ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku adalahEeePC Seashell Series 1015CX. Bertahun-tahun menggunakan ASUS tak pernah sekalipun menemui kendala. Kalau ada yang bilang pandangan pertama begitu menggoda, maka saya akan bilang mendengar merk ASUS sekali tak mau ke lain hati. Cieehh..

Sebelum mengenal komputer, saya sudah sering membaca review tentang ASUS. Di Koran dan majalah banyak saya temukan review produk ASUS. Ulasannya tak melulu spesifikasi saja tetapi juga uji coba performa dan keunggulan yang dimiliki. Begitu pula jika sedang ngobrol bersama teman-teman IT, kalau obrolannya seputar teknologi komputer pasti tak jauh-jauh dari ASUS. Entah berbagi pengalaman soal overclock, test speed atau sengaja menggosipkan produk barunya ASUS. Ini nih yang suka bikin lupa waktu semakin digosipin, produknya ASUS makin SIP! 😀

 

Notebook ASUS EeePC 1015CX milik saya yang masih awet
Notebook ASUS EeePC 1015CX milik saya sedang sleep 😀

Kendati saat itu saya belum paham seluk beluk komputer, setidaknya saya tau kalau komputer bagus pasti ASUS. Sesuai dengan pengalaman para pendahulu yang memfavoritkan ASUS sebagai produk IT terbaik. Keawetan dan kehandalannya banyak yang sudah membuktikan. Bukannya latah atau sengaja ikut-ikutan kalau kemudian saya membeli merk ASUS sebagai sahabat komputer, tetapi memang Notebook ASUS adalah Notebook terbaik yang paling tahan banting.

ASUS Notebook terbaik dengan Hardware berkualitas

Setelah memahami komponen komputer saya akhirnya mengerti bahwa awalnya ASUS adalah salah satu merk spare part komputer yang difavoritkan terutama dalam hal inovasi teknologi. Sebelum trend komputer jinjing marak seperti sekarang, produk ASUS yang paling terkenal dan ‘membumi’ adalah komponen Motherboard untuk komputer. Saya yakin semua orang yang pernah bersentuhan dengan IT pasti mengenal ASUS! Selanjutnya seiring perkembangan Teknologi Informasi, produk ASUS yang makin diminati masyarakat mulai menambah komponen produknya seperti: Produk Optical Drive, Graphic Card, Sound Card, dan Networking.

Sebagai bukti konsistensi dan integritas didunia Informasi Teknologi, ASUS sebagai merk pionir mulai melebarkan sayap menciptakan produk generasi baru seperti Notebook, Ultrabook, Projector, dan Tablet.

Masih saya ingat pada kisaran tahun 2007-2008, sebelum merk lain mengeluarkan produk notebook, ASUS lah yang pertama kali melaunching produk komputer jinjingnya di Indonesia yang diberi nama ASUS EeePC dengan perangkat penyimpan data yang berjenis SSD dengan kapasitas antara 2GB – 8GB. Masih lekat bagaimana dulu pengunjung Pameran di daerah Ngagel Surabaya begitu antusis hingga usai dilaunching mereka berbondong-bondong membawa pulang notebook ASUS yang ukurannya hanya sebesar buku. Betapa ketika itu pintu masa depan sudah hadir didepan mata dan siap dihuni oleh siapa saja yang ingin yang menikmati kecanggihan teknologi. Dan disinilah kita sekarang, berdiri ditengah-tengah hamparan kecanggihan teknologi yang semakin mendekati kesempurnaan.

Sebelum memiliki Notebook, dirumah saya memakai PC Komputer untuk aktifitas sehari-hari dengan komponen CPUnya menggunakan motherboard dan optical Drive merk ASUS. Karena tren semakin berubah apalagi saya harus mengikuti ritme yang tak bisa jauh dari komputer saya mengambil alternatif membeli Notebook terbaik dengan merk yang sama, yaitu ASUS. Sebagai netter aktif, saya memilih notebook yang ukurannya mini. Pertimbangan ukuran, berat dan harga membuat saya membeli ASUS dengan seri EeePC Seashell Series bertype 1015CX.

 

Tampilan ASUS EeePC 1015CX tampak samping
Tampilan ASUS EeePC 1015CX tampak samping

Selama 2 tahun lebih bersama ASUS 1015CX membuat saya mantap mengatakan ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku. Terbaik dalam hal kualitas, dan Favorit dalam hal teknologi.

Ada beberapa kelebihan yang saya rasakan selama menggunakan ASUS EeePC 1015CX sebagai Notebook Terbaik dan Favorit:

Processor seri terbaru Intel Atom N2600 1.6GHz hemat listrik.

Dengan processor seri terbaru ini ASUS sudah meletakkan mode sleep dibagian tombol start yang jika dibangunkan hanya memerlukan waktu relative cepat. Saya hitung sih sekitar 2-3 detik lah.. Konon mode ini adalah gabungan antara kekuatan processor dan teknologi ASUS Super Hybrid Engine.

  • 2.       Video Graphic Intel GMA 3600 terbukti lebih baik.

Dalam Teknologi Informasi, Video Graphic yang mumpuni akan menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik. Tampilan ini berhubungan langsung ketika saya memutar film dari layar Notebook saya. Meski layarnya relatif lebih kecil dibanding layar Monitor LCD, namun cukup memuaskan penglihatan. Setidaknya tampilannya stabil dan tetap asyik dinikmati.

  • 3.       Terdapat Slot HDMI

Inilah yang suka dari produk ASUS, dalam kekurangan ASUS selalu memberikan kelebihan yang maksimal. Di kala saya malas nonton film dari layar Notebook yang hanya 10,1’ namun saya tetap bisa memanfaatkan slot HDMI yang dihubungkan dengan LCD TV sehingga dalam keadaan lelah pun saya bisa nonton sambil bersantai (baca: sambil tiduran)

  • 4.       Slot Memory yang bisa diupgrade

Tak seperti Notebook-notebook mini yang lain, Notebook ASUS EeePC 1015CX saya ini bisa diupgrade dari yang sebelumnya 1GB menjadi 2 GB. Hasil peng-upgrade-an ini memungkinkan performanya lebih maksimal. Namun hingga sekarang saya belum ada rencana untuk meng-upgrade. Wong nggak diupgrade aja sudah cetar apalagi kalau diupgrade hehe..

  • 5.        Kapasitas Media Penyimpanan sebesar 320GB

Dukungan HardDisk yang lumayan besar membuat saya makin betah bekerja menggunakan ASUS EeePC 1015CX. Selain saya gunakan untuk membuat draft tulisan saya juga bisa menyimpan banyak foto serta video dalam satu perangkat. Jadi saya tak perlu lagi repot-repot membawa HardDisk External maupun Flasdisk untuk menyipan data-data saya.

  • 6.       Touch Padnya lebar dan nyaman

Dalam Notebook keberadaan Touch Pad sangat penting terutama ketika pergi lupa bawa mouse. Meski layar notebook ASUS EeePC 1015CX saya kecil namun disain touchpadnya lumayan lega. Ditambah klik kanan-klik kiri serta tingkat kesensitifannya juga sangat baik dan empuk.

  • 7.       Tombol Keyboardnya halus

Bagi orang yang suka ngetik seperti saya, kehalusan tombol keyboard sangatlah penting. Susah dibayangkan seandainya saya mendapati tombol keyboard saya keras dan bikin sakit jari. Bisa-bisa ide yang awalnya cemerlang akan drop dengan tiba-tiba. Oleh karenanya tombol keyboard yang halus dan empuk sangat saya butuhkan. Dan semua itu ada dalam Notebook terbaik dan favorit saya ini.

  • 8.       Kapasitas Battery 6 Cell.

Dari sekian kelebihan, yang paling saya suka dari ASUS EePC 1015CX saya adalah Kapasitas Batterynya 6 Cell. Benar-benar luar biasa. Awetnya benar-benar Oke! Sebagai blogger yang ingin selalu konsisten mengupdate blog, ASUS EeePC 1015CX saya ini jarang sekali mati. Biasanya saya hanya memanfaatkan mode sleep. Cara ini saya gunakan demi efektifitas. Jika ditengah kegiatan ngedraft tiba-tiba harus terpotong rutinitas lain maka saya tetap bisa mencuri waktu dengan melanjutkan draft tulisan. Misalnya sambil mencuci, sambil menunggu mesin mengaduk pakaian saya bisa melanjutkan ngetik.

 

Meski gak dicharge, baterainya tetap tahan lama meski dipakai buat ngecharge HP
EeePC Seashell Series, meski gak dicharge, baterainya tetap tahan lama meski dipakai buat ngecharge HP

Pengalaman seru bersama ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Ada banyak cerita seru saya selama bersama ASUS. Salah satunya adalah menang lomba live tweet! Sudah bukan hal aneh bagi blogger ketika menghadiri undangan kemudian disana ada lomba live tweet berhadiah, seolah kompetisi mereka aktif memanfaatkan gadget yang ada. Apa saja yang disampaikan nara sumber mereka akan langsung berkicau dimedia social. Karena system yang digunakan biasanya banyak-banyakan ngetwit saya gunakanlah senjata andalan saya, yaitu Notebook! Hihi..

Dengan notebook saya bebas ngetik sepuasnya. Tak seperti gadget lainnya, tombol-tombol keybord di notebook membuat saya bisa leluasa mengetik apa saja. Baik itu sedang mention atau menulis hestek-hestek tertentu. Oleh karenanya baik itu diminta atau tidak setiap ada undangan saya selalu membawa notebook favorit saya, ASUS EeePC 1015CX. Yah, kalaupun tidak ada lomba live twit setidaknya saya bisa mencatat apa saja yang disampaikan nara sumber menggunakan Notebook yang saya bawa untuk kemudian dijadikan bahan postingan blog.

Emangnya gak berat kemana-mana menjinjing notebook?

Nggak! ASUS enteng banget. Juga ukuran mininya tak membuat penuh tas. Batterynya yang awet tidak begitu merepotkan karena saya tak perlu nenteng-nenteng adaptor ke acara. Malah kadang-kadang saya suka ngecharge HP dari Notebook. Praktis, banget!

Touchpadnya luas dan tuts Keyboardnya besar. Nyaman dipakai ngetik
Touchpadnya luas dan tuts Keyboardnya besar. Nyaman dipakai ngetik

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Notebook ASUS Seashell EeePC 1015CX yang saya punya:

Processor : Intel Atom N2600 1.6GHz
Chipset : Intel NM10 Express
Memori : DDR3 1GB yang bisa diupgrade menjadi 2 GB
Hard Disk : 320GB SATA
Ukuran Layar : 10.1′ WSVGA
Resolusi Layar : 1024×600 piksel
WLAN : 802.11 b/g/n 2.4GHz
Bluetooth : Ver 3.0
Webcam : 0.3MP
Kapasitas Baterai: 6 Cell
Slot tambahan : 3 x slot USB 2.0, LAN RJ-45, VGA Connector, HDMI, Audio Jack (Headphone/Mic-In), Card Reader : SD/ SDHC/ MMC

Ini dia ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku ;)
Ini dia ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku 😉

Hingga sekarang saya masih belum ingin beralih ke merk lain. Meskipun notebook ASUS 1015CX saya sekarang keadaannya sudah memprihatinkan, salah satu slotnya pecah karena pernah jatuh, namun selama keadaannya hidup serta baik-baik saja akan terus saya pakai. Sungguh teramat sayang untuk dipinggirkan walau jujur sebenarnya belum ada dana untuk beli baru hehe.. bener-bener deh, ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku!

11 thoughts on “ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

  1. jadi ingat, ASUS EeePC ini juga yg pertama saya punya MBak, warna putih tapi sdh pindah user ke kponakan. Kemudian ganti warna ungu yg permukaannya bergelombang, suka banget….jadi ASUS mmg jd ntbook favorit saya deh.
    #sukses mbak, saingan berat neh. Dimana-mana menang je…hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *