Jalan-jalan

Tarif, Jadwal dan Loket Pembelian Tiket KMP Legundi, kapal laut Surabaya Lombok 2018

Tarif, Jadwal dan Loket Pembelian Tiket KMP Legundi, kapal laut Surabaya Lombok 2018 – Sudah taukah teman-teman kalau sekarang sudah ada KMP Legundi, kapal laut jurusan Surabaya – Lombok yang murah meriah dan nggak bikin geger isi ATM? Yang ingin piknik hemat ke Lombok, kapal ini maknyos, lho, jadi transportasi alternatif.

Sejak dikenalkan pada tahun 2016, saya pengen banget naik kapal ini untuk piknik murah ke Lombok. Setelah sukses menghabiskan 600 ribu keliling pulau Bali selama 3 hari 2 malam, saya penasaran berapa kira-kira budget yang dibutuhkan untuk ngiteri pulau Lombok dengan cara saya sendiri yang berpedoman HARUS HARUS dan HARUS MURAH!

Selintas dengar, kapal ini berlayar dari Tanjung Perak menuju Pelabuhan Lembar selama 21 jam. Tarif per orang Rp. 117.000,-. Sebagai pemuja transportasi murah walaupun harus buang waktu berjam-jam, sungguh ini suatu hil yang mustahal namun nyata!

Sebelum mewujudkan piknik ke Lombok dengan KMP Legundi, sebelumnya saya browsing dulu untuk memastikan tarif dan jadwal pastinya. Tapi kok, informasi di website rata-rata selegenje. Ada yang nulis tarifnya 72 ribu, ada pula yang menayangkan 87 ribu. Sedangkan info dari teman yang baru pulang dari Lombok, mengatakan tarif KMP Legundi yang baru adalah 117 ribu! Weh, rentang dua tahun tarifnya sudah berubah-ubah.

Ditambah lagi jadwal keberangkatan kapal yang juga tak pasti. Jadi, KMP Legundi ini melakukan pelayaran seminggu hanya 2 kali saja, tidak setiap hari. Surabaya ke Lombok 2 kali, Lombok ke Surabaya juga 2 kali. Dan jadwal inilah yang justru membuat saya harus mematangkan rencana keberangkatan.

TARIF TIKET KMP LEGUNDI SURABAYA – LOMBOK

Untuk mendapatkan informasi PASTI antara tarif dan jadwal keberangkatan KMP Legundi, saya langsung cek lokasi penjualan tiket KMP Legundi di kantor ASDP Surabaya. Seharusnya ASDP punya website pembelian tiket, tetapi aksesnya susah. Pun teman saya bilang walaupun sudah reservasi via online, calon penumpang harus tetap antri tiket ke loket pada hari keberangkatan kapal, nah, ribet nggak sih!

Waktu saya cek langsung ke kantor ASDP, saya mendapat info valid bahwa HARGA TIKET KMP LEGUNDI SURABAYA – LOMBOK adalah:

1 orang Dewasa Rp. 117.000
1 Anak-anak Rp. 92.000
Bawa sepeda motor Rp. 255.000 sudah termasuk 2 penumpang

Selengkapnya cek daftar berikut ini:

Harga tiket dewasa Rp. 117.000,- meliputi rincian sebagai berikut:

Tarif kapal Rp. 70.000,-
Asuransi Rp. 2.000,-
Kupon Makan 2 kali @ 15.000 = Rp. 30.000,-
Pass Penumpang Rp. 15.000,-

JADWAL KEBERANGKATAN KMP LEGUNDI DARI SURABAYA dan sebaliknya

Trus jadwal keberangkatan KMP Legundi hari apa aja? Sayangnya pihak ASDP tidak menyertakan informasi tertulis di papan. Supaya valid saya tanyakan langsung kepada petugas tiket di dalam ruangan ASDP, tempat transaksi penjualan tiket berlangsung.

JADWAL KEBERANGKATAN KMP LEGUNDI DARI SURABAYA KE LOMBOK hari SELASA dan SABTU

JADWAL KEBERANGKATAN KMP LEGUNDI DARI LOMBOK KE SURABAYA hari SENIN dan KAMIS

Sebelum tanya ke petugas loket, sehari sebelumnya saya sudah tanya ke penjual lontong gule yang jualan di depan kantor ASDP. Info penjual lontong gule ternyata valid, lho, hehe..

Kantor ASDP saat tutup

LOKET PENJUALAN TIKET KMP LEGUNDI

Ini, nih, yang saya butuhkan banget kemarin. Tau harga, tau jadwal, tapi gak tau tempat penjualan tiketnya di mana.
Ya, sih, naik kapal memang harus di pelabuhan. Masalahnya di pelabuhan nggak ada loket penjualan tiket. Setelah browsing di internet dapat info penjualan tiket KMP Legundi alamatnya di Jalan Kalimas Baru. Trus bingung lagi saya, di sana tidak disertai nomor kantornya berapa.

Tanya sana sini, barulah dapat penjelasan. Jadi loket penjualan tiket KMP Legundi adalah di GEDUNG ASDP, Jalan Kalimas Baru.

Nomer berapa?
Tetep nggak ada nomornya! Haha..

Saya kasih aja lokasinya. Ancer-ancernya, tuh, di kawasan Tanjung Perak, tempatnya tak jauh dari penyebrangan kapal ferry jursan ke Madura. Nah, posisi kantor ASDP berada di paling ujung sendiri sebelahan sama parkiran motor.

Rute gampangnya, lewat depan kantor Polres Tanjung Perak lalu belok kiri. Lurus aja, nanti sebelah kanan jalan ada kantor tulisan ASDP. Udah, di situ tempatnya. Kalau bingung tanya orang aja..

Saran saya beli tiketnya pagi-pagi saat hari keberangkatan. Karena percuma datang sehari sebelumnya malah gak dilayani. Bisa-bisa kantornya tutup. Kantor ASDP buka jam 9 pagi. Sedangkan penumpang harus standby di Surabaya Nortquay jam 2 siang. Biar gak ribet siapkan harimu sedini mungkin, Oke!

Ingin tanya-tanya seputar Tarif, Jadwal dan Loket Pembelian Tiket KMP Legundi, kapal laut Surabaya Lombok 2018, tinggalkan komen aja, yes. Kalau sempat saya akan balas 😀

2 thoughts on “Tarif, Jadwal dan Loket Pembelian Tiket KMP Legundi, kapal laut Surabaya Lombok 2018

  1. Mbaaa, KM Legundi itu bukan milik Pelni ya?

    Lumayan ya naik kapal fery 21 jam.
    Tapi saya pernah sih duluuu banget naik fery dari Sulawesi ke Jawa, 3 hari 3 malam terombang ambing ombak hiks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *