seng ke atap tertinggi.

Saat ini proyek rumah besi tinggal pengerjaan dindingnya aja. Sedang menanti longgarnya tukang batu. Antrinya panjang, beut!

Minta doanya ya teman-teman semoga proyek kami segera tuntas. Ada rejeki buat kulakan bata ringan, hehe..

Nabung Antam Lagi

Jual Emas Tanpa Surat di Butik Antam Surabaya

Sejak harga emas melambung, saya menghentikan nabung emas karena nilai fluktuatifnya tinggi. Terakhir nabung emas di Tokopedia April 2019, dan Desember 2020 kemarin sudah saya cairkan buat beli besi, huhu..

Insya Allahs setelah proyek rumah besi selesai, bisa mulai lagi nyicil-nyicil nabung emas fisik karena menurut saya investasi ini yang paling menguntungkan.

Meski sekarang sudah ada antam berukuran kecil, macam 0,1 gram, tapi saya masih setia beli antam yang ukurannya 5 gram-an supaya saat dijual ruginya nggak banget-banget.

Punya Rak Buku Dinding

Duh, kalau ingat rak buku saya jadi ingin ketawa. Sebenarnya keinginan ini sudah ada dari tahun 2020. Duit sudah saya serahkan, konon kabarnya rak sudah selesai dibikin, tapi karena ada proyek rumah besi yang dadakan, rak dinding itu akhirnya mangkrak belum bisa dipasang, haha..

Dan karena nggak mau nambahi sesak rumah, sepanjang 2020 saya nggak berani beli buku sama sekali. Kalau pingin baca-baca ya bisanya via iPusnas. Hmm, omong-omong saya sudah kemecer pingin baca buku serial Kisah Tanah Jawa lho!

Rajin Ngeblog

Kayaknya daftar ini sudah seperti harapan yang berulang deh. Tiap awal tahun pinginnya rajin ngeblog, tapi kenyataannya masih sama aja seperti sebelum-sebelumnya, haha..

Inginnya bisa posting blog setiap hari, tapi susah banget nyari ide. Padahal sudah dipakai jalan-jalan, bahkan galeri HP sampai penuh foto, eh masih aja bingung kehabisan konten. Sampai kemudian berganti tahun, tapi masih sibuk aja bilang nggak ada ide. Alasannya itu lho nggak keren blas, heran aku!

Ngurangi Baper saat Mau Datang Bulan

Sungguh, kenapa sih kalau mau datang bulan pikiran saya kacau. Nggak ada angin nggak ada hujan, bawaannya rewel mulu. Pinginnya dieemmm di pojokan. Sampai pernah dengar Ibuk bisik-bisik sama Bapak, “Yuni lagi marah sama siapa ya dari kemarin diem aja?”

Sampai kemudian saya mikir sendiri, “kenapa ya aku ini, kok baper nggak pada tempatnya gini?”

Daan obat baper ini nggak ada solusinya lho kecuali didiamkan sampai sayanya sembuh sendiri. Kocak banget lho! Padahal diem sendirian itu melelahkan.

Makin Rajin Bersyukur

Benarlah kata orang bijak bahwa saat dalam keadaan tidak punya apa-apa, hidup ini rasanya nikmaaat sekali. Ternyata sebegini mahal lho rasanya bersyukur.

Hal yang sejak dulu saya tanamkan pada diri sendiri adalah tidak berani bermimpi tinggi. Jalani aja hidup seperti adanya dan selalu berpikir positif. Idih gampang betul ya nulisnya wkwk..

Satu hal yang selalu saya syukuri adalah bisa makan tiap hari dan masih diberi kesempatan naik mobil keluar kota meski judulnya ikut suami kerja, hehe..

Nggak Mau Punya Utang

Investasi Mudah Bagi Ibu Tumah Tangga

Resolusi tahunan yang sudah berubah jadi prinsip hidup saya adalah jangan punya utang!

Setiap kali mendengar kata utang, perut saya mules. Apalagi kalau ada teman atau saudara yang ngeluh nggak bisa bayar utang, bawaannya ikut merasa terbebani. Sampai saya pernah berpikir, seandainya saya punya duit banyak, ingin saya lunasi utang orang-orang itu dengan catatan jangan berutang lagi.

Percayalah punya utang itu nggak enak. Rasanya ditagih utang tuh kayak dunia ini sempit.

Setelah menulis 7 Resolusi Sederhana Untuk Diri Sendiri di 2021 kenapa hati saya merasa plong ya. Baru kali ini lho saya menulis target yang benar-benar pakai hati. Biasanya ingin begini begitu cuma dibayangkan di awang-awang dowang. Semoga ridho Allah SWT menyertai harapan saya dan semua manusia di bumi, Amiinnn Allahumma Amiin..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.