jual emas tanpa surat di Butik Antam
Cerita Yuni,  Keuangan

Pengalaman Jual Emas Tanpa Surat di Butik Antam

Pengalaman jual emas tanpa surat di Butik Antam – Investasi logam mulia memang menggiurkan banget sampai-sampai banyak yang bertanya saya bagaimana cara menjual emas batangan hasil beli emas di lelang Pegadaian, yang mana suratnya hanya berupa nota pembelian saja.

Ceritanya keponakan saya sedang membutuhkan dana untuk tambahan biaya nikah yang akan berlangsung 1 Agutus 2020 mendatang. Karena waktunya sudah mepet ditambah kondisi yang serba terbatas, maka saya merelakan logam mulia 10 gram saya dicairkan menjadi rupiah. Tentunya dengan syarat, ketika mengembalikan nanti, nilainya harus dikonversikan ke harga emas pada saat itu. Menurut saya cara itu lumayan adil.

Sejujurnya saya belum pernah menjual emas batangan. Kenyataannya memang ada toko emas yang tidak menerima penjualan kembali emas batangan. Sebagai informasi, di pasaran ada beberapa jenis emas batangan. Ada yang keluaran ANTAM, ada yang keluaran UBS. Ada Star Gold juga. Indogold, dan selainnya.

Biasanya emas batangan UBS dapat dijual ke toko emas yang khusus menjual produk-produk UBS. Sebaliknya, emas ANTAM dapat dijual ke ANTAM atau ke instansi yang bekerja sama, contohnya Pegadaian. Selainnya saya tidak tau, hehe..

Pengalaman Jual Emas di Butik Antam Surabaya_

Pengalaman jual emas tanpa surat di Butik Antam Surabaya

Rupanya menjual emas saat ini nilainya sangat menguntungkan. Tau sendiri kan harga logam mulia terus mengalami kenaikan sehingga ketika butuh uang, sekaranglah saatnya untuk menjual.

Di mana tempat yang bagus menjual emas antam?

Sepemahaman saya, ada 2 tempat yang bisa kita jadikan jujugan menjual emas antam. Yakni kantor pegadaian dan Butik Emas Antam. Hanya saja untuk menjual ke Pegadaian harus menyertakan surat pembelian dari Pegadaian.

Butik Emas Antam di Surabaya lokasinya 2 tempat, di Butik Emas LM ANTAM Mall Cito dan Butik Emas LM ANTAM Jalan Pemuda 27-31 tepatnya di Gedung Medan Pemuda lantai 2. Dan saya memilih menjualnya di Mall Cito karena lokasinya paling mencolok dari jalan raya.

Waktu itu saya datang jam 10 siang, dan baru tau kalau ke sana harus ambil nomor antrian online dulu. Karena belum tau prosedur, syukurlah kami ditetap dilayani.

Sebelum masuk ke dalam, saya diterima oleh satpam. Belum-belum, Pak Security ini langsung memberi tau harga jual LM Antam per hari itu termasuk harga jualnya kembali.

Jual Emas Tanpa Surat di Butik Antam Surabaya
Buat kenang-kenangan 😁

 

Per tanggal 6 Juli 2020 harga emas batangan LM Antam untuk 10 gram adalah Rp. 8.920.000. Sedangkan harga jual kembali per gramnya dihitung Rp. 8.290.000,-.

Sebelum menyerahkan barang, saya cek dulu ke website Logam Mulia untuk memastikan nominalnya sama. Hanya saja akan dikenakan potongan materai sebesar Rp. 6.000. Sehingga total uang ditransfer adalah Rp. 8.284.000,-. Kabar baiknya, petugas sama sekali tidak menanyakan surat pembelian atau nota.

Kebetulan, saat itu saya tidak membawa nota pembelian dari Pegadaian. Yah, tau sendirilah menyimpan berkas seperti itu perlu waktu banyak untuk bongkar-bongkar lemari, hehe..

Syarat Menjual Kembali (Buy Back) Emas LM ANTAM di Butik Antam

Untuk menjual kembali emas LM Antam di Butik Emas mudah saja. Selain membawa emas antam yang akan kita jual, siapkan juga kartu identitas dan nomor rekening. Jika harga emas batangan yang mau dijual nilanya lebih dari 10 juta, sebaiknya siapkan NPWP.

Harga Jual Kembali Antam di Butik Emas

Sesuai peraturan, penjualan kembali ke PT ANTAM dengan nominal lebih dari 10 juta dikenakan PPh 22 1,5% bagi yang memiliki NPWP dan 3% tanpa NPWP. Tapi kalau kurang 10 juta tidak ada masalah dengan kepemilikan NPWP.

Proses pencairannya lumayan cepet lho. Setelah emas antamnya dicek, petugas langsung melakukan transfer rekening. Hmm, nggak sampai 15 menit deh cairnya! Akan tetapi saya pernah baca di blog teman-teman ada yang menjual kembali emas antam di Butik Emas proses transfernya memakan waktu 3 hari, lho. Nggak ngerti kenapa di Surabaya bisa cepet.

Keuntungan Investasi Antam selama 5 Tahun

Sering dibahas oleh pakar keuangan bahwa investasi emas terasa untungnya jika disimpan dalam jangka panjang. Karena harga emas terbilang stabil dan nilainya tidak terpengaruh oleh inflasi.

Seperti pengalaman saya, ada perkembangan nilai yang signifikan setelah menyimpannya selama 5 tahun.

Pada tahun 2015 saya membeli antam LM di Pegadaian seharga Rp. 5.350.000,-. Tahun 2020 harga ema situ menjadi Rp. 8.290.000,-. Artinya ada selisih Rp. 2.940.000,-. Lumayan banget sih kata saya. Memang kan sejak April 2019 harga emas kenaikannya lumayan tajam. Merangkak pelan namun perubahannya pasti. Terakhir saya nabung emas (April 2019) per gramnya kisaran Rp. 620.000, sekarang menjadi 800ribuan. Jadi galau, yang ada saya jadi jarang nabung emas, hehe..

Semoga pengalaman jual emas tanpa surat di Butik Antam Surabaya menjadi inspirasi buat teman-teman. Jangan khawatir, Butik Emas banyak cabangnya kok, cari saja alamatnya di mesin pencairan yes!

27 Comments

  • Lusi

    Wah info yg bermanfaat banget mbak. Makasih ya. Sayangnya disini belum ada butik antam di mall dekat rumah. Adanya di kantornya, agak jauh. Jadi males kalau sedikit2 belinya. Kalau jauh gitu takut karena pernah habis beli, ban mobilku kempes sampai rata padahal ban tubeless. Untung pas kempes pes itu di parkiran sebuah bank, bukan di jalan. Aku belum pernah beli emas batangan yg bukan antam. Kalau udah pernah, cerita dong mbak.

  • Elly Nurul

    Terima kasih sharingnya mbak.. aku memang ngga pisahin tuh surat bukti pembeliannya.. selalu aku simpan berbarengan hehe.. jadi mau beli LM lagi deh.. udah lama juga belum beli lagi.. eh tapi uangnya belum ada nih.. masih banyak pengeluaran.. lah curhat

  • nchie hanie

    Nah, ako belom pernah nyobain tabungan emas ini Mba Yun.
    Padahal mamaku suka bawel dari jaman anak2nya gadis semua, ayo nabung emas/beli emas, nanti hasilnya baklan lebih tinggi kalo dijual. Mama sampe sekarang, nah anak2nya buandel hahaaa.
    Trus , mudah juga ya kalo mau jual emas meski ga ada suratnya.
    Makin kesini harganya makin huwoooo meningkat.

