Women Interest

Tentang Sinetron PPT jilid 7

Setiap bulan Ramadhan, Sinetron yang saya tunggu-tunggu adalah Sinetron Para Pencari Tuhan atau Sinetron PPT jilid 7. Sinetron ini bercerita mengenai kehidupan warga desa KINCIR yang memilki masalah keluarga yang berbeda antara satu dengan lainnya. Masalah yang dialami oleh mereka pun tergolong humanis, apa adanya seperti kehidupan yang dialami setiap insan dalam keseharian. Nggak terlalu berlebihan seperti sinteron pada umumnya. Jalan ceritanya pun juga sangat masuk akal. Kisah hidup bak roda berputar dituangkan habis-habisan dalam sinetron ini tanpa ada kesan menggurui. Seorang Ustad bisa disalahkan, seorang pembantu juga bisa dibenarkan. Dan baiknya, semua pemeran dalam sinetron itu gak ada yang jahat. Semuanya pernah jadi protagonis, tapi suatu saat bisa jadi antagonis.

Setiap pemeran memiliki musuh masing-masing. Seperti, Aya VS Kayla. Bang Jack VS Pak Wijoyo. Bu Jalal VS Loli. Udin VS Bang Asrul. Dan baru-baru ini Pak Idrus Madani (Pak RW) VS Pak Hakim (Bendahara RT dan Pak RT yang berambisi menggantikan Pak Idrus)

Dalam kehidupan sehari-hari mereka hidup rukun dan saling membutuhkan dengan yang lainnya. Bang Jack curhat ke Pak Ustad Feri. Udin curhatnya ke Asrul. Azam curhat ke Pak Jalal. Yang dicurhati pun tak selamanya benar. Kadang ada pihak ketiga yang menengahi menyelesaikan masalah, siapa lagi kalau bukan para istri-istri.

Secara keseluruhan sinetron ini memberi banyak sekali pelajaran yang dituangkan dalam cerita yang kemudian diterjemahkan sendiri oleh penonton . Saya pikir, penulis skenario PPT ini sangat pintar membuat alur. Padahal problem yang dimunculkan cukup banyak tetapi penulis pandai merangkai-rangkai cerita yang intinya ingin menyampaikan pesan berharga bagi pemirsanya. Istilah saya Wong pinter ning ora minteri (Orang pintar tapi tidak kepintaran)

Dalam mengatasi masalah mereka saling mengingatkan. Tak jarang demi mendapatkan pendapat yang benar mereka harus bertengkar dulu. Sebenarnya karakter pemain di sinetron ini cukup kompleks. Ada yang iri-an, ada yang cemburuan, ada yang ngeyelan, ada yang kepintaran, ada yang gak sabaran ditambah lagi kondisi masing-masing pemain, ada yang kaya tapi banyak juga yang hidupnya pas-pasan. Saya pikir Pak Ustad Feri itu keluarga mampu kalau dilihat dari perabotan dan kondisi rumahnya, nyatanya buat makan sehari-hari aja sering dikasih tetangga. Sebaliknya Pak Jalal yang awalnya kaya berbalik menjadi miskin papa, sampai dia harus tinggal di sebuah gubuk. Walaupun memiliki banyak tanah juga pembantu, tapi utangnya juga banyak.

Dan yang bikin mak jleb adalah peran trio Pak RW, Pak RT dan Bendahara. Ketiga orang ini selalu punya pikiran duit, proyek, untung. Dan satu lagi suka bikin malu. Asal berbau uang malu itu nomor sekian. Suap buat dapatin suara, menjual aset warga buat dijadikan Mall, atau.. batal belikan martabak karena kalah dalam pemilihan suara. Dan itu semua ditampakkan dalam adegan nyata. Gak pakai perasaan lagi. Coba kalau dalam kehidupan sehari-hari, martabaknya sih datang tapi ikhlasnya yang kabur duluan.

Kalau saya pemeran perempuan yang paling saya suka pastinya Aya. Orangnya cantik, modis, kalem, tapi kalau sudah cemburu dan marah, bikin semua lelaki emosi dalam batin. Kalau laki-laki sih saya suka sama karakter Bang Jack. Orangnya ceplas-ceplos, suka pura-pura, pinter nyari alasan, dan kocak.

Suka sekali lihat muka judesnya Aya :D Foto dari Google
Suka sekali lihat muka judesnya Aya πŸ˜€
Foto dari Google

Peran yang paling bikin gregetan itu Loli sama Udin. Pokoknya kalau orang 2 ini muncul, gak bisa nggak, sama seperti Bu Jalal bawaannya pengen marah aja sambil melototin mata.

Nah kalau ini sebel-sebel gregetan :D Foto punya Google juga
Nah kalau ini sebel-sebel gregetan πŸ˜€
Foto punya Google juga

Juga pasangan Pak Ustad Feri dan istrinya. Pasangan ini kelihatan harmonis tapi kalau sudah marah Bu Ustad suka bantingin panci.

Semua balutan dalam Sinetron PPT jilid 7 ini terasa sempurna dan asyik dinikmati. Cuma 1 yang bikin saya jengkel. Adalah sinekuisnya! Aduuh.. pengen aja protes sama SCTV, bisa nggak sih kalau sinekuis itu diilangin. Percuma aja tayang 1,5 jam tapi banyak iklan dan sinekuisnya. Paling-paling sinetronnya cuma tayang 40 menitan. Β Dan lagi kurang mutu, gak ada benang merahnya. Kalau guyonannya segar sih gapapa, atau paling tidak ada inti ceritanya, gitu. Jangan cuma ngeliatin orang wira-wiri didepan kamera, dengerin orang ngobrol yang gak ada maksudnya. Anehnya, penonton yang di studio itu kok tahan ya, kalau saya mungkin sudah tidur sambil ngiler, kali..

Oke, postingan ini sekian dulu. Dari awal ngomongin Sinetron PPT jilid 7, sebenarnya cuma mau bilang sebaiknya Β sinekuisnya diilangin. Sudah. Itu aja. πŸ˜€ *kabur jauh-jauh sebelum ditimpuk mantan mertuanya Udin*

Sebetulnya foto ini yang membuat saya punya ide nulis. Lihatlah, posenya mirip banget dengan fotonya Pak RT dan Kim waktu akan pemilihan ketua RW yang baru. Kang Yayat, pinjem fotonya ye..
Sebetulnya foto ini yang membuat saya punya ide nulis. Lihatlah, posenya mirip banget kan sama fotonya Pak RT dan Pak Hakim waktu akan pemilihan ketua RW yang baru.
Kang Yayat, pinjem fotonya ye.. πŸ˜€

 

34 thoughts on “Tentang Sinetron PPT jilid 7

  1. Dan yang bikin mak jleb adalah peran trio Pak RW, Pak RT dan Bendahara. Ketiga orang ini selalu punya pikiran duit, proyek, untung. Dan satu lagi suka bikin malu. —————–> fotonya kok aku Yun :mrgreen:

  2. Sinetron ini memang paling pintar menangkap fenomena arus bawah …
    satu dua ada yang agak di stilasi / di-lebay-isasi … namun esensinya … saya rasa ada di masyarakat kita saat ini …

    Favorit saya … Ibunya Azzam … !!! Henidar Amroe

    hehehe

    Salam saya

  3. Makin ke sini, PPT malah kurang menarik. Salah satunya adalah selipan iklan yang secara tiba2. Durasinya seakan panjang tapi isinya “sak uprit”. Yang banyak justru iklannya.
    Selainnya itu ceritanya makin menjauh dari jaman2 awalnya. Ini sich bisa dimaklumi. Tapi buat saya, masih lebih menarik PPT I s.d IV.

  4. Pasangan Loli dan Udin tuh memang paling unik. πŸ˜€

    Saya sudah gak pernah nonton PPT, Mba. .
    TV satu dowang, lebih sering untuk main PS sama adik. #MalahCurhat. πŸ˜€

  5. udah 7 tahun ga bosen2 nonton sinetron ini ya mba Yun, dari si Aya msh kinyis2 smp skrg lg hamil, setia bgt penulis script dan para pemainnya^^

  6. ada yg masih mengganjal dari cerita ppt 7, cerita hilang dan kembalinya duit dalam tas udin hansip, klu seandainya tak ada sesuatu hal yg bisa diterima logika untuk menjelaskan kejadian itu, sinetron ppt bakal sama seperti sinetron lainnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *