Ada cerita dibalik Soto Gobyos Ngarsopuran

Nama unik dan harga menarik masih dianggap senjata ampuh pengusaha kuliner untuk menjaring konsumennya. Nama makanan yang aneh dan harga yang cenderung murah meriah akan sukses membuat rasa penasaran pecinta kuliner untuk mampir dan segera mencicipinya.

Seperti pengalaman saya saat berkunjung ke Solo Mei lalu bersama peserta ABFI 2013, sepulangnya jalan-jalan malam dengan Bis Werkudara, kami berniat untuk mencari makan malam. Kebetulan Bis Werkudara yang telah membawa kami putar-putar ke seluruh penjuru kota Solo berakhir di depan Hotel Sahid Jaya, sehingga bagi peserta yang menginap di Hotel Sahid Kusuma mau tak mau harus merelakan diri pulang menuju hotel sendiri-sendiri, termasuk saya. Walaupun jaraknya agak jauh serta tidak mengerti jalan mana yang harus dilewati, saya merasa aman-aman aja. Toh kami jalan rame-rame, kalaupun nyasar juga nyasar rame-rame 😀

Bersama teman-teman seperjuangan yang gak ngerti jalan, tibalah kami di depan Pura Mangkunegaran. *Ealah ternyata jalannya cuma memutari tembok Pura, kalau ini sih anak kecil juga tau* hihi

Karena bertepatan malam minggu, jadilah kami mampir jalan-jalan dulu di Night Market Ngarsopuro yang berada tepat didepan Pura Mangkunegaran. Suasana malam itu sangat rame sekali dimana di Pura Mangukenagaran juga terdapat pertunjukan tari-tarian, membuat antusiasme penduduk  meningkat.

Yang tadi sempat protes minta makan jadi lupa kesihir baju batik. Giliran ingat lapar, seperti orang bingung tarik ulur sama teman-teman ini, ada yang ngajak beli makanan A, pas ditawari si ini mau, si ono gak mau. Padahal si ini udah terlanjur duduk, jadi berdiri lagi deh haha.. sampe begitu beberapa kali. Kami terus lanjut jalan melewati semua jenis kuliner, dan semuanya gak ada yang klop!

Akhirnya setelah jalan runtut sampai ke ujung, barulah ada sesuatu yang menarik minat kami. Dan semuanya kompak bilang iya. Memang sih namanya cukup unik, Soto Gobyos. Harga yang tertera juga langsung membelalakkan mata, Rp. 2.000 saja!

Warung Soto Gobyos yang sederhana
Warung Soto Gobyos yang sederhana

Penasaran kayak apa rasa soto gobyos harga duaribuan ini. Apakah puedes banget? Ato puanas banget? Yang pasti kayak judul sinetron, diantara 2 pilihan itu lah..

Begitu dapat duduk, serombongan ber 20 orang-an mungkin, kami memesan soto gobyos ini. Yah namanya rombongan, mas yang daftarin sampe bingung. Padahal sudah ada yang komando biar gampang nyatetnya “yang mau ngacung!”. Pas makanan datang eh, ada teriak ‘aku belum’. Ada lagi yang lainnya juga teriak ‘kurang 2 lagi’. Begitu sudah dikasih 2, teriak lagi ‘kurang lagi, 3’.  Mbak Inul bilang, maafkanlah..

Heran ini sama teman-teman, kenapa pesennya diencrit-encrit dan gak sekalian. Kasian si Masnya kayak setrikaan, kesana kemari riwa-riwi. Padahal setelah pesan, nunggunya juga lama lho, butuh waktu 15 menitan. Coba tau kenapa?

Mau ngasih tau jadi pengin tertawa saya. Maaf saya tinggal tertawa dulu ya 😀

Oke.. cukup!

Sebab, ukuran mangkok sotonya ini Cuma segedhe mangkok dawet! Itupun juga banyakan kuahnya. Ibarat normalnya orang makan, nasinya paling Cuma 5 sendok gak nyampe. Karena bawaan soto ini puanas pol, jadi saya bisa makan sampe 10 sendok. Itupun sudah saya tambahi aneka pelengkap seperti gorengan bakso dan telur yang harganya terpisah.

Aneka hidangan dan accesoris  penambah kenikmatan rasa serta penampakan soto gobyos yang porsinya jauh dari amber :D
Aneka hidangan dan accesoris penambah kenikmatan rasa serta penampakan soto gobyos yang porsinya jauh dari amber 😀

Tapi kalau segi rasa, wuih jangan ditanya, aseli! Wenak tenan! Rasa kuahnya mantap banget. Walaupun nasinya sedikit, tapi kuahnya sudah mewakili lidah. Sst.. karena itulah saya bisa habis 2 mangkok!

Pantes aja namanya soto gobyos! Rupanya harus habis 2 mangkok dulu supaya bikin gobyos! Jempol 4 deh buat trik marketingnya, Bu! Salut dengan idenya.

Menurut insting bisnis saya ya *cieh*, Yang membuat soto gobyos dikenal orang mungkin karena segi harga. Hari gini gitu lho, disaat semua bahan pada naik, masih ada yang berani jual makanan dengan harga yang tak lebih mahal dari harga parkir motor!

Dan lagi harga yang tercantum itu betul-betul harga yang sebenarnya. Gak pake tanda bintang kecil atau embel-embel syarat dan ketentuan berlaku. Oleh karenanya walaupun porsinya cukup ngagetin tapi ikhlas aja makannya. Disitulah mungkin seninya makan soto gobyos duaribuan ini, ada tawa, ada canda, ada celotehan dan pastinya ada joke-joke lucu yang membuat kita semua tertawa grrr..

Barangkali untuk mengimbangi pengeluaran, ibu penjual soto ini jualannya di belakang pasar Ngarsopuro yang sepi itu. Betul betul dibelakang, bukan didepan bersama stand-stand Night Market lainnya. Tapi, pengunjungnya tak kalah rame sama yang didepan!

Kok orang-orang bisa sampai ke belakang? Nah itu karena ada banner kecil yang dipasang di tembok bagian depan pasar lalu dikasih arah petunjuk sehingga memancing orang untuk datang. Secara kalau ibu itu jualan didepan, sudah pasti harus bayar ongkos stand.

Selepas menikmati 2 mangkok soto gobyos kami pulang masing-masing menuju hotel. Ada yang ke hotel Sahid Jaya dan ada yang ke Sahid Kusuma. Walau berbeda arah, kami telah membawa banyak kenangan manis dan cerita menarik yang nantinya dapat dipamerkan ke teman-teman dan sanak saudara bahwa di Solo ada makanan unik dan murah meriah, namanya Soto Gobyos

5 thoughts on “Ada cerita dibalik Soto Gobyos Ngarsopuran

  1. Ini soto memang makyus Yun .. tapi langgananku di daerah Gading sana. Satunya lagi di daerah Triwindu.
    SOlo memang sarat wisata kuliner. Kalo malam keknya hampir setiap jalan menyajikan makanan yang enak di lidah.
    Kamu juga harusnya nyoba wedangan hik … itu sensasinya luar biasa 🙂

  2. Yuniiii, jadi pengen ke Solo buat ngerasain soto ini deh…ngebayanginnya aja udah bikin saya penasaran 😀
    Eh, kayaknya saya bakal langsung pesen dua mangkok aja deh biar mbak dan mas-nya nggak bolak-balik kayak setrikaan…hehe

  3. I read a lot of interesting articles here. Probably you spend a lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool
    that creates unique, SEO friendly articles in seconds, just
    search in google – laranitas free content source

Leave a Reply