Meningkatkan Produktivitas Kerja bagi pegawai freelance
Cerita Yuni,  Keluarga

Meningkatkan Produktivitas Kerja Bagi Pekerja Freelance

10 tahun sudah saya menjadi seorang freelancer. Wow, rasanya nano-nano! Banyak sekali pengalaman yang justru saya dapatkan ketika sudah tidak terikat dengan perusahaan. Ibarat sekolah, semua materi harus dilahap dan dipraktekkan secara profesional di dunia kerja.

Dulu saat memutuskan jadi profesional blogger, ada ketakutan yang mengecam jiwa saya. Takut tidak bisa berkembang, takut tidak bisa disiplin mengatur waktu, dan ketakutan yang paling menakutkan adalah diserang kejenuhan. Maklum lah ya, freelancer itu kerjanya sendirian. Nyari job-joban, eksekusi kerjaan sekaligus mikir ide dan konsep, berjibaku dengan dateline, dan lain-lain. Kadang-kadang juga jadi fotografer merangkap modelnya, hehe..

Pernah dengar istilah writer’s block? Saya pikir hanya novelis aja yang begitu, ternyata blogger juga sering mengalami buntu ide!

Bayangkan bagaimana cemasnya ketika deadline sudah di depan mata, tapi inspirasi nggak muncul-muncul juga. Dipaksa mikir kayak apa, isi kepala rasanya mandeg dan sulit diajak kompromi. Nggak sekali aja saya ngalami berhadapan dengan halaman word kosong selama berjam-jam.

Blogger Profesonal
Image by Freepik

Meningkatkan Produktivitas Kerja Bagi Pekerja Freelance

Jika pegawai kantoran memiliki durasi dalam bekerja, lain halnya dengan pekerja freelance. Tantangan pegawai lepas benar-benar butuh konsentrasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bagi yang melihat mungkin mengira freelancer adalah seorang pengangguran, tapi sebenarnya dibalik itu mereka berjibaku dengan rutinitas yang menguras otak dan pikiran.

Freelancer itu patokan kerjanya nggak bisa diprediksi. Jam 12 malam kalau ide tiba-tiba muncul, mau nggak mau harus segera dieksekusi. Jadi penulis itu gampang-gampang susah. Ide ada, semangat full power, tapi ternyata mood lagi nggak bagus, itu bisa lho menggagalkan semua rencana. Ketika orang lain tidur nyenyak, freelancer masih setia dengan laptopnya.

Ada beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja bagi pekerja freelance, antara lain:

Jalan-jalan cari angin segar

Mungkin traveling termasuk, namun dalam kondisi pandemi begini, jalan-jalan yang saya lakukan benar-benar sekadar untuk mendapatkan angin segar. Misalnya dengan naik motor keliling kota melihat pohon ijo-ijo.
Selain menyegarkan pikiran, melihat keindahan kota dapat membantu menyegarkan indera penglihatan. Biar gak sepet tiap hari lihat keyboard, hehe

Taman kawah Ijen

Main Game

Aktivitas yang sampai saat ini sulit saya tinggalkan adalah bermain game di HP/laptop. Entah bermain bubble, game candy, atau tanam-tanaman virtual yang membuat hidup makin semangat. Tidak terlalu lama, satu-dua jam per hari sudah cukup.

Nonton drama

Sebetulnya saya nggak candu-candu banget nonton drama Korea, 1-2 judul on going saja cukup dengan durasi tayangan seminggu satu kali. Ini merupakan salah satu cara saya untuk menghilangkan kebosanan.

Dengar lagu sambil nyanyi dan joget

Kegiatan senggang favorit saya adalah mendengarkan lagu sambil nyanyi dan joget. Lagu apapun, baik lagu baru maupun lagu lawas, ketika kuping ingin bernostalgia dan bibir ingin teriak-teriak, maka nyanyi adalah solusianya. Kalau genrenya asik dan musiknya goyang-able, kenapa tidak dijogetin sekalian. Dangdut a la Bang Haji Rhoma dan Elvi Sukaesih boleh juga..

Minum Suplemen

Capek dan lelah dalam bekerja itu sebuah kewajaran. Kerjaan menulis sekalipun, walau hanya ketak-ketik keyboard, tapi bisa, lho, menurunkan semangat kerja. Dalam kondisi seperti ini, kita membutuhkan suplemen multivitamin untuk mengembalikan energi agar konsentrasi tidak tenggelam.

Suplemen untuk meningkatkan konsentrasi

Menyadari konsentrasi bekerja tidak dapat dipaksa, saya juga mengkonsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu suplemen yang dapat mendukung kreatifitas, energi dan semangat agar terhindar dari mentok ide adalah Berocca Performance.

Berocca Performance adalah tablet effervescent rasa jeruk yang mengandung 12 vitamin esensial dan mineral, termasuk vitamin B kompleks. Multivitamin dengan kombinasi vitamin C, magnesium, kalsium, dan zinc yang dapat memberikan energi untuk tubuh dan pikiran.Suplemen Berocca PerformanceJika kamu adalah seorang freelancer, yuk semangat. Jangan menyerah pada pekerjaan, dan yang lebih penting lagi selalu jaga hati dan pikiran tetap tenang dan fokus. Salam kreatif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.