Pengajuan Cicilan Emas MASKu di WOM Surabaya
Keuangan

Hari Tua Bahagia Menikmati Panen Cicilan Emas bersama MASKu WOM Finance

Instrumen emas sejak dulu terkenal populer. Sering kita lihat nenek-nenek mengenakan perhiasan sampai bunyi krenceng-krenceng. Selain untuk menunjukkan kekayaan, emas juga dipercaya orang jaman dulu sebagai aset investasi.

Setelah menikah saya rajin mengumpulkan perhiasan. Setiap ada sisa gaji, saya melipir ke toko emas membeli cincin atau lainnya. Dapat satu gram – dua gram rasanya bangga sekali. Padahal aksesoris logam mulia itu saya beli untuk disimpan, hampir tidak pernah saya gunakan. Saya mengikuti saran orang tua yang mengingatkan, “kalau punya uang nabung, belikan emas buat simpanan jaga-jaga saat butuh dana mendadak”

Sebagai wanita mata saya silau melihat perhiasan emas. Walaupun nggak digunakan, setiap melihat kemilaunya hati rasanya bahagia. Teman-teman di kantor sebenarnya lebih merekomendasikan emas batangan jika tujuannya sebagai investasi, karena emas perhiasan tujuannya sebagai penunjang penampilan. Hmm, masuk akal juga. Tapi beli emas batangan di mana? Pasti belinya harus 10 gram. Duit dari mana?

Sampai suatu ketika salah satu teman ngasih info kalau beli emas batangan bisa menggunakan sistem cicil logam mulia di WOM Finance. Cicilan emas MASKu di WOM Finance terdapat pilihan 5 gram, 10 gram dan 25 gram dengan tenor panjang, sampai 36 bulan. Nyicil emas jadi murah, per bulan bahkan tak sampai 200 ribu, lho!

Cicilan Emas MASKu

Pengalaman Menjual Perhiasan Emas

Suatu hari saya sedang merenovasi rumah orangtua. Di luar dugaan, ada bagian rumah yang belum selesai sehingga harus menambah durasi pekerjaan selama seminggu. Kerjaan nambah, biaya material nambah, otomatis ongkos tukang juga bertambah. Saldo rekening saya sudah menipis, jalan satu-satunya adalah menjual aset perhiasan. Saya pun inisiatif menjual beberapa perhiasan yang saya beli tahun 2014. Saya harap dengan menjual aset dengan masa simpan 9 tahun itu saya mendapat keuntungan dari harga jual kembalinya yang tinggi.

Ada cincin seharga Rp. 875 ribu dan anting Rp. 495.000,-. Total keduanya Rp. 1.370.000. Setelah ditaksir, kedua perhiasan itu dihargai Rp. 1.850.000,-

“Uangnya segini aja ya, Mbak, gak bisa nambah lagi? kan harga emas 70% sekarang 700 ratus ribuan?” Tawar saya, sedikit protes.

“700 ribu itu kan harga jual baru kami, Mbak. Kalau Mbak jual, harganya menggunakan patokan Harga Jual Kembali yaitu Rp. 495 ribu/gram. Lagian setelah dicek, anting yang dijual ada patah dibagian pengait, jadi ngurangi buy back-nya, mbak.” Jelas kasir toko perhiasan.

Dalam hati saya mengakui anting itu ada cacat sedikit. Tapi ada rasa kecewa, 9 tahun saya menyimpan perhiasan, per gram hanya bertambah Rp. 166.000,- saja

Esoknya di kantor, saya curhat pengalaman menjual perhiasan emas kepada teman kantor. Bukannya mendapat atensi, saya malah ditertawakan. Katanya, “makanya buat investasi belinya emas antam, jangan emas perhiasan..”

Faktor Penyebab Harga Perhiasan Emas Turun

Perhiasan memang aksesoris pendukung kecantikan wanita. Akan tetapi untuk tampil cantik jangan serta merta memborong perhiasan tanpa disertai pengetahuan mumpuni, terlebih harga emas fluktuatif. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya cari tau harganya beserta perkembangannya.

Sejak mengalami kejadian pahit, saya makin tertarik mendalami ilmu per-emas-an terutama mencari jawaban kenapa harga perhiasan bisa turun ketika dijual kembali. Harapannya supaya tidak terperosok kedua kalinya.

Sebagai pengetahuan, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga jual kembali perhiasan emas turun sehingga merugikan konsumen, diantaranya:

1. Kadar perhiasan emas cenderung kecil
Emas perhiasan tidak murni emas, kadarnya kecil. Macam-macam, ada yang 3,75%, ada yang 70%. Semakin kecil kadarnya, semakin murah harga jualnya.

