Stilrod Cafe, sensasi cafe ‘London’ di Surabaya dengan menu otentik British

Rasanya masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa menikmati hidangan Internasional. Tak melulu nasi saja, kentang, roti dan daging sudah menjadi bagian makanan favorit. Sebut saja burger, pizza, steak, salad. Biasanya makanan-makanan itu bersanding manis dengan kopi, teh, maupun juice.

Banyaknya cafe membuat anak muda dan executive muda terbiasa menghabiskan waktunya dengan menikmati hidangan luar negeri sambil nongkrong-nongkrong manis. Wifi-an, ngobrol bersama teman sembari mendengarkan instrumen musik adalah hal yang menyenangkan. Apalagi dilakukan sore hari setelah jam tutup kantor, hmm asyiknya..
Melepas lelah ditemani kopi itu sungguh nikmat!

Di Surabaya ini banyak sekali Cafe dan tempat nongkrong yang asyik. Cafe-cafe itu tak hanya menyuguhkan hidangan yang unik dan murah tetapi juga menawarkan konsep yang lain dari pada yang lain sehingga pengunjung merasa nyaman dan merasakan sensas yang berbeda.

Salah satu cafe yang menawarkan konsep suasana dan hidangan berbeda adalah Stilrod Cafe. Cafe ini berada di jalan Juwono no. 2 Surabaya, lokasinya tak jauh dari Taman Bungkul. Bagi yang sering melalui jalan raya Darmo, pasti tak asing dengan Cafe ini sebab konsep yang diusung Stilrod cafe adalah Authentic of London dimana suasana yang dihadirkan seperti venue cafe yang ada di London.

Jarang-jarang ada cafe ala Inggris dengan sajian otentik kuliner Inggris. Namun Stilrod cafe sebisa mungkin menghadirkan sajian seotentik aslinya.

We’ll Bring You England

Pertama menjejakkan kaki di Stilrod Cafe suasana exteriornya begitu nyaman. Dibalik pagar, dibagian teras sebelah kiri, terdapat sebuah cottage. Sedangkan disebelah kanan berupa taman yang menyejukkan dilengkapi air mancur. Selainnya tampak piccadilly Square alias bangku-bangku panjang dari kayu yang ditata sedemikian rupa sehingga cocok dipakai nongkrong rame-rame.

Pemandangan ini sengaja dihadirkan di Stilrod Cafe untuk memberikan pelayanan lebih kepada pengunjung yang ingin mengadakan pesta BBQ bertema British Garden

Piccadilly Square @ Stilrod Cafe

Piccadilly Square @ Stilrod Cafe

Semakin ke dalam atmosfernya sudah beda lagi. Saya seolah berada di dua negara. Kalau tadi masih di Indonesia, dan sekarang saya dibawa ke London. Persis seperti konsep Stilrod Cafe yang berbunyi: We’ll Bring You England. Bagaimana tidak disekitar saya berdiri terdapat aneka icon London. Semakin menarik lagi saat melihat phone booth warna merah yang begitu ‘London punya’ berdiri megah diantara bangku kayu. Model pesawat telepon yang digunakanpun berjenis lawas. Saat saya mencoba mengangkat gagangnya, pesawat telepon ini ternyata masih fungsi.

Narsis di depan Phone Booth

Narsis di depan Phone Booth

Selain phone booth khas negara Inggris, ada juga mobil Ford Anglia milik Ron Weasley di film Harry Potter. Mobil ini tampak terawat baik dengan foto Harry Potter dan  Ron Weasley dibagian kaca depan. Pada dinding belakang yang mengarah ke jalan tampak bendera Britania Raya tergantung melebar sehingga tampak mencolok. Dibagian lain ruangan terdapat Clothing Store and merchandise dengan tema British.

Anglia Stilrod Cafe

Ford Anglia Stilrod Cafe

Tak ketinggalan pula disain interior room di Stilrod cafe ini juga mengusung tema Vintage Industrial. Secara spesifik disain bangunan Stilrod Cafe merupakan perpaduan gaya vintage dan art nouveau.

Di dalam ruangan terdapat dining room dan British Bar. Meski dipenuhi merchandise ala London namun kenyamanan pelanggan tetap diutamakan. Seperti yang saya rasakan, tempat duduk dining roomnya sangat cozy. Pelanggan bisa memilih antara duduk di sofa atau duduk di bangku kayu. Tata ruangnya begitu artistik dengan lampu penerangan menyorot lembut dan elegan.

Menurut Mbak Ovy Cahya, Manager Stilrod Cafe, sejarah berdirinya Stilrod cafe berawal dari kecintaan owner Stilrod terhadap icon London. Pada awalnya Stilrod adalah toko sepeda, namun seiring hobi sang owner terhadap sesuatu yang berbau England kemudian melebarkan sayap dengan membuka Cafe serta bloody store dengan menjual merchandise dengan tema British.

Mbak Ovy Cahya, Manager Stilrod Cafe memperkenalkan Barista dan Chef Stilrod Cafe

Mbak Ovy Cahya, Manager Stilrod Cafe memperkenalkan Barista dan Chef Stilrod Cafe

Suguhan menu otentik British ala Stilrod cafe

Tak hanya mengajak jalan-jalan ke London saja, Stilrod juga mengenalkan kuliner Inggris di Surabaya. Buat teman-teman yang ingin merasakan hidangan khas London tak perlu jauh-jauh terbang ke London karena Stilrod cafe telah menyediakan berbagai macam kuliner London dan beberapa menu dari Asia serta Italia.

Dari sekian menu yang ditawarkan di Stilrod Cafe, setidaknya terdapat sekitar 48 food menu serta 59 beverages menu. Untuk food menu range harga dibuka mulai 20 ribu – 100 ribu, sedangkan beverages menu range dibuka antara 15 ribu – 40 ribu.

Oke, Mates!
Sekarang saatnya cicipi menu otentik British ala Stilrod cafe!

Eh, jangan heran ya kalau saya menyapa kalian dengan sebutan, Mates. Di Stilrod Cafe ini pelanggan yang datang akan disapa ramah dengan sebutan, Mate. Mm.. kalau di Indonesia sih mirip-mirip seperti Halo, Gan!

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Stilrod menyuguhkan hidangan otentik British, maka bahan-bahan yang digunakan pun menggunakan bahan-bahan impor. Salah satunya Daging. Dalam penyajiannya Stilrod menggunakan Australia beef. Penggunaan Australia beef ini dimaksudkan agar daging bisa masak sempurna dan rasa yang didapat menjadi lebih otentik.

Gurih dan renyah Pizza Stilrod British

Tak seperti pizza-pizza yang seperti kita lihat biasanya, pizza ala Stilrod ini sangat jauh berbeda. Penampilannya lebih tipis dari pizza-pizza umumnya. Pizza Stilrod British memiliki pinggiran renyah dan bentuknya lebih ke kotak.

Pizza Stilrod British

Pizza Stilrod British

Toping Pizza Stilrod British lebih kompleks karena topingnya menggunakan banyak bahan yaitu Tomato concase, smoked beef, grill chicken, sauté slice onion, mushroom , cheddar , dan mozzarella. Paduan bahan-bahan ini membuat rasa pizza Stilrod British menjadi lebih gurih dan segar. Ditambah lagi tepian pizza yang renyah membuat Pizza Stilrod British kesannya lebih unik dan tidak eneg.

Creamy Crunchy Scots Egg

Scots egg terbuat dari sebutir telur rebus dibagi dua yang digulung dengan smoked beef lalu dibalur dengan saus lembut dibagian atasnya. Bagian luar scots egg ini begitu crunchy dan saya suka dengan teksturnya. Renyah tapi tidak keras.

Scots Egg Stilrod Cafe

Scots Egg Stilrod Cafe

Begitupula dengan sausnya. Sausnya berwarna kekuningan dan teksturnya lembut yang jika dirasa-rasa layaknya paduan susu dan keju. Meski diletakkan diatas scots egg namun saus ini begitu tebal sehingga ketika dibelah maka sausnya akan menempel hingga suapan terakhir.

Sisi dalam Scots Egg

 

Bentuk scots egg ini menyerupai kue lumpur. Ukurannya sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak besar banget. Pas lah untuk ukuran snack.

Scots egg ini merupakan menu baru di Stilrod Cafe. Walaupun begitu menu satu ini banyak dicari pelanggan. Tidak keliru jika saya juga menyukai scots egg ini.

Lezat dan nikmat Bangers and Mash

Bangers and Mash merupakan kuliner tradisional Inggris. Kuliner satu ini begitu difavoritkan oleh orang Inggris dan Irlandia. Konon mereka menyukai Bangers and Mash karena pengolahannya cepat dan mudah. Selain itu biaya pembuatannya relatif murah, porsi yang dihasilkan juga cukup besar.

Bangers and Mash terdiri dari tiga potong sosis dengan rasa yang berbeda-beda. Sosis ayam, sosis sapi dan veal atau daging sapi muda yang ditata sejajar diatas Mash potato yang diolah sehingga menghasilkan tekstur halus dengan rasa yang nikmat. Mash potato terbuat dari kentang rebus yang dilembutkan dan ditambahkan dengan susu. Diantara bangers and mash terdapat saus original recipe Stilrod Cafe. Saus berwarna kecoklatan membuat penampilan bangers and mash menjadi lebih menarik. Rasanya pun semakin lengkap dengan taburan lada hitam diatas hidangan ini. Sesuai dengan lidah orang Surabaya yang menyukai makanan pedas.

