Geliat Bisnis Konveksi di Surabaya dan trend seragam komunitas

Perkembangan bisnis dunia ini kian maju pesat. Tak melulu berpusat di Jakarta, tapi sudah merata merambah ke daerah. Kini hampir setiap daerah telah memiliki segala jenis usaha yang dibutuhkan masyarakat sehingga siapapun tak perlu datang ke Ibukota jika hanya sekedar memburu harga murah dan kualitas tinggi. Contoh jenis usaha yang kini semakin tampak perkembangannya adalah bisnis konveksi.

Perusahaan konveksi ibarat tanaman subur yang setiap saat tumbuh dan berkembang. Meski dunia fashion kerap mengalami perubahan namun tak membuat pengelola konveksi tergelincir. Justru karena arus fashion yang bergelombang yag tak tentu arah ini menjadikan bisnis ini semakin menggeliat. Fashion yang saya maksud disini bukan semata fashion gaya busana trendy, tetapi juga fashion sebagai simbol kebersamaan komunitas, seperti kaos, topi, jaket, atau sekedar membuat sablon sama di tas, kaos kaki, dan lain-lain hanya sebagai simbol adanya persamaan kegiatan. Banyaknya kebutuhan komunitas menjadikan perusahaan bidang konveksi di daerah seperti Konveksi Surabaya, Konveksi Semarang, dan daerah lainnya bertumbuh layaknya jamur di musim hujan.

Desain khas Kaos Cak Cuk Suroboyo

Desain khas Kaos Cak Cuk Suroboyo.

Saya pribadi pernah bersinggungan dengan jasa konveksi di Surabaya. Meski tidak secara pribadi namun sedikit banyak saya memahami bagaimana menjalankan bisnis usaha dalam bidang garmen ini. Seperti pengalaman saya keuntungan menggunakan jasa konveksi terdapat pada sedikit banyaknya jumlah barang yang dipesan. Semakin banyak pesanan, maka semakin murah harganya. Namun tak menutup kemungkinan ada harga-harga yang muncul karena batasan kondisi seperti banyaknya warna sablon yang digunakan, jenis ukuran lengan, ukuran baju, bordir dan mungkin juga variasi. Hal inilah yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi komunitas yang ingin menggunakan jasa sablon. Pada intinya perusahaan akan mengerjakan pesanan sesuai keinginan pemesan akan tetapi pengguna jasa sebaiknya juga memperhatikan tingkat kesulitan yang nantinya ditemui selama penggarapan. Misalnya kendala pewarnaan pada sablon yang ternyata melebihi batas ketentuan. Hal ini juga memicu molornya waktu pengerjaan. Jadi ada baiknya bila sebelum melakukan deal tanyakan secara detail pada perusahaan agar dibelakang hari tidak terjadi kesulitan.

Cak Cuk Suroboyo

Khas Suroboyo

Salah satu jasa konveksi di Surabaya yang pernah saya temui adalah Vido Garment. Vido Garment adalah pabrik kaos dimana sistem promosinya menggunakan layanan online. Ada banyak jenis produk yang ada di Vido Garment, antara lain kaos, jaket, kemeja, poloshirt, dan topi. Jenisnya pun macam-macam sehingga pemesan dapat memilih jenis bahan apa yang ingin digunakan. Untuk kaos tersedia mulai dari bahan TC, Katun, dan Drafit. Harganya dibuka mulai 25 ribu – 67 ribu. Sementara harga jaket dipatok antara 80 ribu – 125 ribu dengan jenis bahan antara lain Diadora, Adidas, Parasit, Fleece, Drill, Kanvas, dan Mikro tebal. Untuk Kemeja harga mulai dari 85 ribu – 105 ribu dengan jenis bahan American Drill, Nagata Drill dan Futura. Dan range harga Poloshirt antara 50 ribu – 110 ribu dengan bahan Lacoste TC, Lacoste Katun, Lacoste Pique, dan Lacoste Semi Rajut. Dengan catatan keseluruhan harga yang dipatok khusus jumlah pemesanan minimal 100 biji.

Melihat geliat perusahaan konveksi di daerah yang semakin berkembang ini saya meyakini bakal mampu bersaing di era global. Tak menutup kemungkinan persaingan harga yang semakin terjangkau dapat memacu perusahaan berskala besar memesan seragam untuk seluruh karyawannya sebab seragam dewasa ini telah menjadi nilai prestise sebuah perusahaan.

Untuk tips pemesanan kaos saya pikir disesuaikan saja dengan kebutuhan. Ingin bahan yang tipis atau yang tebal. Namun jangan juga menggunakan bahan terlalu tipis seperti ‘saringan tahu’ dimana bahan seperti itu seringnya sulit menyerap keringat. Saran saya untuk kebutuhan komunitas lebih baik menggunakan yang berbahan katun. Harganya tak terpantau jauh, bahan katun lokal kisaran harga sekitar 47 ribu – 55 ribu/pc-nya. Sedangkan desainnya sendiri manfaatkan kreativitas anggota yang berkesan unik agar kaos komunitasmu memiliki icon tersendiri. Bagaimana, ada ide bikin kaos seragam komunitas? 😉

author
Author: 
loading...
  1. author

    Lidya2 years ago

    Minimum pemesanan berapa banyak mbak?

    Reply
  2. author

    Melly Feyadin2 years ago

    Bisnis konveksi sekarang emg menjanjikan ya mbak.

    Reply
  3. author

    rie2 years ago

    konveksi yang beraliran komunitas atau ke khasan daerah bakal menjadi trend sepanjang masa tuh mbak

    Reply
  4. author

    Dini Febia2 years ago

    Bener banget, nih. Kalau sesuai kebutuhan kan nyaman, ya.

    Reply
  5. author

    Bibi Titi Teliti2 years ago

    mbak Yuuuun…
    kalo misalnya pengen pesen kaos dengan gambar mukanya Lee Min Ho gitu kira2 bisa gak yah mbaaak…bhuahaha…

    Reply
  6. author

    Tyaseta2 years ago

    Ada,gmn klo kita pesrta LBI buat kaos? Bayarin yak hwehe btw keren ada pengalaman,tulisannya juga bagus @guru5seni8

    Reply
    • author

      f.nugroho2 years ago

      semoga dari sponsor bisa merealisasikan. hehe

      @f_nugroho

      Reply
  7. author

    Didno2 years ago

    Setuju dengan bu Tyaseta. gimana kalo peserta LBI buat Kaos LBI

    Reply
  8. author

    @maschunsofwan2 years ago

    Semoga maju terus usaha kreatif ini di surabya

    Wah setuju tuh buat kaos lbi2015 buat kenang-kengan:)

    Reply
  9. author

    islam di dadaku2 years ago

    wah kalau warung blogger bikin kaos semuanya mesti banyak nih

    Reply
  10. author

    chikarein2 years ago

    banyaknya komunitas yang bermunculan memang jadi peluang untuk bisnis konveksi ya mabak

    Reply
  11. author

    Rinrin Rinjaniah2 years ago

    Wah… Aku belum pernah bersinggungan langsung ternyata gitu yah, kalau aku Dan komunitasku masih dalam rencana untuk membuat kaos komunitas …
    @rin_mizsipoel

    Reply
  12. author

    RuriOnline2 years ago

    Ehem! Kaos LBI. *lirik panitia LBI* 🙂 @RuriOnline

    Reply
  13. author

    Adibriza (@ADIBRIZA)2 years ago

    Kaos komunitas ku udah setumpuk. Tiap kali ikut. Buat. Ikut. Buat akkkkk banyak. Emang salah satu simbol eksistensi dari adanya komunitas ya pakaian

    Reply
  14. author

    Bahrul Ilmi2 years ago

    ya semoga saja usaha konveksi ini nantinya bisa bersaing secara global melalui dunia digital 🙂

    Reply
  15. author

    @kakdidik132 years ago

    Ayo buat baju BLOGDetik Jawa Timur hehehe

    Reply
  16. author

    Nurtanio Ramadhan2 years ago

    Lucu tuh kaos aw.nya hehe. Mantap deh apik apik asli nih kaosnya hehe

    Reply
  17. author

    Beby2 years ago

    Kalok pakeknya barengan memang seru ya.. Apalagi pas kegiatan outdoor gitu 😀

    Reply

Leave a Reply