2. Menjual perhiasan di toko yang tidak sama dengan toko saat beli
Usahakan ketika menjual perhiasan emas, jual lah di toko yang sama saat membeli perhiasan untuk meminimalisir potongan. Kalau tokonya tutup, ya sudah, resiko.

3. Cacat Fisik
Perhiasan yang cacat jelas dijamin ruginya, karena berpengaruh terhadap kondisi fisik dan menguragi bobot gramasinya

4. Tidak dilengkapi nota pembelian
Dalam nota pembelian memuat informasi jenis perhiasan, berat, serta kadarnya. Jika menjual kembali tidak disertai nota, siap-siap dihargai murah. Bisa jadi toko mencurigai produk yang dijual merupakan barang curian

5. Durasi antara membeli dan menjual kembali terlalu pendek
Sewajarnya investasi, bila ingin untung, jangan menjual perhiasan buru-buru. Simpan dulu perhiasan minimal 5 tahun untuk mendapat perkembangan nilai

6. Terlalu banyak mata perhiasan
Ternyata perhiasan yang memiliki banyak mata berpotensi menurunkan harga jualnya. Ketika membeli, mata perhiasan masuk dalam hitungan bobot perhiasan emas, sementara ketika dijual kembali mata perhiasan tidak masuk dalam gramasi emas

Setelah kejadian itu saya jadi paham mengapa akhir-akhir ini orang berlomba investasi logam mulia dalam bentuk batangan. Emas batangan bisa dijual di manapun dengan patokan harga sama semua. Meskipun perhiasan emas memiliki keindahan, gunakan sesuai fungsinya, yaitu sebagai penunjang penampilan. Bisa saja disimpan lama untuk investasi, tetapi jangan berharap banyak. Yang pasti kalau mau untung, lebih baik menyimpan logam mulia berbentuk batangan.

Logam Mulia Batangan, Investasi Aman Untuk Cadangan Masa Depan

Sertifikat Logam Mulia

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam hal investasi saat ini sangat tinggi. Jika dulu orangtua senang menyimpan perhiasan emas, generasi masa kini justru memilih simpan emas batangan.

Kecenderungan investasi logam mulia yang dinilai aman membuat instrumen investasi emas jadi primadona di kalangan masyarakat. Pilihan emas batangan sebagai aset investasi dinilai menguntungankan jika disimpan dalam waktu yang lama. Dari tahun ke tahun harganya terpantau stabil sehingga saat dijual kembali pasti menguntungkan

Melansir website Databoks, survei konsumen Bank Indonesia rentang 2017 – 2020, peminat investasi emas berada dalam urutan ketiga setelah deposito dan properti. Meski begitu jumlah respondennya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2017 responden sebanyak 16,5%, tahun 2018 sebanyak 17,6%, tahun 2019 sebanyak 18,9% dan tahun 2020 sebanyak 19,9% responden.

Instrumen Investasi Konsumen Indonesia 2017 - 2020

September 2021, masih dalam website Databoks, terungkap bahwa emas berada dalam peringkat pertama investasi paling favorit. Hasil survey Zigi.id bersama Katadata Insight Center menghasilkan sebanyak 58,5% responden memilih investasi emas. Sementara tanah dan properti berada di peringkat setelahnya.

Jenis Investasi Paling Banyak Diminati tahun 2021

Saya pun mencoba mengumpulkan harga emas 7 tahun terakhir, mulai tahun 2017 hingga 2023. Saya mengambil konsistensi bulan April mengingat pada tahun 2020 terjadi pandemi Covid di awal Maret 2020 yang mengakibatkan resesi ekonomi. Ternyata dampak pandemi lonjakan harga emas cukup tinggi, lho. Antara 2019 sampai 2020 selisihnya mencapai 280 ribu. Padahal cuma setahun. Wah, investor emas panen, nih. Harga buy backnya tinggi, hehe..

Harga Logam Mulia 5 tahun terakhir

Berikut saya sertakan grafik tren harga emas 1 tahun dan 5 tahun dari website harga-emas.org.

Tren Harga Emas 1 gram 1 tahun terakhir
Tren harga emas 1 tahun terakhir. Terpantau naik tetapi untuk jual kembali tidak ada keuntungan
Tren Harga Emas 1 gram 5 tahun terakhir
Tren harga emas 5 tahun terakhir. Grafiknya naik turun tetapi harganya mengalami kenaikan yang signifikan

Bisa kita baca ya, bahwa pergerakan harga emas selama 5 tahun mengalami peningkatan. Melihat grafik tren harga emas 1 tahun memang tampak ada peningkatan, tetapi kalau untuk jual kembali sangat tidak disarankan. Selisih harga beli dan harga jual kembali tidak mendongkrak keuntungan, bahkan cenderung rugi.

