Mengatasi provider 3 yang bermasalah

Tiga hari ini saya mengalami kendala internet. Ada beberapa halaman web yang tidak bisa dibuka, salah satunya login blog. Setiap kali login selalu saja muncul halaman Timeout Occurred While Processing the Operation. Saya pikir wordpress sedang ada masalah, ternyata kendalanya ada pada koneksi. WordPress maafkan saya karena telah menuduhmu yang tidak-tidak.

Taunya koneksi bermasalah setelah saya browsing. Rupanya bukan saya aja yang mengalami, hampir rata-rata pengguna provider 3 juga mengalami hal yang sama. Bahkan ada beberapa teman blogger yang membagikan settingan internet agar permasalahan teratasi.

Seperti informasi yang saya dapat di blognya Mas Ari Bicara agar kendala koneksi teratasi caranya adalah dengan settingan seperti dibawah ini:
Nama: 3data
APN: 3data
APN type: Kosongkan
Proxy: Kosongkan
Port: Kosongkan
Username: 3data
Password: 3data
Server: Kosongkan
MMSC: Kosongkan
MMS proxy: Kosongkan
MMS port: Kosongkan
MCC: 510
MNC: 89
Authentic type: Kosongkan

Berbekal format settingan diatas, saya coba cocokkanlah dengan settingan di hape saya. Dan meskipun sama tapi entah kenapa masih bermasalah. Jadi bingung dimana masalahnya…

Tidak mau berlarut-larut tadi pagi saya datangi gerai 3. Seperti pengalaman yang sudah-sudah, bila koneksi bermasalah saya harus menemui CS provider dulu. Insya Allah dijamin, sepulang dari gerai provider internet akan lancar seperti semula.

Di depan CS saya serahkan 2 SIM Card. Yang satu SIM Card modem, satunya lagi SIM Card hape. Dua-duanya sama bermasalahnya. Oleh CS SIM Card itu dicek, entah dicek apanya. Yang pasti CS hanya memberitahu sisa kuota internet. Karena saat itu saya hanya membawa hape dan modem (tanpa membawa laptop) maka untuk hape disettingkan sama CS. Sedangkan untuk SIM Card modem, CS memberikan catatan settingan APN seperti dibawah ini:
Profil Name: 3data
User Name: 3data
Password: 3data
Authentication type: PAP
Dial Up: *99#
APN: Static lalu isi 3data

Sepulang dari CS saya langsung online di hape, dan taraaa… berhasil. Lalu bagaimaa di modem? Sama saja, langsung lancar jaya. Padahal saya nggak pakai nyetting-nyetting seperti data diatas lho..

Dan seperti yang teman-teman lihat, sekarang blog ini sudah diupdate. Karena saya sedang mengikuti Liga Blogger 2015, dimana syaratnya seminggu harus posting 3 tulisan, maka untuk mengejar jumlah tersebut dalam sehari ini saya sudah posting 2. Seperti minum Yakult, ya hehe..

16 thoughts on “Mengatasi provider 3 yang bermasalah

  1. banyak juga ya blogger yang meneluhkan tri lelet… hahahaa…

    saya uah kapok mbak pake3. dulu sekitaran setahun yang lalu lancar jaya… sekarang buat sekedar konek aja ogah2 an padahal barusan beli perdana…

  2. saya dulu pakai 3. tapi 2 th belakangan dah pindah ke operator lain. 3 sih relatif murah tarif internetnya, tapi di daerah rumah, koneksi sering bengong. padahal selalu dapat sinyal biru di modem (3g). tapi ya itu boro2 dipakai download, dipakai buka web biasa saja sudah lemot… padahal, dulu kalau buat download selalu stabil di kisaran 0,4 – 0,5 mbps

  3. 3 aon harys kuota 5gb baru gak ngos2an itu kata manajer teknis 3
    Kl quota dibawah itu time occured itu lauk pauk yg harus disantap hahahaha

Leave a Reply