Bisnis

Proyek Monumental 2014: Optimalisasi Blog

Gak terasa sudah tanggal 5 Desember aja.. itu berarti gak sampai sebulan sudah ganti tahun dong ya.. Dan baru nyadar juga kalau lomba blog Proyek Monumental Tahun 2014 yang digelar Pakde Cholik di Blogcamp akan segera berakhir #huft, mulai mengerahkan aji-aji de power oh kefefet# 😀

Jika ditanya apa proyek saya di tahun 2014, dengan mantap akan saya katakan bahwa saya ingin mengoptimalisasi blog!

Kedengarannya cemen banget ya. Tapi begitulah memang harapan saya ditahun depan. Walau sebetulnya kalau dipikir-pikir lagi, sebagai seorang blogger yang sudah ngalor ngidul ngetan ngulon (baca: malang melintang) yang bulan Januari nanti menginjak tahun ke 4, mengoptimalkan blog adalah kewajiban yang harus dijalani sejak awal. Namun kenyataannya mengelola blog itu tak semudah sekedar ucapan. Terutama kegiatan posting dan blogwalking.

Ada banyak sekali halangan dan rintangan sehingga kegiatan ngeblog tidak bisa dilakukan secara optimal lebih-lebih alasan kesibukan yang tidak begitu jelas nama kesibukannya apa hehe.. padahal didalam banyak kesibukan tersimpan pula banyak waktu longgar, bener begitu nggak sih? Nggak apa nggak? Hayo ngakuu.. 😀

Meski bukan seutama posting, tapi blogwalking saya akhir-akhir ini mengalami kemerosotan yang amat tajam, bahkan mulai mendekati tingkat kemalasan akut. Apalagi kalau sudah mulai ngejar postingan kontes. Di awal-awal ngeblog dulu blogwalking amat gencar saya lakukan, klik sana klik sini, komen sana komen sini, ikut kontes sana, ikut kontes sini. Namun entahlah, kenapa akhir-akhir ini kerajinan saya sedikit berkurang (kurang rajin bukan berarti males, kan? 😀 )

Sengaja saya tidak mau muluk-muluk tentang proyek hidup saya setahun kedepan. Bukan karena takut gagal tetapi saya hanya menyeimbangkan kemampuan yang ada. Apalagi dengan titel saya sekarang yang Drs, alias Di rumah saja, membuat jiwa saya ingin membuktikan bahwa saya seharusnya bisa melakukan sesuatu yang terbaik. Dan sesuatu yang paling dekat dan mudah saya lakukan adalah ngeblog.

Akhir-akhir ini saya baru menyadari bahwa 4 tahun kemarin, kegiatan ngeblog saya hanya sekedar hura-hura. Walau toh, memang harusnya begitu, ngeblog sebagai kesenangan. Tetapi andai hura-hura itu dilakukan dengan lebih serius mungkin hasilnya akan berbeda. Setidaknya postingan yang saya tulis bukan dijadikan sebagai ajang menggugurkan kewajiban semata. Jujur dalam postingan-postingan lama itu ada banyak rahasia yang belum terungkap ke permukaan bahwa sebetulnya banyak sekali postingan saya yang GeJe, yang tidak jelas tujuannya, dan yang hanya saya jadikan sebagai posting penggugur agar tidak di cap sebagai blogger malas posting hehe..

Kesadaran itu baru saya rasakan saat melihat teman-teman blogger telah banyak meraih prestasi. Dari kegiatan ngeblog saja rata-rata mereka sudah mengantongi penghasilan sendiri. Wujud nyata penghasilan bisa berupa uang, barang, dan yang paling membuat mupeng adalah menerbitkan buku dari kumpulan tulisan di blog! Keren nggak itu.. kalau tulisan di blognya se tema sih gak masalah dibukukan, lha kalau blog saya yang kebanyakan geje, apa yang mau di bukukan?

Jika blog ditulis dengan lebih serius kemungkinan besar tulisan-tulisan itu akan berwujud menjadi semacam kumpulan cerita penuh makna yang suatu saat bisa saya manfaatkan, entah itu sebagai pembelajaran diri atau malah dijadikan buku yang syukur-syukur bisa nampang di toko buku besar.

Lalu apa yang saya lakukan untuk menggarap proyek optimalisas blog pada tahun 2014 mendatang?

1. Yang pertama saya lakukan adalah membenahi kategori blog terlebih dahulu misalnya, kategori Surabaya yang berisi hanya tentang perkembangan kota Surabaya. Kategori kontes, hanya berisi tulisan kontes. Kategori Kopdar, tulisan yang berisi kopdar saja (jujur saja selama ini kalau habis kopdar saya jarang bikin postingan. Sepertinya kemalasan itu akibat kebanyakan makan gurame balet :D), dan kategori lain yang lebih personal.

2. Saya akan berusaha untuk rajin membuat postingan. Kalau posting setiap hari agaknya susah ya, jadi saya ambil 2 hari sekali saja agar hari berikutnya bisa saya gunakan untuk blogwalking sambil mencari info kontes 😛

3. Saya akan membuat postingan yang bersifat serial. Misalnya saya menulis tentang pengalaman pribadi saat naik kereta api ekonomi Gaya Baru Malam sehingga tulisan saya nantinya berisi cerita dan pengalaman suka duka naik kereta ekonomi. Saya optimis bahwa tulisan yang bersifat serial lebih mudah dikumpulkan dan dijadikan buku.

4. Yang pasti saya ingin belajar mendalami karakter tulisan agar tulisan-tulisan yang terpublish mengandung jati diri pribadi saya. Karena sebagai blogger interaksi dengan teman hanya melalui tulisan aja.

5. Belajar dan mengumpulkan kosakata baru. Saya akui kosakata saya sangat kurang sekali sehingga agar tulisan saya lebih berbobot dan kaya bahasa maka saya harus terus banyak-banyak membaca.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sajikan. Semoga yang sedikit ini bisa saya kerjakan dengan sungguh-sungguh. Biarlah yang sedikit ini menjadi banyak dulu agar seiring berjalannya waktu yang banyak itu bisa terus terkumpul dan menjadi ladang karya. Amiin 🙂

6 thoughts on “Proyek Monumental 2014: Optimalisasi Blog

  1. Sukses ya mba buat resolusinya, moga uni ketularan zemangatnya ^^
    Iya selalu bisa nge blog, klo kita2 bener niat dan mau, haduh aku dah lama bgt ga nge blog mba…

  2. Dan akhirnya anepun merasa berdosa karena tidak mengikuti mega proyek fenomenal ini.. hahaha 😀

    Kabuuurrrrrr, takut ketahuan Pak Dhe.. hehehe 😀

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem – Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *