7 Tips Simpel Jual Rumah Cepat Tanpa Ribet. Cobain, yuk!

Lelah karena rumah yang dipasarkan tak kunjung terjual? Mungkin teman-teman belum menerapkan cara jual rumah cepat secara benar, hehe.

Urusan jual beli rumah memang tidak semudah bayangan, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan sebelum teman-teman memasarkan rumah tersebut.

Jual Rumah Cepat
Photo: Freepik

Pasalnya, rumah termasuk dalam kategori barang eksklusif, sehingga pangsa pasarnya cukup terbatas. Belum lagi ketatnya persaingan bisnis jual beli rumah yang kian menjamur. Rasanya makin sulit saja menemukan jodoh pemilik barunya.

Kendati demikian, keuntungan yang dihasilkan dari menjual rumah bisa dikatakan sangat menggiurkan. Tak heran, jika kemudian banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis property satu ini.

Lantas, apakah dengan tantangan seperti ini teman-teman tetap berniat untuk menjual rumah? Saran saya, sih jangan pasrah. Teruslah berusaha! Nggak perlu ribet, teman-teman tetap bisa jual rumah cepat dengan mengikuti tips simpel di bawah ini.

Perhatikan Tren Jual Beli Rumah

Tips simpel pertama yang bisa kamu lakukan ketika jual rumah cepat adalah melakukan riset terhadap tren jual beli rumah.

Mengapa hal ini penting? Supaya teman-teman dapat mengetahui estimasi harga yang paling pas untuk rumah yang sedang dipasarkan.

Caranya mudah, cuma modal niat dan kemauan saja, kok. Yaitu dengan rajin mengikuti berita properti nasional di berbagai situs properti atau berita online.

Upaya lainnya adalah dengan memperhatikan tren jual beli rumah yang sedang berkembang, agar teman-teman dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk jual rumah cepat.

Sebagai bocoran, saat suku bunga turun cara cepat jual rumah bisa dijadikan solusi. Sebab, pada saat suku bunga turun, harga cicilan lebih rendah, sehingga orang-orang memanfaatkannya untuk membeli rumah.

Patok Harga Secara Realistis

Realistis bukan berarti tidak percaya diri, lho. Meskipun teman-teman ingin jual rumah cepat, namun bukan berarti kalian harus mematok harga tersebut serendah-rendahnya.

Jual Rumah Cepat harga Realistis
Photo: Freepik

Kemungkinan terjual sih lebih tinggi, tapi kemungkinan mengalami kerugian juga lebih besar. Maka dari itu, patok harga rumah secara realistis.

Bagaiman cara menentukan harga jual rumah cepat secara realistis? Langkah yang paling mudah dengan bertanya kepada tetangga terkait harga pasaran rumah dan tanah di kawasan tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kisaran harga jual rumah dengan menghitung nilai jual objek pajak (NJOP) rumah tersebut.

Pada umumnya, penjual akan menaikkan 2-3 kali lipat dari nilai NJOP rumah untuk menentukan kisaran harga dari rumah yang sedang ia jual.

Gunakan segala jenis pemasaran

Agar berhasil jual rumah cepat, kamu harus memanfaatkan segala jenis pemasaran yang ada. Hal ini bertujuan untuk membuka pangsa pasar seluas-luasnya.

Mulailah dengan cara tersimpel, yaitu dengan memberikan info dari mulut ke mulut terkait rumah yang dijual. Bisa kepada keluarga, teman, atau rekan kantor.

Jika terasa kurang efektif, coblah untuk memasang iklan di media massa seperti koran, baliho, spanduk, dan media cetak lainnya.

Masih belum terjual juga? Ada lagi nih, cara paling kekinian untuk memasarkan hunian, yaitu dengan membuat listing di situs jual beli rumah.

Ya, saat ini banyak sekali situs jual beli rumah bermunculan di Indonesia. Situs-situs properti ini bisa dimanfaatkan untuk membantu jual rumah cepat.

Salah satunya adalah laman 99.co./id atau biasa disebut 99.co Indonesia. situs properti terbesar di tanah air ini dihuni kurang lebih 1,5 juta listing properti yang berlokasi di seluruh wilayah di Indonesia.

Banyaknya jumlah listing properti di situs tersebut membuat sebagain besar masyarakat menjadikannya sebagai referensi utama dalam pencarian rumah secara online.

Selain pasar yang tidak terbatas, kelebihan situs jual beli rumah adalah teman-teman dapat membuat iklan secara gratis. Kalian bisa bekerjasama dengan agen properti 99.co Indonesia untuk memasarkan rumah kalian.

Oleh sebab itu, menggunakan situs jual beli rumah seperti 99.co Indonesia merupakan cara jual rumah cepat yang cukup efektif.

Buat Iklan yang Informatif dan Menarik

Menyambung dari tips jual rumah cepat sebelumnya, membuat iklan yang menarik pada situs jual beli rumah merupakan hal yang wajib dilakukan. Proses jual beli rumah yang berlangsung via online, tidak mempertemukan secara langsung antara pihak penjual dan pembeli rumah. Sehingga, informasi yang didapatkan calon pembeli hanya berdasarkan apa yang tersedia di dalam iklan rumah tersebut saja.

Photo: Freepik

Oleh karenanya, cantumkan secara jelas segala informasi penting yang harus diketahui calon pembeli pada deskripsi iklan, seperti lokasi, spesifikasi bangunan, kondisi rumah, fasilitas, dan lain-lain.

Selain itu, unggahlah foto semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik untuk membeli, dan kalian berhasil jual rumah cepat.

Hindari foto berkualitas rendah, shaky, dan gelap. Gunakan perangkat foto yang baik, seperti handphone dengan kamera minimal 5 megapixel atau kamera profesional DSLR.

Kelola Kebersihan dan Kerapian Rumah

Baik dipasarkan secara online maupun offline, biasanya calon pembeli akan melalukan survei terlebih dahulu untuk melihat secara langsung kondisi rumah.

Sehingga, sebelum berekspektasi untuk jual rumah cepat, ada baiknya teman-teman senantiasa mengelola kebersihan dan kerapian dari rumah tersebut.

Lakukan pembersihan rumah secara berkala, mulai dari halaman dengan hingga ruangan dalam rumah.

Hal ini penting. Biasanya calon pembeli akan lebih tertarik membeli rumah dengan kondisi rapi dan bersih. Apalagi areal halaman, yang menjadi bagian pertama pada rumah, akan dilihat oleh calon pembeli.

Selain itu, bersihkan areal kamar mandi dan juga dapur. Dua areal ini biasanya menjadi areal yang paling rentan kotor yang terdapat pada rumah.

Jika rumah itu bersih dan terawat, maka orang akan lebih tertarik membelinya sehingga potensi jual rumah cepat dan menguntungkan akan mudah terlaksana.

Perhatikan Detail Kecil Rumah

Siapa bilang melakukan renovasi rumah alternatif cara jual rumah cepat yang ampuh? Nggak selamanya begitu kok.

Pasalnya, merombak rumah dengan model baru berpotensi membuat gaya bangunan tidak pas secara keseluruhan. Bukannya makin bagus, bisa-bisa kondisi rumah malah terlihat makin aneh.

Selain itu, melalukan renovasi besar-besaran pada rumah akan memakan banyak biaya. Maka dari itu, cukup perhatikan detail kecil yang terdapat pada rumah.

Contohnya, membenarkan pintu yang rusak, mengganti lantai yang pecah, atau memperbaiki genteng yang bocor.

Meski terkesan sederhana, namun cara yang satu ini terbukti ampuh jual rumah cepat.

Sisakan sedikit ruang pada rumah

Nah, tips jual rumah cepat yang satu ini agaknya jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Padahal, menyisakan sedikit ruang untuk eksplorasi calon pemilik baru rumah tersebut juga cukup penting.

Perlu diingat, calon pembeli biasanya memiliki bayangan tersendiri terhadap rumah yang akan ia huni.

Oleh karena itu, kosongkan ruang penyimpanan rumah tersebut, sehingga calon pembeli tidak melihat jajaran lemari yang penuh sesak berjubel di dalamnya.

Percaya atau tidak, hal ini dapat memberi kesan bahwa rumah yang hendak ia beli memiliki ruang-ruang kosong yang bisa digunakan untuk banyak hal.

Perhatikan juga pencahayaan pada ruangan. kamu bisa jual rumah cepat ketika pencahayaan rumahmu lebih baik. Namun, tidak mesti pencahayaan dari lampu, lho.

Cukup nyalakan satu lampu, kemudian buka seluruh jendela pada rumah. Selain akan membuat ruangan lebih terang, udara yang terdapat pada ruangan juga akan tersirkulasi lebih baik.

Itu tadi beberapa tips simpel yang dapat kamu aplikasikan sebagai cara jual rumah cepat. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top