Tips Ampuh Membuat Usaha Sablon Kaos Digital!

Tips Ampuh membuat usaha sablon kaos digital sangat dibutuhkan pengusaha yang ingin bisnisnya terus hidup seiring makin banyaknya persaingan serupa.

Sablon-kaos-digital

Saya perhatikan, antusiasme pelanggan sablon kaos menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kebutuhan ini salah satunya dipicu beberapa kelompok masyarakat yang memiliki niatan untuk mewujudkan kebersamaan melalui penyeragaman kaos yang dikenakan.

Disisi lain, perusahaan juga memanfaatkan kaos sebagai ajang promosi paling murah yang dibalut seolah seragam karyawan. Sungguh, ini merupakan cara cerdas mengenalkan brand tanpa dikenai pajak iklan.

Kaos gitu lho. Siapa yang mau nolak dikasih kaos. Beli sendiri juga harganya lumayan. Ye, kan?

Maka jangan heran jika kemudian pengusaha sablon kaos berlomba menciptakan inovasi peralatan sablon dengan menggunakan teknik digital. Cara ini dianggap lebih efektif ketimbang menggunakan cara manual.

Menjamurnya fungsi sablon digital membuat para pengusaha kreatif mengeluarkan ide baru yang dituangkan melalui desain yang menarik.

Tips Ampuh Membuat Usaha Sablon Kaos Digital!

Semakin banyaknya permintaan penyablonan kaos, semakin tinggi pula alat produksi serta tenaga kerja yang dibutuhkan. Agar tidak terjadi penundaan produksi yang berefek pada kemacetan lalu lintas perusahaan, dibutuhkan gebrakan yang inovatif sebagai solusi membenahi tuntutan pasar.

Mesin Penyablonan Kaos Digital

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaiknya, pengusaha sablon tidak bisa tinggal diam. Selain penambahan karyawan, perusahaan juga harus memikirkan kembali peralatan kerja untuk mendukung produksi sablon kaos digital.

Yang perlu diupayakan adalah menyediakan mesin penyablonan secara digital, seperti:

Mesin Cutting Sticker (Mesin Plotter)

Alat ini dikenal sebagai Mesin Cutting atau Mesin Plotter. Gunanya sebagai media untuk pemotongan stiker. Pada dasarnya, mesin ini diterapkan untuk memotong berbagai macam bahan seperti polyflock, vinyl dan lain-lain.

Penggunaan mesin cutting sticker ini sangat diminati oleh pengusaha digital sablon. Secara umum mesin ini dapat dimanfaatkan sebagai pemotongan stiker motor dan mobil, pembuatan name tag, logo hologram seragam, dan masih banyak lagi.

Mesin Heat Press

Mesin Hot press atau populer dengan sebutan heat press merupakan alternatif pembuatan sablon kaos digital. Mesin Heat press dapat dipakai sebagai alat bantu proses pemanasan sablon secara digital.

Mesin ini merupakan komponen premier dalam dunia usaha digital penyablonan. Faktor press mesin yang menghasilkan udara panas merata menjadikan hasil sablon memiliki kualitas yang baik.

Yang membedakan proses kerja cutting polyflex atau polyflock adalah teknik pengeringan cetakan sehingga memungkinkan dihasilkannya print kaos yang lebih kuat.

Mesin Heat Press menerapkan proses pemindahan kandungan tinta pada media kaos yang akan disablon. Sesungguhnya transfer paper bermanfaat untuk teknik penempelan pada berbagai variasi sablon pada kaos.

Media pendukung Bisnis Salon Digital

Apapun bidang usahanya, komponen pendukung sangat diperlukan untuk menghasilkan produk berkualitas. Begitupun dengan usaha sablon kaos digital. Ada proses-proses yang dilalui agar budget yang keluarkan sedikit namun mendapatkan hasil yang sesuai diharapkan.

Selain mesin utama, dalam merintis usaha digital sablon, terdapat tiga perangkat pendukung penting yang direkomendasikan, diantaranya:

Komputer

Komputer adalah komponen pendukung yang sangat penting dalam mengelola usaha digital sablon. Perangkat ini memiliki fungsi membantu menciptakan desain produk, juga sebagai media untuk mengendalikan pengoperasian software mesin.

Printer Inkjet

Mungkin sebelumnya sudah diketahui bahwa mesin Printer Inkjet berfungsi sebagai media dalam menghasilkan cetakan dengan motif yang menarik dalam proses percetakan sablon. Pemakaian ini dapat berguna sebagai alat penunjang dalam digital sablon yang menggunakan teknik transfer paper. Secara umum Printer Inkjet menggunakan salah satu jenis tinta berjenis pigment.

Printer DTG

Printer DTG (Direct to Garment) adalah perangkat pendudukung yang digunakan untuk mencetak sablon digital yang memiliki sistem kerja serupa mesin printer kertas. Secara umum printer DTG digunakan pada bahan kain jenis catton combite untuk membuat desain bahan kaos digital.

Keberadaan Printer DTG ini sedang naik daun dikalangan pengusaha sablon kaos digital. Sebab memberikan hasil yang cukup efektif dan efisien dalam meningkatkan produksi. Pemakaian mesin ini juga dapat menekan biaya produksi.

Namanya juga kemajuan teknologi, apapun usahanya sekarang sebisa mungkin didigitalisasi. Selain untuk penghematan, pekerjaan digital juga memangkas banyak waktu dan tenaga.

Akan tetapi, jangan bangga dulu, sebab situasi ini secara tidak kita sadari menimbulkan kompetisi yang cukup tinggi. Jika pengusaha tidak jeli membaca peluang, tidak menutup kemungkinan dapat mempengaruhi lesunya produksi sablon. Oleh karena itu, inovasi tetap dibutuhkan yang diimbangi dengan kreatifitas agar produk yang dihasilkan memiliki ciri tersendiri di hati pelanggan. Selamat berbisnis sablon kaos digital. Semoga tips ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *