Keluarga

Menjaga Kesehatan Fisik di Masa Pandemi: Bergerak Aktif di Rumah

Beberapa hari terakhir semangat saya menggebu tiap kali nonton tayangan Olimpiade di layar kaca setelah cabang olahraga favorit saya, badminton, berhasil meloloskan pasangan ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu ke babak final. Juga Anthony Sinisuka Ginting yang harus berlaga lagi memperebutkan Medali Perunggu.

Kenapa saya suka badminton? Karena olahraga ini salah satu cara menjaga kesehatan fisik di masa pandemi dengan bergerak aktif di rumah!

Bergerak Aktif dari Rumah

Saya perhatikan animo masyarakat juga sangat antusias terhadap bulutangkis, terbukti pagi, siang, sore, malam, tetangga kanan kiri asik ber-badminton ria di depan rumah. Tua, muda, hingga anak-anak pun turut berpasangan memegang raket menaplek shuttlecock dengan serunya.

Kalau saya olahraga apa di rumah?

Saya latihan fisiknya yang dasar-dasar aja, maklum lahannya terbatas bisanya cuma dipakai untuk melakukan gerakan minimalis seperti naik turun tangga, lompat-lompatan, lari di tempat dan yoga ala-ala, hehe.. Pinginnya sih main badminton tapi sebel, kok-nya suka nyangkut di genteng, kalau nggak gitu nyemplung di selokan πŸ˜€

Omong-omong yoga, Minggu kemarin saya mengikuti yoga bersama via online dengan instruktur Kak Amanda Tasning yang diadakan Anlene Indonesia sekaligus peluncuran produk baru Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Acaranya seru banget, ada Ci Butet Liliyana Natsir, peraih medali emas Olimpiade Rio de Jeneiro 2016 yang jadi bintang tamu, juga ada Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene dan Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia dengan moderator Tommy Prabowo.

Menjaga Kesehatan Fisik di Masa Pandemi: Bergerak Aktif di Rumah

Tau nggak, sih, menjaga kesehatan fisik merupakan salah satu bentuk self-care prioritas setiap orang supaya tetap sehat dan bugar sekaligus upaya meningkatkan imunitas tubuh.

Timbul rasa mager itu pastilah ya, namanya di rumah rutinitasnya nggak jauh-jauh dari kasur, sumur dan dapur. Kayak saya aja sehari-hari hobinya rebahan, kadang-kadang malah bangun tidur langsung buka laptop dan mainan HP.

Dulu sebelum pandemi saya rajin senam pagi di lingkungan RT, namun kegiatan itu ditiadakan sehingga nyaris membuat saya kelimpungan nyari gerakan senam sendiri untuk mengembalikan kebiasaan bergerak. Efeknya tubuh jadi gampang sakit dan nggak asik. Dikit-dikit pegal dan linu, angkat beban sebentar udah capek. Otot rasanya kaku.

Liliyana Natsir Jadi Atlet di Rumah

Sama seperti yang dirasakan oleh Ci Butet Liliyana Natsir ketika pensiun dari bulutangkis. Awal-awal tinggal di rumah Ia sering mager, tubuh yang biasanya aktif bergerak latihan, rutinitasnya menjadi berkurang sehingga gampang capek. Kata Ci Butet, bergerak aktif adalah investasi kesehatan yang bermanfaat baik untuk menjaga kekuatan tulang dan kelenturan sendi supaya tidak kaku.

Saya adalah penggemar berat Liliyana Natsir. Mengikuti setiap laganya sejak tahun 2004 ketika masih berpasangan dengan Vita Marissa di ganda putri. Kemudian setelah Vita Marissa pensiun, Liliyana Natsir bermain di ganda campuran berpasangan dengan Nova Widianto dan terakhir berpasangan dengan Tantowi Ahmad (Owi).

Saat mendengar kabar Ci Butet menggantungkan raket, saya berpikir gimana ya rasanya setelah nggak jadi atlet? Apakah masih latihan fisik, soalnya sepak terjangnya Ci Butet di bulu tangkis aktif banget, semua gelaran Series dan Gran Prix diikuti sampai turnamen dunia seperti All England dan Olimpiade dilibas juga. Belum Asean Games dan SEA Games-nya, yang otomatis tiada hari tanpa latihan.

Aktifitas yang dilakukan Ci Butet untuk menjaga kesehatan fisik supaya tetap bergerak aktif di rumah adalah rajin melakukan lari, jalan, dan melompat. Menurutnya olahraga jangan dilakukan secara menggebu tetapi bertahap step by step dan konsiten. Durasi tidak penting, yang penting konsistensi.

Webinar Anlene

Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X Nutrisi untuk kesehatan Tulang

Kebebasan bergerak perlu didukung dengan asupan nutrisi yang cukup yang dapat memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan energi otot sehingga membuat aktivitas fisik lebih optimal.

Sebagai Ibu Rumah Tangga banyak sekali rutinitas harian yang harus saya kerjakan seperti memasak, mencuci, setrika, ngurus keluarga dan lain-lain yang membutuhkan tulang sebagai pondasi utamanya. Sebagai ahli nutrisi tulang, Anlene ingin menginsipirasikan masyarakat untuk bergerak aktif sebagai bentuk implementasi self-care. Oleh karena itu Anlene memperkenalkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X yang memberi manfaat nutrisi unggul untuk memberikan kekuatan tulang, fleksibilitas, energi lebih sepanjang hari, tanpa khawatir risiko kesehatan terkait usia.

Disampaikan oleh Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia kehadiran Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X merupakan rangkaian produk susu berkalsium tinggi yang diformulasikan khusus memiliki manfaat nutrisi unggul untuk mendorong kesehatan tulang yang optimal dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen Indonesia dalam upaya hidup aktif dan sehat.

Berikut keunggulan produk Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X:

Keunggulan Anlene Actifit 3X

Dengan formula Movemax mengandung nutrisi lengkap dengan kalsium tinggi untuk tulang yang kuat, kolagen + vitamin C untuk kesehatan sendi, protein dari susu berkualitas tinggi dan Vitamin B6 untuk energi otot sepanjang hari dan berkelanjutan.

Keunggulan Anlene Actifit 3X

Keunggulan Anlene Gold 5X

Dengan formula Movemax mengandung nutrisi superior yang dilengkapi dengan kolesterol yang rendah, sumber kalium dan Vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia seperti kolesterol, darah tinggi, diabetes, dan tidak ada tambahan gula.

Keunggulan Anlene Gold 5X

Yuk Bergerak Lebih, Ikuti Kompetisi #JadiAtletDiRumah

Bergerak aktif di rumah bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan kondisi apa saja. Seperti tadi pagi saya mengikuti yoga bersama dengan instruktur Kak Amanda Tasning. Yoga merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan sekaligus melatih pernafasan.

β€œListen to Your Body” kata Mbak Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene. Melakukan gerakan yoga kita diajak mendengarkan apa yang diinginkan oleh tubuh sekaligus dapat merelasasi pikiran.

Akan tetapi olahraga di rumah tidak hanya beryoga saja, Liliyana Natsir juga mengajak masyarakat Indonesia bergerak aktif melakukan gerakan dinamis dengan berlari, berjalan, dan melompat dari rumah dan menjadikan siapapun bisa #JadiAtletDiRumah sekaligus mendukung atlet Indonesia yang sedang berlaga di Tokyo.

Terinspirasi oleh semangat atlet Indonesia, Anlene mengajak masyarakat untuk bergerak lebih dengan mengikuti kompetisi virtual #JadiAtletDiRumah dengan cara mengunggah video kegiatan berlari, berjalan, dan melompat dari rumah. Kompetisi ini diselenggarakan mulai 23 Juli – 8 Agustus 2021, info lengkap kunjungi Instagram @anlene_indonesia.

Kompetisi Jadi Atlet di Rumah

Oya, Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis, lho, yakni alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana. Caranya kunjungi http://anlenemovecheck.com dan ikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene.

Ternyata menjaga kesehatan fisik di masa pandemi tak sesulit yang saya perkirakan. Bergerak aktif di rumah dengan latihan fisik lari, jalan, lompat secara teratur adalah investasi kecil untuk kesehatan tulang sekarang dan nanti. Jadi, yuk bergerak lebih!

59 Comments

  • nurulrahma

    Iyo mba, kalo kebanyakan rebahan tuh badan malah kaku linu2 semuaaa, ga enak banget rasanya.
    aku jg berusaha keras utk rutin yoga.
    kadang yo berjemur sambil jalan2 di lapangan depan rumah.
    wis, gimana caranya kudu gerak aktif, dan nutrisi terpenuhi dgn baik!

  • Ida Tahmidah

    Harus terus bergerak ya supaya badan kita tidak menjadi lemes karena diam aja juga ternyata capek hehe…acara seru nih jadi banyak diingatkan banyak hal ya terutama utk selalu bergerak dan menjaga nutrisi tubuh kita….

  • Farida Asadi

    Kalau aku dan keponakanku suka main badminton di depan rumah. Kadang-kadang aku juga senam dan bersepeda. Aku juga nonton Olimpiade Tokyo 2020 dan paling suka dengan pertandingan Badminton.

  • Reyne Raea

    Seru banget kalau ikutan challenge #JadiAtlitDariRumah ya, bisa berkesempatan menang pula, dapat sehatnya, bisa dapat hadiah juga.
    Salut dengan Anlene yang selalu berinovasi memberikan yang terbaik dari Anlene, dan terus menginspirasi semua masyarakat untuk terus bergerak, terlebih di masa pandemi ini πŸ™‚

  • nchie hanie

    HAyuuu, Jadi Atlet di Rumah..gerakan yang simple, berjalan, berlari dan melompat yang bisa dilakukan sat di rumah aja.
    Emang keren pisan Anlene ini, selalu mengajak kita semua bergerak aktif di rumah aja.

    • Jeanette Agatha

      Bener ya, olahraga ga perlu alat yang mahal. Hanya berjalan, berlari, dan melompat itu uda olahraga.
      Yuk, kita hidup sehat ya, teh.
      Tentu aja harus diimbangi dengan nutrisi untuk tulang juga ya, teh

  • Gina

    Good Vibes nih..kita dihimbau untuk terus bergerak aktif walaupun di rumah ya mom. Plus jangan lupa mengkonsumsi susu untuk kesehatan tulang

    • Reyne Raea / Rey

      Wah semua kenal Anlene selalu dari orang tuanya yang minum Anlene sejak lama ya, kayaknya Anlene itu beneran susu yang terkenal banget di kalangan oma opa hehehe.

      Apalagi sekarang kandungan nutrisinya lebih berlimpah dengan kelebihan lainnya, makin jadi favorit tuh πŸ™‚

  • Lidya

    Enak tuh mbak bisa turun naik tangga, di rumahku ga ada tangga soalnya πŸ˜€
    Penting banget aktif bergerak & memenuhi nutrisi ya supaya kta bisa merasakan kebebasan gerak di kemudian hari

    • nchie hanie

      Aku tiap hari kalo pas ke klinik wajib naik turun tangga ke lantai 5, kalo pake lift di dendaaaaa.
      Ahh, lumayan olah ragaa dan sekalian penuhi nutrisinya dengan Anlene, yang sudah terpercayaa dari dua puluh tahun yang lalu.

  • Wiwid

    Mbak, kalau thawaf dari kamar-dapur-sumur-dapur-kamar-sumur bolak balik 15x sehari kira-kira termasuk atlet di rumah gak? heuheu… jaman kok nyangkut di genteng atau masuk pagar tetangga iki sampe sekarang problematikanya gak kelar-kelar ya? Yuk…kita gerak yuk! eh hulahooop’an aja apa ya?

  • lendyagassi

    Ternyata Greysia Polli dan Apriyani Rahayu menjadi peraih medali emas pertama yaa..
    Semakin bangga dan semangat untuk berolahraga.
    Tapi memang rindu sekali main badminton di GOR, hahhaa…((alesan)). Ini capek banget soalnya..

    • lendyagassi

      Bergerak secara aktif di rumah dan dibantu dengan konsumsi susu tulang terpecaya seperti Anlene, membantu kesehatan tulang lebih lama.
      Bapak rahimahullah juga dulu rutin sekali minum Anlene. Memang sangat mendukung kesehatan tulang apalagi bagi yang aktif berolahraga.

  • Jeanette Agatha

    Kalau kebanyakan rebahan badan juga jadi kaku dan kepala pusing terus.
    Memang sangat penting sih menggerakan tubuh atau olahraga. Jadi lebih sehat juga, selain itu juga harus tetap memperhatikan asupannya ya, mbak

  • Eni Martini

    menjaga kesehatan fisik memang investasi hari tua ya, Mba. Mulai dari sekarang belum terlambat pokoknya, aku di rumah aja juga selalu ada jadwal WO atau yoga minimal 30 menit dan minum susu anlene yang actifit 3x biar tulang dan otot terjaga

  • Dian Farida Ismyama

    Jadi inget sebelum pandemi aku msih aktif aerobik di tempat fitnes. Masih berenang rutin juga. Sekarang ambyar deh. Hiks. Bener-bener harus bergerak lagi deh. Mau mulai jalan, lari, lompat di tempat ah. Doakan ya bisa konsisten. Anlene ini aq suka minuman bagus buat tulang

  • Reyne Raea / Rey

    Wah semua kenal Anlene selalu dari orang tuanya yang minum Anlene sejak lama ya, kayaknya Anlene itu beneran susu yang terkenal banget di kalangan oma opa hehehe.

    Apalagi sekarang kandungan nutrisinya lebih berlimpah dengan kelebihan lainnya, makin jadi favorit tuh πŸ™‚

  • Sri Widiyastuti

    bener mbak, kelamaan di rumah bisa mager banget yaa. harus diselingi dengan rutinitas yang positif seperti bergerak dengan gaya yang dianjurkan di sesi work out anlene ini ya mbak. berjalan, lari dan melompat. keliatannya sederhana tapi bisa menjaga kepadatan tulang dan sendi yaa. apalagi ditambah minum susunya, lengkap deh

  • thya

    sama mbaaa.. aku juga suka badminton. meski sekarang udah jarang main lagi. apalagi pandemi kayak gini. hihi.. boleh juga nih jadi atlit di rumah kayak liliyana natsir, ikutan juga kompetisinya kali ya buat ngelawan mager. hehe

  • Mugniar

    Mbak Yun, kalau ikutan lomba yang dibilang sama Mbak liliyana Natsir itu, boleh tag saya … pengen lihat dong lari-lari, lompat2 di rumah seperti apa … siapa tahu saya jadi terinspirasi πŸ™‚

  • Uniek Kaswarganti

    Iya, ternyata tak sulit ya menjaga aktivitas tubuh meski di rumah aja. yuk praktikkan ajaran yoga dari Mb Amanda Tasning. Lumayan nih, meskipun nampaknya ringan, mayan keringetan juga lho mbaaa…

  • Dian Safitri

    aku tuh semenjak pandemi mager berat. padahal biasanya paling rajin jalan kaki ke depan komplek ngejar angkot. kmaren, diajak yoga bareng, langsung sakit-sakit besoknya wakakakakaka

  • Dyah ummu AuRa

    Bener tuh mbak, ternyata menjaga kesehatan dengan berolahraga di masa pandemi ini bisa dilakukan dri rumah juga ya. Apalagi kalau bisa ikut kompetisi virtualnya Anlene wah bisa dapat hadiah juga.

  • diane

    wihiiyy pengen ikutan kompetisinya e.. Ntar bikin videonya dulu ah… Olahraga di rumah selama amsa pandemi tuh penting banget.. biar kita tetap sehat dan kuat..

  • Arinta Adiningtyas

    Pandemi ngga boleh dijadikan alasan untuk mager lagi ya, Mbak.. Udah dicontohin sama Ci Butet, kita masih bisa tetep bergerak, misalnya dengan jalan di tempat, lari di tempat, atau lompat-lompat. Saya pilih yoga aja biar badannya bisa tetep singset dan seger kayak Kak Amanda Tasning, hihi… Pokoknya harus terus diinget-inget pesannya Ci Butet bahwa kesehatan adalah investasi.

  • Fanny_dcatqueen

    Sejak pandemi , aku jadi rutin olahraga mba. Di rumah aja ngelakuin, Krn jujur aku ga berani kluar sjk ppkm.

    Itu video2 di YT vanyak yg jadi fav ku, mulai dari yg full body workout EMI Wong, trust 10 variasi plank dari Eh Olahrga Yuk, Yoga dari Penyogastar, ATO yang cuma jalan di tempat tapi keringat gombyos dari Skwd fitness :D.

    Dan aku baru ngerasain, ternyata makin keringetan, aku tuh makin happy bawaannya. Badan juga jadi enak banget. Nyesel kenapa ga dari dulu rutinin olahraga jadinya

  • Farida Asadi

    Aku belum pernah olahraga yoga saat di rumah aja. Lebih sering senam saat di rumah aja. Kalau dulu sebelum ada pandemi ya aku suka senam di stadion karena ada instrukturnya. Jadi makin tahu tentang produk susu Anlene setelah baca postingan ini.

  • Yanti

    Selama di rumah aja aku olahraganya paling jalan2 sehat sekitar perumahan aja mba tapi juga jarang skarang2 ini karna daerahku bnyak yg kena covid sesekali mau coba workout tapi magernya itu loh..kayaknya kalo yogaa enak jugaa yaa

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Waah sama, Mbak. Animo masyarakat di sekitar saya dengan badminton juga ramai sekali. GOR -GOR di kota saya penuh, udah banyak yang menjadwalkan untuk bermain badminton hehehe
    Untuk soal olahraga saya baru bisa 3 kali dalam seminggu. Mudah-mudahan selanjutnya bisa lebih rutin

  • Siska Dwyta

    Pandemi bukan penghalang ya Mbak nyatanya kita masih bergerak aktif di rumah dengan melakukan berbagai jenis olahraga ringan seperti yoga. Apalagi sekarang ada kompetisinya Anlene buat jadi atlet di rumah yang bisa memotivasi kita buat bergerak di rumah dengan melakukan gerakan seperti lari, lompat dan jalan

  • yayu arundina

    Wah bener nih mbak, kita harus banyak gerak. Rebahan terus tuh malah gampang sakit, capek gitu. Aku juga suka olah raga ala liliana natsir, ngikutin nusik yang kagi didengarkan. Happy deh πŸ˜„

  • Wiwin | Pratiwanggini.Net

    Bicara mager, nih sejak sering WFH jadi cenderung mager. Tapi begitu ikutan webinar ini jadi tersadar bahwa di rumah pun bisa berolahraga.

  • Ria Rochma

    Sejak PPKM kemarin, Arya tuh mati kutu mau ngapain. Main di luar ngga sebebas kmrn kan.
    Akhirnya, hampir tiap sore badmintonan sama aku, mbak. Lumayan lah, aku jadi ikutan gerak hehehe

  • Nining

    ya ampun senam tiap minggu di RT ini aku inget, awal pindah Sby yang jadi instruktur senamnya mamaku wkwkwk. Karena dulu di Kalimantan mamaku sempat jd instruktur sih *gak da yang tanya sih ini* wkwkwk seru tapi senam di RT ini. Sekalian silaturahim, hmmm kalau sekarang jangan ditanya huhuhu sepiiii

  • Aisyah Dian

    Minum 2 gelas Anlene Actifit setiap Hari bisa membantu kesehatan tulang Kita ya kak apalagi diusia yang Tak lagi muda begini kan ya, sudah seharusnya perduli pada nutrisi tubuh ya

  • dekcrayon tata

    baca ini seakan mengingatkanku untuk olahraga kembali setelah sebulan lebih rehat. bener banget yo, durasi gak begitu penting yang penting konsisten. awalnya memang semangat, tapi semakin ke sini agak melempem. pengen sih rutinin jalan lagi. Dulu bebas mau lari atau jalan. tapi sekarang rasanya agak empet jalan atau lari pakai masker. akhire memilih untuk olahraga dari rumah saja.

  • Heizyi

    Makasih infonya, kak
    Kebetulan sejak di rumah aja, badan berasa kaku karena terlalu banyak rebahan hehe

    Naik tangga, laris tipis-tipis dan lompatΒ² itu lumayan bikin keringetan dan badan seger loh

Leave a Reply

Your email address will not be published.