Mengatasi gangguan datang bulan dengan Yoga

Mengatasi gangguan datang bulan dengan Yoga. Saya baru ngerti, yoga bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Kata Caroline Ang, Instruktur yoga, gerakan sederhana yoga dapat meredakan rasa nyeri ketika menstruasi. Gerakan yoga dikenal kalem dan seringnya difokuskan pada saluran pernafasan. Tapi gak segampang itu lho, coba perhatikan, dalam kalemnya, gerakan yoga lebih menguras energi. Kayaknya aja santai, aktifitas yoga hanya duduk, tidur, telentang, kaki diangkat keatas, tangan digerakkan keatas. Mudah?! Wheeyyyy, coba kerjakan, mesti kemringet dan ngos-ngosan 😀

2016-08-26_07-57-07

Sabtu kemarin saya ikut yoga bersama di Rooftop Central Point Mall Surabaya. Acara dimulai jam 6 pagi, saya baru bangun jam 5.45. Mandi, gak makeup-an, langsung meluncur diatas motor. Sampai disana, yoga nya sudah hampir dimulai. Maksud hati pinjam yoga mat ke panitia, ternyata udah habis. Ya begini ini, mentang-mentang lokasinya 19 kali seperlemparan puntung rokok, datang mepet waktu. Lebih pastinya telat! Masih untung dapat tempat kosong di belakang. Huehehe..

2016-08-26_07-48-55

Kegiatan yoga yang saya ikuti ini diselenggarakan oleh perusahaan OT yang sekaligus memperkenalkan varian baru Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice dalam kemasan modern.

Sudah pernah minum Kiranti, kan?

Kiranti yang selama ini kita konsumsi itu, Kiranti Sehat Datang Bulan Original, rasanya memang jamu banget. Dibuat dari bahan alami seperti kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis, dan gula jawa. Rasanya getir-getir gimana gitu.. Gapapa lah, minumnya sebulan sekali toh hehe…

2016-08-26_07-58-21

Nah, kabar gembira bagi yang gak suka minum jamu. Varian baru Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice rasanya menyegarkan dan tidak pahit. Manfaatnya sama, menghilangkan keluhan saat datang bulan. Rasanya enak, jeruk banget karena Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice menggunakan satu buah jeruk asli. Segar dan tidak pahit.

Sebelum Yoga dimulai, kita diajak lihat dulu performance Beyond. Mereka menampilkan joget yang gerakannya seluruh tubuh bergoyang. Gitu deh, pagi-pagi dapat suguhan puser 😛

2016-08-26_07-50-19

Saatnya melantaaiiii…

Mbak Carolina Ang, instruktur yoga kami pagi itu mengenalkan gerakan-gerakan dasar yoga yang bermanfaat merileks-kan otot-otot tubuh dan mengurangi rasa pegal di pinggang dan nyeri perut. Menurut Mbak Ang, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang dapat memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. “Dengan semua manfaatnya, yoga sangat disarankan dilakukan wanita saat periode menstruasi” katanya.

Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk ke dalam fresh moment sehingga emosi kembali teratur.

2016-08-26_07-55-53
Sesi Talkshow Harianus Zebua dan Caroline Ang

Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT mengatakan, Khasiat minuman alami ini akan semakin sempurna bila digabungkan dengan olahraga, seperti yoga, yang saat ini sedang digandrungi. Oleh karenanya, kampanye ini dijalankan dalam sebuah aktivasi yoga yang unik yaitu Yoga In The Air yang mengambil tempat di Rooftop. Yoga pada dasarnya bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa, serta membuat ketiganya bekerja seimbang. Ini akan sangat membantu mengatasi masalah-masalah menstruasi.

2016-08-26_07-52-33

Salah satu gerakan yang ditampilkan Mbak Carolina Ang adalah Bhujangsana alias Cobra Pose. Gerakan ini dapat mencegah nyeri haid terutama di bagian pinggang.

Gambaran gerakan Bhujangsana

Gerakan Bhujangsana. Image by stylecrazedotcom
Gerakan Bhujangsana. Image by stylecrazedotcom

Dimulai posisi tengkurap, kaki dibuka selebar pinggul, punggung kaki paralel lurus ke belakang, telapak tangan di samping dada, siku ditekuk ke atas.

Tarik nafas, putar bahu ke belakang, angkat dada ke atas. Siku tangan ditekuk rileks di samping rusuk, tekan bahu ke bawah jauh dari telinga. Kencangkan bokong angkat dada ke atas. Rasakan pada bagian pinggang. Buang nafas, kembali berbaring. Ulangi gerakan sebanyak 4-5 kali.

2016-08-26_07-51-13

2016-08-26_07-51-46

2016-08-26_07-52-10

Yoga In the air

2016-08-26_07-56-35

Ketika beryoga kemarin, peserta ditunjukkan gerakan berpasangan. 2 orang, yang satu tengkurap dan satunya lagi berdiri. Yang tengkurap menggerakkan kaki dan tangan ke belakang lalu digoyang-goyang. Persis kursi goyang, lo! Nah, tugas orang yang berdiri adalah mengangkat tangan orang yang tidur, diangkat pelan, hap! Jadilah mainan ayunan..

Kayak gini:

2016-08-26_07-54-08

Nih, yang lagi berusaha

2016-08-26_07-55-05

Pesertanya ada yang bisa, lo!

2016-08-26_07-56-12

Acara yoga yang seru!
Saya dong coba diangkat sama Mbak Dwi Permita. Masih aja tangan saya di pegang. Belum sampai diangkat ke atas saya udah teriak-teriak. Sakiiittttt…. haha..

Akhir acara ada sesi foto bareng. Sesaat sebelum melepaskan balon kuning dan orange, semua peserta minum bersama-sama Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice dulu. Asiiikkk.. lelah dan segala peluh terbayar lunas setelah minum Kiranti. Kiranti, Stay Fresh and Healthy!…

2016-08-26_07-57-44

7 thoughts on “Mengatasi gangguan datang bulan dengan Yoga

  1. мϐä.. yg pas adegan aku angkat gak ada fotonya ta.. ??

    Faktor “u” memang tdk pernah salah.., njarem semuaa badanku мϐä.., kelihatannya aja gampang ya.., trnyata.. kretek..kretek semua ini.. ƕҿ•°♬ƕҿ•°♬ƕҿ•°♬

    ·♡ τнäиκ чöü ·♡ yaa мϐä. :))

  2. Rasanya kalau sering-sering meditasi dan yoga, gak ada istilah senggol-bacok menjelang menstruasi ya?! Ternyata Kiranti yang baru sueegeerrr.. baru tahu kmrn ada Kiranti rasa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *