Jalan-jalan · Wajah Surabaya · Women Techno

Sehari bersama Smartfren, uji jaringan 4G LTE-nya Smart, Friend!

Hadirnya layanan 4G LTE di Surabaya menambah daftar koneksi yang perlu diperhitungkan. Meski saat ini jaringan yang dipersiapkan dalam tahap menuju kesempurnaan namun pembangunan internet mobile ber-pita lebar (broadband) ini sudah mulai menampakkan sinyal menjanjikan.

 

 

Tanggal 28 Juli lalu, saya menjadi salah satu manusia beruntung yang dapat merasakan kecepatan jaringan Smartfren 4G LTE di kota Surabaya.  

 

 

Smartfren Network Test Drive ini merupakan upaya mempercepat implementasi layanan 4G LTE di kota besar. Sebelum di Surabaya Smartfren telah melakukan rangkaian Network Test Drive di Denpasar, Batam, serta Kepulauan Riau. Setelah Surabaya, uji coba jaringan ini berlanjut di kota Malang.

Apakah uji jaringan di Surabaya mampu menampakkan hasil secara maksimal?
Yuk marii kita lihat hasilnya..

 

 

Rangkaian Network Test Drive 4G LTE hari itu dibarengi dengan program Community Development dimana tim Smartfren menyelenggarakan workshop Pemanfataan Smartphone dan Teknologi 4G LTE di Bidang Pendidikan di beberapa sekolah pilihan di Surabaya.  

 

Sekolah yang kami kunjungi saat itu adalah SMAN 1 Surabaya yang diikuti oleh perwakilan guru-guru dari SMAN 2, SMAN 5, dan SMAN 9 Surabaya. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan sebagai langkah mencerdaskan generasi penerus bangsa yang saat ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan internet, dan Smartfren dengan layanan 4G LTE nya menjadi bagian pelengkap penunjang layanan telekomunikasi sekaligus internet mobile broadband.

 

 

Selama mengikuti trip keliling Surabaya, saya tak henti-hentinya melakukan tes kecepatan jaringan 4G LTE Smartfren menggunakan aplikasi Ookla. Di beberapa wilayah yang saya lewati jaringan Smartfren terpantau naik turun. Kadang menunjukkan angka yang signifikan, kadang-kadang dibawah 10Mbps. Namun dari semua test jaringan, sama sekali tidak saya temukan dibawah 4 Mbps. Kecepatan yang menurut saya cukup lumayaan..  

 

 

Hasil penunjukkan angka pada aplikasi test kecepatan dijadikan PR yang harus dibenahi oleh tim Smartfren untuk ke depannya. Dan memang inilah yang diharapkan Smartfren sebagai ajang pembuktian terkait kesiapan peluncuran layanan 4G LTE-nya.

Disampaikan oleh Pak Munir S.P., Head of Network Special Project Smartfren, bahwa Smartfren berusaha memaksimalkan kesiapan jaringan 4G LTE di Surabaya dan Malang. Adanya kegiatan Network Test Drive ini diharapkan dapat menunjukkan performa maksimal terkait layanan 4G LTE sebelum diluncurkan secara komersil kepada masyarakat.  

 

Saya merasakan benar kecepatan sinyal 4G LTE. Beberapa kali mengupload foto, dan download aplikasi di playstore sama sekali tak menemukan buffer. Bahkan selama di jalan saya sempat nonton film Jodha Akbar via youtube dan rasanya aman-aman saja. Andai saat itu saya tidak diingatkan turun untuk makan malam, saya akan meneruskan yutuban sama Raja Jalal! Apalagi adegannya lagi seru-serunya! Hihi..

 

Kalau friends ingin tau banyak tentang perkembangan dunia Smartfren cari tau aja di www.smartfren.com, biar puasnya puaaaaaaass!!!

11 thoughts on “Sehari bersama Smartfren, uji jaringan 4G LTE-nya Smart, Friend!

  1. wah beruntungnya kotamu kak. di Kudus belom ada jaringan 4G kayaknya deh. bilangin dong ke smartfrennya biar jaringan 4Gnya dibangun juga di kota kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *