Cara Kenali #KejuAsliCheck
Keluarga,  Kuliner

KRAFT Crolette Ide Menu Sahur Simple Penuh Nutrisi Dan Cara Mengenali #KejuAsliCheck Dimulai dari Label

“.. Bersabarlah Kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan..” (HR. Bukhari)

Jika tidak ingat nasehat Rasulullah, mungkin saya akan memilih tidur daripada bangun untuk makan sahur. Sungguh deh, godaan bangun malam saat bulan Ramadhan teramat berat dijalani. Sekalipun tidak lapar, dianjurkan kita untuk tetap bangun walau hanya makan sesuap dan seteguk air karena di sanalah mengandung berkah

Sebagai istri kesibukan saya di bulan Ramadhan jadi bertambah, apa lagi kalau bukan memikirkan ide menu untuk sahur sekaligus mengeksekusinya? Sebetulnya banyak resep-resep praktis yang bisa direcook tapi semuanya tidak selalu cocok di lidah.

Menyajikan menu sahur itu bukan perkara enak dan dan tidak enak, tetapi bagaimana membangkitkan semangat keluarga dalam menikmati hidangan di meja. Seenak apapun makanannya kalau mata dalam kondisi 5 watt alias ngantuk berat akan jadi biang masalah, bisa-bisa makanan di meja tak terjamah sama sekali.

Pengalaman membuktikan bahwa menu sahur yang cocok adalah yang simple, cepat masaknya, cepat pula makannya supaya selesai makan bisa balik tidur lagi, hehe… Alasan inilah yang membuat saya suka mumet mencari ide menu khusus untuk sahur yang sehat dan kaya nutrisi supaya tubuh tetap fit dan bertenaga selama seharian. Jadi bukan sekadar kenyang semata lho, ya

Ide Menu Sahur Simple dan BernutrisiAgar Semangat Bangun Sahur

Saya, tuh, orangnya kalau tidur susah bangunnya. Harus ada sesuatu yang memantik semangat supaya lekas bangkit dari tempat tidur. Supaya tidak melewatkan bangun sahur, saya melakukan beberapa tips khusus, diantaranya:

1. Berbuka secukupnya

Kekenyangan bikin mata cepat ngantuk dan malas bangun. Untuk menjaga konsistensi ibadah, saat berbuka saya hanya minum air putih dan beberapa biji camilan yang manis. Makan berat saya lakukan setelah sholat tarawih dengan porsi secukupnya

2. Pasang Alarm

Karena saya ndableg’, ketika alarm bunyi nggak bisa langsung bangun, harus ngulet dulu sampai benar-benar ON. Makanya saya set alarm beberapa kali dengan jeda 10 menit. Trik yang lain saya bikin alarm di HP yang lain dan menaruhnya di tempat yang jauh untuk memaksa tubuh segera beranjak

3. Mencari kegiatan seru

Mungkin ini hal aneh dilakukan pada sepertiga malam, tapi lumayan efektif untuk membuat mata melek. Misalnya nonton tayangan favorit supaya semangat bangun. Ramadhn beberapa tahun lalu saya pernah semangat bangun sahur sebulan penuh demi nonton tayangan ulang serial Jodha Akbar, termasuk juga sinetron Para Pencari Tuhan

4. Menyiapkan menu sahur yang seru

Makan sesuatu yang seru kerap membuat semangat diri membuncah hingga tak sabar untuk segera menyantapnya. Menyiapkan menu sahur yang lezat akan menggugah selera makan meski dalam kondisi mata belum melek sempurna.

Untuk sahur biasanya saya mengandalkan telur. Selain alasan kepraktisan, telur dapat diolah dan disajikan ala sarapan hotel berbintang. Dalam keadaan kepepet misalnya, saya tetap dapat menyajikan menu sahur yang mewah, enak dan bernutrisi. Seperti chef-chef hotel gitu, lho, masak telur dijadikan omelette, dimasak orak-arik, ceplok, dadar, atau cukup direbus aja. Sisanya tinggal menambahkan bahan makan lain seperti keju atau susu.

Baru-baru ini feed Instagram saya diramaikan dengan tutorial membuat KRAFT Crolette yaitu olahan telur dan keju yang dimasak sedemikian rupa dan sukses membuat saya penasaran untuk mencobanya.

Recook Resep KRAFT Crolette

Rasa penasaran saya bermula ketika melihat bentuk Crolette yang unik dengan sayap kedua sisinya mengembang sempurna. Setelah membaca lebih seksama ternyata itu bukan sayap, tetapi mahkota! Bhuahaha…

Jadi Crolette adalah singkatan dari Crown Omelette yakni olahan telur yang dikombinasikan dengan keju.

Iya, mahkotanya itu terbuat dari keju, lho! Lebih tepatnya dari KRAFT Cheddar. Bahannya irit, hanya terdiri 3 bahan saja, tapi bikinnya super duper menantang, haha..

resep KRAFT Crolette

Resep KRAFT Crolette

– 2 butir telur
– KRAFT Cheddar mini ukuran 30 gram
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat KRAFT Crolette

1. Kocok telur hingga rata
2. Panaskan pan teflon dengan minyak secukupnya
3. Tuangkan kocokan telur, masak hingga menjadi omelette. Sisihkan
4. Bersihkan lebih dulu sisa minyak di permukaan teflon lalu parut Kraft Cheddar Mini di atasnya hingga merata.
5. Letakkan omelette di atas parutan keju, masak dengan api sedang selama 2 menit
6. Angkat Crolette pelan-pelan menggunakan spatula hingga kejunya kaku dan membentuk crown
7. Crolette siap disajikan

Pengalaman membuat Crolette tingkat kesulitannya terletak pada saat membentuk crown-nya. Parutan kejunya harus benar-benar merata supaya keju dapat kering sempurna. Yang lebih penting lagi, resep Crolette ini hanya berhasil jika menggunakan keju KRAFT Cheddar karena terbuat dari keju asli yang ketika dipanaskan tidak mudah patah. Keju asli KRAFT juga mengandung tinggi protein dan kalsium yang membuat crown berdiri dengan sempurna

Cara Kenali #KejuAsliCheck

KRAFT Crolette Ide Menu Sahur Simple Penuh Nutrisi

Setelah berhasil membuat Crolette, saya ketagihan menyajikan Crolette untuk santap sahur. Suami nggak pernah protes, malah kesenangan karena dia suka banget makan telur, psst.. biasanya saya cuma kasih nasi, telur ceplok sama kecap doang, hihi..

Ide Kraft Crolette sebagai menu sahur menurut saya sangat inovatif. Kombinasi telur dan keju tak hanya menjadi menu simple yang sangat mudah dibuat, namun sajian ini juga dapat memenuhi nutrisi harian tubuh selama berpuasa dan menjaganya tetap kenyang. Bikinnya pun praktis, cuma pakai KRAFT Cheddar Mini sama telur, 2 bahan yang selalu mengisi lemari es saya.

Keju KRAFT Cheddar

Mengapa telur dan keju baik dikonsumsi untuk menu sahur?

Telur merupakan protein yang berkualitas tinggi. Fakta ini disampaikan oleh Health.Kompas.com yang melansir Australian Eggs bahwa satu butir telur megandung 6,3 gram protein. Bahkan kualitas protein telur dikenal lebih bagus dibanding protein pada bahan makanan lain. Kandungan protein dan lemak pada telur dapat memicu tenaga dan membuat semangat beraktivitas walau seharian berpuasa.

Penelitian yang dilakukan oleh Pennington Biomedical Research Center menemukan bahwa telur dapat menekan ghrelin, yakni hormon yang dapat merangsang otak untuk merasa lapar sehingga membuat seseorang tahan untuk tidak makan dan merasakan kenyang dalam waktu yang lama.

Konsumsi 1 menu Crolette saat sahur telah memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium yang membantu tetap kenyang selama berpuasa.

Supaya lebih variatif, dalam Crolette saya tambahkan bahan makanan lain seperti sayuran, daging, sosis, supaya rasa dan nutrisinya makin mantap.

Oya, saya sengaja membuat Crolette tanpa garam, ya, karena asin kerap membuat tenggorokan jadi cepat haus. Nggak masalah makan Crolette tanpa garam sebab rasa gurih lezat dari keju KRAFT cheddar sudah membuat saya lebih menikmati makan sahur.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yuniari Nukti (@yuniarinukti)

Keju KRAFT Cheddar, Keju Asli berbahan Utama Keju Cheddar

Keju telah menjadi bahan makanan yang difavoritkan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Rasa keju cheddar yang gurih dapat dijadikan sebagai topping makanan yang fungsinya sebagai penambah cita rasa sekaligus penambah nutrisi. Sebagai pecinta keju, kalau sedang gabut, saya suka ngemil keju cheddar.

Saking sukanya sama keju cheddar saya pernah kecewa saat membeli keju di pasar. Kala itu saya ditawari keju yang katanya produk baru dengan harga yang sangat murah. Sebagai perempuan jelas saya tertarik dong. Tanpa membaca detail kemasannyaa, saya percaya aja kalau itu keju cheddar asli. Eh, begitu saya makan ternyata rasanya beda jauh dengan KRAFT cheddar yang selama ini saya konsumsi. Rasa gurih keju KRAFT cheddar tuh khas banget dan setiap gigitannya memunculkan sensasi menenangkan. Teksturnya keras dengan aroma yang sedap. Soalnya keju KRAFT cheddar menggunakan bahan baku keju asli New Zealand.

Komposisi utama Keju Cheddar Asli

Baru-baru ini saya mengetahui kampanye #KejuAsliCheck inisiatif dari KRAFT yang memberi edukasi kepada para Ibu agar lebih cerdas memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas. Biar nggak sembarangan membeli keju cheddar, yang ternyata banyak produk keju cheddar di pasaran menggunakan bahan baku tidak murni keju cheddar. Oalah…

Berdasarkan komposisinya, keju cheddar yang menggunakan bahan baku bukan dari keju cheddar ternyata lebih banyak menggunakan air dan tepung. Pantesan ketika saya gigit tekstur keju murah sensasinya kurang ngeju dan rasanya cenderung asin (bukan gurih khas keju layaknya keju KRAFT cheddar).

Wah, mulai sekarang harus lebih waspada saat membeli keju cheddar, nih!

Cara Mengenali Produk Keju Asli Dimulai dari Label

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) selalu menganjurkan konsumen agar membiasakan melihat dan membaca label pangan sebelum membeli produk olahan pangan. Badan POM juga memberikan apresiasi terhadap kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT yang telah sukarela melakukan inisiatif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pangan olahan termasuk mengecek label pangan.

Mengenali Keju Asli Check

Dra. Indriemayatie Asri Gani,Apt selaku Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen Badan POM berharap dengan kampanye seperti ini dapat mendorong konsumen bisa mengetahui pentingnya membaca label pangan olahan guna mengetahui produk yang dibelinya itu sesuai dengan kebutuhannya. Lebih penting lagi, Ia mengajak para konsumen agar cerdas saat berbelanja dengan tidak lupa checklist, cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kedaluarsa.

Ada 2 cara untuk mengenali keju cheddar asli, yaitu:

1. Memastikan komposisi utamanya keju Cheddar
2. Terdapat klaim nutrisi pada kemasan

Sebetulnya bukan hal yang sulit untuk mengenali produk keju yang kita beli benar-benar berbahan keju atau bukan karena sudah jelas tercantum di kemasannya. Masalahnya hal sepele ini kerap diabaikan oleh konsumen, termasuk saya yang hampir tidak pernah membaca detail tulisan yang ada di kemasan.

Seringkali kita mudah percaya bahwa brand tidak mungkin bohong menuliskan komposisi di kemasan. Iya, brand memang tidak asal-asalan mencantumkan label. Yang jadi masalah adalah seberapa cerdas kita memahami komposisi serta urutannya, itu yang penting. Bayangkan, gimana perasaanmu ketika mengetahui produk keju yang dibeli ternyata komposisi utamanya air atau tepung? Ini yang harus diperhatikan mulai sekarang saat membeli produk pangan kemasan.

Untuk memastikan keaslian produk keju KRFT cheddar, saya pun melakukan pengamatan terhadap kemasan KRAFT cheddar ukuran 160 gram, 70 gram, dan 30 gram.

Komposisi kemasan keju KRAFT cheddar

Saat menulis artikel ini, saya sambil membaca komposisi kemasan keju KRAFT cheddar yang komposisinya terdiri dari Keju Cheddar, air, padatan susu, minyak nabati (mengandung antioksidan BHA), Pengemulsi: garam fosfat, penstabil nabati, garam, pengatur keasaman: asam laktat, pengawet: asam sorbat, nisin.

Sudah jelas komposisi urutan pertama keju cheddar, artinya produk ini menggunakan komponen utama keju cheddar.

Klaim Nutrisi pada kemasan

Klaim nutrisi yang tercantum dalam kemasan memberikan informasi yang penting untuk diketahui semua orang. Di sana kita bisa mengetahui berapa banyak kandungan zat makanan yang terkandung di dalamnya meliputi kalori, protein, karbohidrat, lemak atau mineral supaya kita bisa menyesuaikan porsi sesuai kebutuhan.

Dalam kemasan Keju KRAFT cheddar ukuran 30 gram tertera kandungan protein per sajian sebanyak 4 gram, sementara karbohidrat total hanya 1 gram, makin percaya deh kalau keju KRAFT cheddar adalah keju asli, bukan keju dari bahan air atau tepung.

Cara mengenali keju asli

KRAFT Cheddar Sesuai dengan kriteria #KejuAsliCheck

Setelah melakukan pengamatan terhadap KRAFT Cheddar sekarang saya jadi mengerti bahwa keju yang baik adalah yang mengandung kalsium, protein dan vitamin D.

Keju KRAFT cheddar yang merupakan produk Mondelez Indonesia telah memenuhi semua kriteria #KejuAsliCheck yaitu menggunakan bahan baku utama keju asli cheddar yang tercantum di kemasan berada dalam posisi pertama.

KRAFT cheddar juga telah dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, Protein serta sebagai sumber Vitamin D

Konsumsi KRAFT cheddar secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh karena mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber Vitamin D dan protein.

Jadi Ibu sekarang nggak susah lagi, kan, memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak-anak, sebab keju KRAFT telah menjadi komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Menyajikan keju dalam makanan juga tidak susah, bisa dijadikan isian atau taburan makanan. Salah satunya menu KRAFT Crolette sebagai ide sahur simple yang penuh nutrisi

Sekarang jangan bingung lagi menentukan menu sahur. Sajikan KRAFT Crolette di meja, dijamin seluruh keluarga lahap santap sahurnya. Cobain deh resep KRAFT Crolette sekarang juga, bahannya mudah didapat dan gampang banget dibuatnya. Ingin mendapatkan hadiah robot cleaner dan saldo Go-Pay, ikutan juga challenge masak KRAFT Crolette di akun Instagram @kraft_id, semoga beruntung!

 

Referensi:

– Lembar Fakta KRAFT Keju Asli Check

– Rekomendasi makanan untuk sahur https://liputan6.com/lifestyle/read/3979942/3-makanan-yang-bikin-kenyang-lebih-lama

– Australian Eggs
https://health.kompas.com/read/2021/05/01/100100968/9-manfaat-telur-untuk-kesehatan?page=all

11 Comments

  • Diah Alsa

    toooss Mbak, saya juga nih, set alarm itu beberapa kali dengan jeda 10 menitan, karena seringnya dengar alarm malah dimatikan lagi, kalau gak ya simpan HP di atas meja agar ada effort tuk bangun dan beneran bangkit gak balik tidur lagi 😀
    simple banget ya cara buat Kraft Crolette ini, apalagi nilai gizinya juga tinggi dan bisa buat anak-anak semangat tuk makan sahur nih, nanti mau coba juga aah buatin si Sulung 😀

  • lendyagassi

    Yummiii~
    Ternyata iyaya…menu sahur bisa juga dibikin dadakan asalkan simple, seperti KRAFT Crolette ini. Dengan bahan yang mudah didapat dan #KejuAsliCheck dari KRAFT, maka menyediakan menu sahur sehat untuk keluarga bisa dilakukan dengan cepat dan tetap penuhi nutrisi keluarga saat sahur dan berbuka.

  • Helena

    waktu lihat di IGmu berhasil buat crown-nya, ku tepuk tangan. Keren banget bisa berdiri sempurna!
    Aku udah coba nih tapi ga bisa, hahaha. Mungkin kurang kering padahal udah pakai keju KRAFT banyak.
    Nanti buka puasa coba lagi.

  • Yanti Ani

    Sudah bolak balik baca cara buatnya plus nonton videonya, kok ya terasa susah ya mba. Sepertinya bikin Crolette selain kesabaran dan ketelitian juga jiwa seni ya. Hahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published.