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Berinvestasi di emas itu memang gak ada ruginya ya. Nilainya akan terus bertambah.
    Saya juga pernah merasakan keuntungan berinvestasi emas. Sekarang harganya lagi tinggi, jadi belum berani beli hihihi

  • Bibi Titi Teliti

    Mantab emang sekarang harga emas lagi bagus banget, cucok untuk dijual bagi yang punya simpanan yah. Aku biasanya beli dalam bentuk cincin atau perhiasan gitu sih mbak, belum pernah beli yang batangan.

    Tapi ini kalo dijual-jualin sekarang, entah kapan bakal kebeli lagi yak bhahahaha

  • Anggraeni Septi

    mbak Yuni, jujur aja aku belum pernah nabung emas. Yang ada ya emas perhiasan yang emang gak aku pakai. Dan kalau dibiarin dalam waktu yang lama juga lumayan kenaikan harga beli ke harga jual kembali. Hmm, emak-emak jaman dulu suka ngumpulin emas *meski ya emas biasa sih. Pengen juga nih beli emas batangan wkwk 😀 simpen-simpen berhadiah 😀 Makasih sharingnya mbak, baca tulisan mbak Yuni jadi kangen mba Yuni, dah lama gak ngevent bareng semenjak Korona menerjang kek badai hiks. Kangen ceplas ceplosnya itu loh :p

  • Desri Desri

    kalo jaman dulu banget, investasi emas perhiasan biasa pun bisa untung ya mba, kalo sekarang tetap ngikutin yang tertera di surat perhiasan. mending investasi di logam mulia aja deh.

  • Prita HW

    wah, jadi bisa dijual lagi ke tempat yg memang khusus brand itu ya. Thanks infonya mbak, aku sedang rajin mau ngumpul2 in emas juga dr LM yg kecil2 hehe.

  • Diyanika

    Tulisan Mbak Yuni menjawab pertanyaanku selama ini nih. Ternyata ada tempat lain selain Pegadaian ya kalau mau jual LM.

    Nah, Mbak, bahas juga dong nabung LM setelah masa pandemi ini. Masih menguntungkan nggak sih ke depannya?

  • Widi Utami

    Wah. Selisihnya mayan banget, Mbak. Kemana aja ya aku 5 tahun yang lalu. Hihihi. Lebih gampang jual emas antam dibanding emas perhiasan ya. Coba kalo emas perhiasan ga pake surat, anjloknya bikin nangis.

  • lendyagasshi

    Jual emas Antam juga bisa di Bank, setauku kak…
    Karena kemarin waktu ke CS salah satu Bank Syariah, ada sepasang suami-istri yang mau jual emas Antam. Dan nilainya lebih baik digadaikan di Bank daripada dijual.
    Harapannya iyaya…bisa ditebus lagi jika sudah mendapat rejeki lagi.

  • Uniek Kaswarganti

    Aku malah belum punya tabungan emas nih mba. Kalau misalnya mulai saat ini kira-kira rugi ndak sih mba? Sekarang soalnya kan lagi tinggi-tingginya ya harga emas. Sori pertanyaannya jan mendasar tenan, soale emang enggak mudeng. 🙂

  • Celina Melia ariesta

    Saya juga habis beli Antam tapi ga pakai nota mba ,jadi bisa kan ya dijual ke Antam nya lagi tanpa nota keluaran 2020 yg sertifikatnya sudah nempel dengan emasnya

  • Anggita

    Mba maaf… aq pny antam tp sm skli ga ada suratnya. Ya cm emas batangannya doang. Karna kebanjiran mbak. Ludes semuanya. Sedih banget… bs ga ya kira2 dijual

  • Fanny_dcatqueen

    Aku rutin beli LM dari 2014, memang tujuannya utk dana darurat dan masa tua nanti mba. Apalagi nilai emas ga kena inflasi.

    Tapi sampe skr aku belum pernah ngejual LM -LM ku. Makanya blm ada pengalaman ntr ngejualnya gimana . Tp katanya kalo emas Antam memang gampang dan ga butuh surat. Apalagi yg model baru udh ada barcode di certicard nya. Tinggal di scan dari situ.

    Jadi makin semangat utk Trus rutin beli emas buat bekal pensiun 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *