Rumah dan Tanah Properti
Cerita Yuni,  Tips & Resep

Ingin Punya Tempat Tinggal, Beli Tanah atau Rumah?

Suatu kegalauan luar biasa ketika memutuskan ingin punya tempat tinggal, beli tanah atau rumah? Kedua pilihan ini jelas ada plus minusnya, apalagi kalau budgetnya pas-pasan. Inginnya, sih, memiliki properti yang langsung dapat ditempati dan kalau bisa tetangganya baik-baik no julid-julid club! Haha..

Rumah Tinggal
Image: Freepik

Mau punya tanah atau rumah, buat saya adalah pencapaian yang luar biasa. Semacam goal pernikahan sudah tercapai gitu. Namun yang saya rasakan, ternyata persiapan membeli properti itu nggak semudah beli sepatu yang hanya dengan memilih model, ukuran, warna, langsung bawa pulang.

Dulu saya pernah tertarik membeli tanah kavling. Membaca iklannya yang menawarkan harga murah, bisa dicicil, dan lokasi yang strategis pingin sekali cepat-cepat dibungkus. Belakangan saya dapat masukan kalau properti tanah butuh biaya lebih besar untuk menjadikannya sebagai tempat tinggal. Belum lagi ngurus legalitasnya, surat-surat serta dokumennya. “Lebih mahal dikit mendingan beli rumah, deh” ujar Suami.

Ingin Punya Tempat Tinggal, Beli Tanah atau Rumah?

Seperti jodoh aja, saat memutuskan membeli tanah atau rumah perlu banget memikirkan bibit, bebet, dan bobotnya. Untuk investasi rekomendasinya memang punya tanah karena diyakini harganya mengalami perubahan yang pesat. Kalau mau langsung ditinggali, ya, mending beli rumah sekalian.

Yang pasti, ada beberapa tips yang perlu dipikirkan saat membeli properti, diantaranya:

Lokasi

Pertama kali akan memutuskan membeli rumah atau tanah, pertimbangkan akses lokasi. Meski nggak berada di tengah kota, pastikan dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, sekolah, masjid, stasiun dan akses transportasi lainnya supaya jangkauannya mudah

Kualitas Lingkungan

Lokasi bagus belum tentu kualitas lingkungannya menawan. Bisa jadi kawasan langganan banjir atau mungkin air sumurnya kering sehingga untuk mandi saja harus beli air dulu

Tanah Properti
Image: Freepik

Harga dan Sistim Pembayaran

Jika memiliki dana, disarankan membeli tunai. Namun jika memilih cicilan pahami harga dan sistim pembayarannya, termasuk bila KPR cari tau bank kerjasamanya apa aja. Semakin banyak pilihan banknya, berarti properti itu memiliki prospek yang bagus

Kelengkapan Dokumen

Bagian ini yang mungkin harus diperhatikan calon pembeli tanah atau rumah, misalnya dokumen itu sifatnya Sertifikast Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atau Sertifikat Hak Pakai (SHP). Saat transaksi pastikan ada legalitas yang disahkan oleh notaris

Rumah Tinggal Harga Cuma 160 Juta-an

Perumahan Mustika Village Sukamulya
Image: Website MustikaVillageSukamulya

 

Tanah memang dikenal properti yang harganya terjangkau, namun apakah kalian tau kalau ada rumah tinggal di perumahan harganya sekitar 160 juta-an?

Mari kita bandingkan!

Tanah ukuran 6 x 10 meter harga jualnya sekitar Rp. 60 jutaan dengan lokasi kabupaten pinggiran. Kalau di Surabaya sekitaran Gresik dan Sidoarjo. Sementara untuk mendirikan bangunan dibutuhkan biaya antara Rp. 100 -150 jutaan. Itu belum kita mikir disainnya, nyari tukangnya, dan kerepotan yang lain

Sedangkan rumah di perumahan harga antara Rp. 160 jutaan sudah berbentuk bangunan dan pemilik tinggal menempatinya saja. Seandainya ada duit, jelas saya akan memilih beli rumah jadi. Hidup sudah susah, jangan lagi dibikin rumit. Ya nggak, sih?

Salah satu perumahan yang menawarkan hunian berkualitas adalah Mustika Village Sukamulya Perumahan yang berada di Jalan Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang Bekasi, Jawa Barat ini adalah sosok tempat tinggal impian. Selain harganya yang berada di kisaran Rp. 160.000.000 – Rp. 220.400.000 aksesnya juga gampang banget dijangkau.

Mustika Village Sukamulya dikembangkan oleh Developer Mustika Land bekerja sama dengan developer jepang Creed Group yang memberikan banyak kemudahan bagi penghuninya. Akses lokasinya 20 menit dari pintu Tol Cibitung-Cilincing serta Kawasan industri Bekasi dan sentra bisnis Jakarta. Pengembang ini tau lho cara menyenangkan penghuni makanya mereka menciptakan suasana asri dengan membuat danau resapan seluas 4600 m2 dan Taman Hijau seluas 3.300 m2.

Gerbang Perumahan Mustika Village Sukamulya__
Gerbang Perumahan Mustika Village Sukamulya

Nggak hanya akses transportasi dari stasiun Cikarang (14 km) dan Bandara Halim Perdanakusuma (45 km), komplek ini juga deket dengan Rumah Sakit dan sekolah yang jaraknya kisaran 2,6 km -3 km.
Dengan segala kemudahan akses, menurut saya Kawasan ini cocok dijadikan sebagai tempat tinggal yang nyaman. DP-nya 2 juta aja dengan harga cicilan KPR 1 jutaan! Info lengkap kunjungi www.mustikavillagesukamulya.com

Nah, sekarang pilihan ada di tanganmu, ingin punya tempat tinggal, beli tanah atau rumah, nih? hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.