Bangers and Mash Stilrod Cafe

Bangers and Mash Stilrod Cafe

Agar rasa Bangers and Mash terasa otentik, cara mengolah sosisnya dengan cara di grill.

Oya, saran saya sebelum menikmati Bangers ad Mash kosongkan dulu perut anda. Jangan kaget jika melihat porsi yang cukup besar mampir dimeja dan anda terbelalak saat melihatnya sebab sosis yang digunakan Stilrod ukurannya lumayan jumbo..

Creme Brulee, dessert tradisonal Italia

Persis dugaan saya!
Sesaat setelah menghabiskan Bangers and Mash saya berharap bisa menikmati sesuatu yang manis-manis. Sebab dari ketiga menu mulai dari main course, Italian Cuisine, hingga snack rata-rata rasanya asin dan gurih . Makanya saya pengen sesuatu yang manis supaya mukaku juga terlihat lebih manis *eaaa…*

Daaannn… jreng-jreng.. datanglah si manis itu… yeayyy Creme Brulee…

Creme Brulee ala Stilrod Cafe

Creme Brulee ala Stilrod Cafe

Jika melihat Creme Brulee ala Stilrod Cafe entah mengapa saya teringat sama Chef Marinka-nya Master Cfeh. Chef Marinka kan paling jago bikin-bikin masakan Prancis dan Italia.

Ketika melihat cup mini berisi creme brulee rasanya gemas aja pengen cepat-cepat mencicipi. Apalagi ada sebiji ceri diatas creme brulee membuat penampilan creme brulee jadi sangat cantik.

Setelah puas menikmati penampilannya saya pun melakukan eksekusi. Begitu disendok creme brulee terasa ringan. Dilidah pun rasanya sangat lembut. Yang membuat saya semakin tak sabar menghabiskan creme brulee ini adalah manisnya pas. Tidak kemanisan. Jadi, walau perut sudah terasa penuh karena menghabiskan banyak makanan, creme brulee tidak membuat perut saya menjadi sesak. Creamnya susunya sangat kuat.

Ngomong-ngomong manis, Stilrod Cafe tidak menggunakan gula untuk minuman herbalnya. Tetapi menggunakan madu. Sehingga manis yang didapat lebih terasa alami.

Kiwi Juice ala Stilrod Cafe ini tidak menggunakan gula dan sirup tetapi menggunakan madu

Kiwi Juice ala Stilrod Cafe ini tidak menggunakan gula dan sirup tetapi menggunakan madu sehingga manis yang didapat jadilebih alami

Segarnya otentik kopi O’Coffe Frappe

Sebagai Cafe yang menyuguhkan hidangan western tentu saja Stilrod cafe juga menawarkan berbagai jenis minuman seperti kebiasaan masyarakat barat. Aneka jenis olahan kopi, premium english teh dan olahan dari buah-buahan segar dihadirkan oleh Stilrod Cafe.

Kopi di Stilrod cafe diolah macam-macam oleh Barista. Mulai dari yang single origins, espresso, hingga coffe frappe. Yang menarik single origins di seduh dengan menggunakan 2 metode berbeda yaitu french press dan menggunakan syphon

Single Origins with French Press

Single Origins with French Press

Single Origins with Syphon

Single Origins with Syphon

Dari sekian pilihan minuman saya tertarik dengan O’Coffe Frappe. O’Coffe Frappe ini menjadi satu diantara minuman yang masuk dalam list Barista’s Recomendation.

O’Coffe Frappe

O’Coffe Frappe

Coffe diblend dengan toping whipped cream dan oreo menarik perhatian saya. Panasnya kota Surabaya disertai keinginan menyeruput kopi menjadikan O’Coffe Frappe pilihan satu-satunya.

Sembari menikmati hidangan sesekali saya menyeruput kopi blend segar. Yang unik dari O’Coffe Frappe adalah whipped creamnya juga bercitarasa kopi. Secara keseluruhan O’Coffe Frappe enak dan patut jadi minuman rekomendasi.

Cari tongkrongan seru dan asyik? Stilrod Cafe aja!

Untuk kalian anak muda atau executive muda sekarang nggak usah galau-galau lagi nyari cafe buat kongkow-kongkow. Apalagi sampai jauh-jauh ke daerah pinggiran. Cukup yang dekat aja di tengah kota. Mau kerja kelompok, diskusi buku, meeting dengan klien, sekedar santai-santai sambil ngenet atau dengarin musik rame-rame sama teman, semua bisa dilakukan di Stilrod Cafe. Jam operasionalnya buka dari jam 16.00 hingga jam 00.00.

Stilrod Cafe malam hari

Stilrod Cafe malam hari

Oya Mates, di Stilrod Cafe lagi ada program seru lho.. namanya 5DEALS!

Apa itu 5DEALS?
Oke baca baik-baik aturan mainnya dibawah ini:

Siapapun kamu bila datang ke Stilrod cafe dengan mengajak beberapa teman totalnya 5 orang maka kamu berhak mendapatkan makanan gratis! Apa aja makanannya? Simak baik-baik, ya…

Jika datang hari Senin dikasih free Pizza
Jika datang hari Rabu dikasih free Pancake
Jika datang hari Kamis dikasih free Fried Cheese
Jika datang hari Jumat dikasih free Sandwich

Tapi jangan lupa upload fotomu sekreatif mungkin, follow dan mention @stilrodcafe dengan hashtag #5deals untuk mendapatkan kesempatan menjadi pemenang setiap minggunya.

Hari Sabtu ada pula program menarik yaitu Saturday Night Special, dimana pengunjung akan mendapat hiburan live music serta bagi-bagi doorprize!

Untuk mendapatkan beragam informasi menarik lainnya dari Stilrod cafe, boleh memfollow social media Stilrod Cafe:
Facebook: Stilrod Cafe
Twitter: @stilrodcafe
Instagram: stilrodcafe

Mates! Yuk rame-rame ke Stilrod Cafe dan rasakan sensasi otentik Britishnya..

author
Author: 
loading...
  1. author

    nunuelfasa.com2 years ago

    nagiiih, pengen ke sini lagi

    Reply
  2. author

    HM Zwan2 years ago

    5 deals nya oke juga….kreatif
    ciee yg foto di depan phone box,bawa benan g tuh??hahahha….

    Reply
  3. author

    Lidya2 years ago

    box telepon umumnya khas banget London 🙂

    Reply
  4. author

    Gunawan Warsito2 years ago

    wah enak……

    Reply
  5. author

    dWi2 years ago

    5dealsnya menggoda buat kesini lagi loh mbak 😀

    Reply
  6. author

    ririe2 years ago

    mau mau ke stilrod cafe, di undang mbak Yunik kan ya?
    hehee

    Reply
  7. author

    Nurul Rahmawati2 years ago

    O’Coffe Frappe nya menggoda imaaaann…. *sembunyiin timbangan* *lupain diet kalo kemari ya mak*

    Reply
  8. author

    Tatit Ujiani2 years ago

    melihat menunya menggoda iman. Ono rego ono rupo ya mbak. 🙂

    Reply
  9. author

    eviindrawanto2 years ago

    Melihat menunya, lantas aja air liur ngeces, Mbak Yuni. Cafe ini bagus ya untuk perkenalan budaya england bagi anak muda Indonesia 🙂

    Reply
  10. author

    susan2 years ago

    wah menunya kelihatan lezat, pengen nyobain tapi ga bisa hiks

    Reply
  11. author

    Bibi Titi Teliti2 years ago

    Whoaaaa…aku ngiler lihat poto makanannya mbaaaaa 🙂
    TErutama yang sosis jumbo nya ituuuuu 🙂

    Eh, asyik dong yah kalo bawa temen 5 bisa dapet gratisaaaaan?
    Hayu atuh mba 🙂

    Reply
  12. author

    Dwi Puspita Nurmalinda2 years ago

    yang ada oreonya yg bikin aku ngiler mbak,,,

    Reply
  13. author

    carmen2 years ago

    Bangers and mash, sih enak an sate daging kelopo karo lontong. Hehe,pengenalan budaya barat ke anak muda,what for,makanan&budaya indonesia is whole lotta better. Well in my very humble opinion,peace mates.

    Reply
  14. author

    Tyo2 years ago

    wah lucu yah restoran british tapi nyediain pizza juga.. pizza ala inggris. tapi looks good 😀

    Reply
  15. author

    talaga sampireun bintaro1 year ago

    wah konsep restonya boleh juga tuh..berasa di London..:)

    Reply
  16. author

    Anis Zubair10 months ago

    Salam kenal. Saya juga baru dari sini.
    http://warungdandepot.blogspot.co.id/2016/03/stilrod-cafe.html

    Reply
  17. author

    Yoekaa8 months ago

    Kemarin maen ke Surabaya tapi gak mampir… haha gak tahu sih

    Reply
  18. author

    Gayahidupku.com8 months ago

    Wah buat yang suka hal-hal berbau British harus ke sini nih 😀

    Reply

Leave a Reply