Ekosistem blogger LBI dan konsistensi blogger profesional

Ekosistem Blogger. 2 kata itu menjadi tema LBI di pekan ke dua belas saat ini. Pekan kedua belas di LBI ini merupakan pekan terakhir bagi peserta yang bertanding di Liga Blogger Indonesia 2015. Alhamdulillah hingga di pekan yang terakhir ini saya masih bisa mempertahankan konsistensi yang terus terang lumayan jatuh bangun aku mengejarnya..

Mempertahankan konsistensi ngeblog untuk mengejar poin LBI menurut saya merupakan awal perjuangan demi mencapai identitas sebagai blogger profesional. Kenyataannya, menjadi blogger profesional bukan perkara mudah. Banyak sekali hambatan-hambatan yang dilalui untuk mengejar ketertinggalan. Dan itulah mengapa kompetisi LBI saya anggap sebagai ajang uji coba dan kemampuan diri mencapai konsistensi ngeblog.

Selain berusaha konsisten memperjuangkan menulis postingan tema dan postingan biasa, selama 3 bulan ini pula, saya bersama peserta LBI yang lain, saling berjibaku dan mendukung apa yang sedang kami kerjakan. Tak melulu saling menyapa dan mention di social media, namun kami juga saling memberikan penghargaan dengan bertukar komentar di postingan masing-masing. Hasilnya upaya kami berbuah manis, yaitu hadirnya ekosistem baru yang disebut dengan ekosistem blogger LBI.

Tanpa kita ketahui, di Indonesia ini ada banyak sekali ekosistem blogger. Mereka membangun ekosistem demi upaya agar kegiatan mereka diketahui masyarakat luas. Macam-macam ekosistem blogger di Indonesia dipecah menjadi beberapa bagian. Mulai ekosistem blogger khusus membaca dan review buku, blogger yang suka travelling, blogger yang suka foto blogging, blogger suka memasak, atau mungkin blogger yang dibentuk atas nama daerah. Khusus untuk peserta LBI kita-kita juga bisa disebut sebagai ekosistem blogger LBI, lho..

Keuntungan menjadi bagian dari ekosistem blogger adalah kemudahan koordinasi bila ada info-info acara maupun undangan untuk blogger. Selain itu adanya ekosistem dapat membantu bila ada salah satu individu yang membutuhkan pertolongan seperti permintaan vote, like, komentar, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan ekosistem blogger LBI yang sedang berjalan ini, kami, selaku individu juga kerap meminta pertolongan saling meninggalkan komentar hehe..

10410099_1075015329180731_5142815021327476011_n
Ekosistem blogger peserta Green Metro Car. Foto milik Bu Ummi Fadlillah

Apa yang bisa didapatkan dengan menjadi bagian dari ekosistem blogger?
Banyaaak.. Yang pasti ada kedekatan emosi antar individu yang terbentuk. Saling menghargai, saling belajar, saling mengerti dan saling mengingatkan.

Saya sendiri telah menjadi bagian dari ekosistem blogger di Surabaya. Dan kami, para blogger Surabaya, bergabung dalam komunitas yang berbeda-beda. Meski beda, tapi kami tetap satu jua.. 🙂

22 thoughts on “Ekosistem blogger LBI dan konsistensi blogger profesional

  1. Setelah bergabung dengan sebuah komunitas, aku merasa semua informasi dan undangan menjadi sangat mudah. Senang banget bisa bersosialisasi dengan mereka yang memiliki hobi sama, sehingga bisa saling berdiskusi. Sukses selalu mba Yuniarnukti
    @rin_mizsipoel

  2. LBI telah menjadi suatu sistem. setiap yang ada di dalamnya telah berinteraksi dan semoga telah dan akan selalu memberi manfaat satu dengan lainnya. 🙂

    @f_nugroho

  3. Konsisten, satu kata yang sulit untuk direalisasikan. Saat kegiatan kampus dan nge-blog berjalan dengan bersamaan, akan berakhir pada strees mendadak. Apalagi tipe manusia seperti saya yang nggak bisa ngerjain berbarengan, harus ada yang dikorbankan. Dan lagi malas membaca menjadi salah satu faktor penyebab nya.. huhu bantu kasih motivasi dong Mba :))

  4. sorry mbak baru nongol, beberapa hari ini jaringanku lemot hehee,, jadi blm bisa mampir balik ^_^
    setuju kalo dengan membentuk ekosistem blogger bisa banyak manfaat yg diambil

Leave a Reply