Keuntungan Investasi Logam Mulia untuk #PembiayaanKebutuhan

Gimana, setelah melihat tren harga emas di atas sudah mulai tercerahkan belum? Setidaknya kita bisa melihat investasi emas tidak ada ruginya. Beberapa alasan harus memilih intrumen logam mulia karena:

1. Emas bersifat Liquid

Keuntungan investasi emas sifatnya liquid, artinya ketika sewaktu-waktu butuh dana, dapat dicairkan langsung. Tinggal datang ke Butik Antam, logam mulia siap menjadi rupiah

2. Harga Emas Dinilai Stabil

Sejak dulu stabilitas harga emas tak diragukan lagi. Bahkan sejak jaman Rasulullah harga 1 dinar (setara 4,25 gram) dapat dibelikan 1 ekor kambing. Sampai sekarang harga 1 ekor kambing setara dengan 1 dinar.

3. Kualitas Emas Tidak Berubah

Berbeda dengan perhiasan, emas batangan yang disimpan lama tidak akan menurunkan kualitasnya. Bobotnya tetap, kadar emasnya tidak berkurang, bentuknya pun tidak mengalami kerusakan.

4. Investasi Emas Aman dan Minim Risiko

Emas investasi yang aman dan minim risiko. Selama disimpan dengan baik lengkap dengan sertifikatnya, menyimpan emas dalam waktu yang lama tidak akan mengalami kerugian

5. Membeli Emas dapat dicicil

Kabar baik bagi siapa saja yang ingin investasi emas tapi tidak memiliki cukup uang untuk membeli tunai. Manfaatkan layanan #cicilanemas di WOM Finance yang memberikan tenor hingga 36 bulan dengan angsuran dan uang muka ringan

Keuntungan Investasi Logam Mulia

Perubahan harga logam mulia yang signifikan dari tahun ke tahun menciptakan sebuah lamunan. Seandainya taun 2014 saya membeli emas antam lalu dijual tahun 2023, keuntungannya pasti drastis. Melihat website harga-emas.org, harga emas antam 4 Desember 2023 (tanggal yang sama saya membeli perhiasan) adalah Rp. 524.000. Sedangkan ketika saya menjual kembali bulan Maret 2023, harga pembelian kembali tercatat Rp. 905.000,- (harga jualnya Rp. 1.025.000,-). Kurang sedikit, harganya hampir 2 kali lipat! Istimewa banget, ya..

Hari Tua Bahagia Menikmati Panen Cicilan Emas bersama MASKu #WOMFinance

Sudah terbukti bahwa menyimpan logam mulia dalam waktu yang lama sangat menguntungkan. Untuk mengakomodir kebutuhan konsumen sekaligus meningkatkan semangat berinvestasi masyarakat Indonesia, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance menyediakan produk baru bernama MASKu.

MASKu merupakan layanan pembiayaan logam mulia 24 Karat dari WOM Finance dengan cara pembayaran mengangsur. Melalui MASKu masyarakat kian mudah memiliki emas untuk investasi jangka panjang secara aman berbasis Syariah.

Cicilan emas di WOM Finance tidak terpengaruh fluktuasi. Melalui layanan ini masyarakat dapat mengikat inflasi. Biarpun harga emas naik, nominal cicilan tidak mengalami perubahan sampai masa angsuran selesai.

Keunggulan Cicilan Emas MASKu WOM Finance

Untuk mendapatkan informasi lebih detil, saya mendatangi kantor WOM Finance cabang Surabaya Timur yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno Surabaya. Saya ditemani Mas Andi, Sales bagian MASku yang menjelaskan syarat pengajuan Cicilan Emas. Ngobrol-ngobrol, saya mendapat masukan positif  tentang logam mulia yang dapat digunakan #membukaharapan sewaktu-waktu saat dibutuhkan, misalnya untuk biaya sekolah, dana darurat, atau untuk simpanan hari tua.

Cicilan emas di WOM Finance tidak sulit, syarat pengajuan cukup menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK). Terdapat pilihan tenor pembayaran 12, 24, dan 36 bulan. Pilihan beratnya mulai 5 gram, 10 gram, dan 25 gram. Nasabah bisa memilih pembayaran tanpa DP (down payment) atau menggunakan DP.

Produk MASKu menurut saya sangat menarik, meskipun selama mengangsur fisik emas antam disimpan oleh WOM Finance sampai cicilan lunas, saya tak merasa khawatir. Alasan keamanan adalah prioritas utama. Justru saya lebih khawatir kalau disimpan sendiri, takut hilang atau ketlisut. Baiknya lagi, setelah lunas, pengambilan logam mulia gratis dan tidak dikenakan biaya cetak emas.

Keunggulan Cicil Logam Mulia MASKu:

1. Dapat dicicil dengan pilihan tenor 12, 24, dan 36 bulan
2. Pilihan beratnya beragam, mulai 5 gram, 10 gram, dan 25 gram
3. Angsuran tetap, tidak terpengaruh fluktuasi harga
4. Proses pengajuan mudah, hanya KTP dan KK
5. Uang muka rendah
6. Barang tersimpan aman, bisa diambil setelah angsuran lunas
7. Harga jual menyesuaikan harga Emas Antam per hari ini
8. Cicilan terjangkau, tergantung masa tenor
9. Logam Mulia Asli dari Antam
10. Akad transaksi berbasis Syariah
11. Pembayaran mudah, bisa transfer melalui Bank, e-Wallet, dan Tunai di jaringan WOM seluruh Indonesia

Untuk pengajuan MASKu, teman-teman dapat mengunjungi kantor cabang WOM Finance yang ada di kota kalian. Bagi yang di Surabaya kunjungi alamat berikut ini:

– RUNGKUT, Jl. Rungkut Kidul Industri 1D, Surabaya / Rungkut baru 1, Surabaya, Jawa Timur
– SURABAYA 2, Jl. Kupang Jaya No. 140 RT 014 RW 004, Simomulyo Baru, Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur
– SURABAYA TIMUR, Jl. Ir Soekarno, Komplek Ruko Mega Galaxi 14-A No. 8, Klampis Ngasem, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur

Teman-teman juga dapat mengunjungi akun media sosial WOM Finance untuk mengetahui cicilan emas MASKu di:

Instagram: womfinance_id
Facebook: WOM Finance
TikTok: womfinance_id
Twitter: womfinance_id
Website: https://www.wom.co.id/

Tips Sukses Mengatur Keuangan untuk Meraih Masa Depan

Banyak orang menabung untuk mengejar masa depan, namun sedikit saja yang mau melakukan investasi. Padahal kunci kesuksesan adalah mengelola investasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Pengajuan Cicilan Emas MASKu di WOM Surabaya
Berikut ini saya bagikan cara sukses mengatur keuangan untuk meraih masa depan, yaitu:

1. Tetapkan Tujuan Investasi

Supaya fokus pada tujuan, buatlah goal pribadi. Apa tujuan investasi kita, misalnya untuk modal usaha, liburan, menikah, biaya pendidikan, atau untuk dana pensiun

2. Bikin Skala Prioritas

Trik mengatur keuangan salah satunya membuat skala prioritas. Buatlah daftar kebutuhan sesuai skalanya. Dahulukan kebutuhan yang sifatnya mendesak dilanjutkan dengan kebutuhan yang bisa ditunda. Dengan cara ini kita jadi terbiasa mengatur hidup sesuai prioritasnya

3. Belanja Sesuai Kebutuhan, bukan Keinginan

Seringkali kita terjebak promo, diskon, yang menawarkan harga murah. Setelah dibeli ternyata sebenarnya kita tidak butuh barang tersebut. Beli hanya karena ingin. Hal ini yang harus dihindari. Baru-baru ini istilah Frugal Living sedang marak, mengajak masyarakat bergaya hidup hemat dengan menggunakan barang yang masih bisa digunakan. Contohnya, saat lebaran tidak beli baju, tapi mengenakan baju lama yang masih layak pakai. Jika sedang membutuhkan kebutuhan mendesak tetapi tak cukup uang untuk membeli tunai, manfaatkan layanan kredit WOm Finance. Lakukan simulasi pengajuan pembiayaan melalui aplikasi KAWAN untuk mengetahui kemampuan isi dompet. #UntungAdaKAWAN

4. Buat Jadwal Investasi

Konsistensi kunci utama suksesnya investasi. Setelah menerima gaji, segera sisihkan untuk dana investasi. Dengan cara ini kita akan lebih tanggung jawab, setidaknya menghindari gaya hidup konsumtif.

5. Mulai Investasi

Setelah semua dilakukan artinya kita memiliki dana sisa hasil berhemat. Daripada habis sia-sia untuk belanja dan hedon, mulai gunakan untuk investasi. Manfaatkan layanan MASKu untuk kepemilikan logam mulia melalui cicilan emas di WOM Finance

Menikmati kebahagiaan hari tua bukan keniscayaan kok, selama dari sekarang kita menggunakan harta dengan bijak. Yuk investasi emas agar hari tua kita bahagia menikmati panen cicilan emas bersama MASKu WOM Finance.

 

Referensi:

1.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/13/apa-jenis-investasi-yang-paling-banyak-diminati-masyarakat —> diakses 29 Juli 2023

2.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/06/deposito-jadi-instrumen-investasi-favorit-masyarakat-indonesia —> diakses 29 Juli 2023

3. harga-emas.org. —> diakses 30 Juli 2023

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *